Amandel: Mengatasi Penyakit Amandel dengan Herbal Alami

Penyakit amandel adalah penyakit yang menyerang pada organ amandel. Amandel yang telah terinfeksi yang mengakibatkan menjadi bengkak dan menghalangi saluran pernafasan akan sangat menganggu. Dan pada tahap yang kronis dilakukan pembedahan dan pengangkatan. Amandel sendiri sebenarnya memiliki fungsi sebagai pertahanan tubuh. Namun jika amandel terkena infeksi tentu sangat mengganggu.

Penyakit Amandel 1

Penyebab penyakit amandel biasanya dikarenakan makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh. Bisa dikarenakan tercemari oleh bakteri atau kuman atau adanya bahan pengawet dalam makanan. Gejala yang bisa dirasakan ketika mengalami gangguan amandel diantaranya: suhu badan menjadi tinggi atau bisa menjadi demam, nafsu makan yang mulai berkurang, terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar rahang, sakit pada bagian telinga, bau mulut tidak sedap, sakit perut hingga muntah.

Beberapa cara mengatasi amandel bisa anda lakukan sendiri di rumah. Sebelum mengobati sebaiknya untuk pencegahan agar tidak terjadi infeksi atau penyakit amandel hendaknya memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  • Banyak-banyak minum air putih jika ternyata sudah terinfeksi atau saat demam
  • Sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan minuman memiliki kandungan sakarin atau bahan pengawet, makanan yang dingin, es, gorengan ataupun sirup.
  • Mengompres dengan air hangat pada leher setiap harinya ketika sudah terjadi gejala amandel.
  • Berkumur-kumur dengan air yang hangat 3-4 kali dalam sehari.
  • Segera berobat ke dokter untuk diberikan antibiotic.
  • Istirahat yang cukup.

Bahan alami yang bermanfaat sebagai cara mengatasi amandel dengan herbal yaitu dengan menggunakan:

  • Akar alang-alang : Rebus akar alang-alang dengan menggunakan 4 gelas air putih hingga mendidih dan sisakan airnya 2 sampai 3 gelas. Saring air hasil rebusan tersebut, kemudian gunakan untuk berkumur-kumur sampai terasa di tenggorokan. Arahkan kumuran air ke tenggorokan dan jangan ditelan.
  • Kapur sirih yang dicampur dengan perasan jeruk nipis : Caranya dengan mencampurkan sekitar ½ sendok teh kapur sirih dicampur dengan perasan air jeruk nipis sebanyak dua jeruk nipis. Aduk rata hingga tercampur, lalu minum ramuan tersebut sehari 3 kali.
  • Mengkonsumsi bawang merah : Caranya adalah dengan mengunyah bawang merah sampai halus kemudian ditelan. Lakukan dalam sehari 3 kali atau sesuai kondisi.

Penyakit Amandel

Masih banyak sebenarnya beragam cara mengatasi amandel dengan ramuan herbal alami selain tiga contoh di atas. Cobalah tips sehat di atas namun jika penyakit tak kunjung sembuh segera periksakan ke dokter.