Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Janinnya

Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil – Ibu yang sedang hamil disamping dia harus menjaga kehamilannya dengan perlakuan yang baik, dia juga harus memberi asupan gizi yang baik juga untuk sang janin yang ada dalam rahimnya. Salah satu caranya adalah dengan memberikan makanan berupa buah-buahan yang sehat. Buah memang makanan yang menyehatkan karena banyak mengandung vitamin, gizi, mineral dan juga serat yang semuanya itu penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Terlebih untuk ibu hamil memang sangat disarankan mengkonsumsi aneka makanan sehat terutama buah.

buah untuk ibu hamil

Buah Untuk Ibu Hamil yang Baik dan Bagus

Ada beberapa buah yang baik untuk ibu hamil yang bisa anda siapkan untuk dikonsumsi. Memakan buah-buahan tersebut bisa membuat sehat bukan hanya bagi ibu yang sedang hamil melainkan juga bayi yang dikandungnya. Diantaranya:

Buah Kurma
Kurma adalah buah yang akrab bagi kaum muslim. Apalagi ketika memasuki bulan Ramadhan. Buah kurma akan lebih mudah kita jumpai. Baik itu di pinggir jalan atau di mini dan super market di sekitar kita ramai-ramai menyediakan buah ini. Buah kurma mengandung serat yang sangat tinggi. Selain itu juga mengandung kalium, mangan, fosfor, besi, belerang, kalsium dan juga magnesium yang sangat baik untuk dikonsumis oleh ibu hamil. Kandungan zat besinya bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Sehingga bagi ibu hamil disarankan karena pada masa kehamilan sangat rentan terhadap anemia. Kalium yang terdapat dalam buah kurma juga mampu mengatasi kram saat kehamilan. Kurma juga memperkuat dinding rahim. Dan pada trimester akhir, buah kurma sangat baik dikonsumsi ibu hamil untuk memberikan asupan energy yang dapat memperlancar selama proses persalinan bayi.

Buah Alpukat
Siapa yang tak kenal buah alpukat? Buah yang berasal dari negara Meksiko ini disamping bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit, tapi juga bagus untuk kesehatan ibu yang sedang hamil. Kandungan asam folat dalam buah alpukat, kalium serta vitamin B kompleks yang terdapat di dalamnya sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin selama kehamilan. Perkembangan otak sang bayi bisa ditunjang dari asupan asam folat yang terkandung dalam buah alpukat. Selain itu asam folat juga baik untuk membantu perkembangan tulang belakang sang janin. Kandungan vitamin B dalam alpukat bisa untuk mengatasi rasa mual dan muntah ketika masa kehamilan.

Buah Pisang
Pisang adalah sumber yang kaya vitamin B, C, kalium dan serat. Para ahli banyak merekomendasikan pisang pada ibu hamil, terutama selama trimester pertama, yang dapat membantu mencegah mual. Vitamin B6 dalam pisang membantu mempercepat pembentukan sel-sel darah merah serta membantu dalam mengembangkan otak dan sistem saraf bayi anda. Karena kaya akan serat, pisang membantu mencegah gangguan lambung dan memperbaiki pencernaan. Mengkonsumsi pisang juga membantu mencegah sembelit, masalah bagi kebanyakan wanita saat mereka hamil (Baca juga Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil).

Buah Manggis
Buah manggis memiliki kandungan vitamin C yang berperan dalam menjaga stamina tubuh selama seorang wanita menjalani masa kehamilan. Vitamin C juga akan berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit yang diakibatkan karena pertumbuhan janin yang terus membesar selama perkembangannya. Asam folat yang terkandung dalam manggis membantu mencegah bayi terlahir secara premature atau mencegah dari kelainan ketika bayi lahir. Juga terdapat kandungan mangan yang berfungsi untuk menjauhkan dari pengaruh radikal bebas. Mangan juga berfungsi dalam perkembangan tulang rawan pada janin.

Buah Anggur
Banyak ibu hamil berpikir tidak aman untuk makan buah anggur. Namun, anggur kaya Vitamin A yang dapat menstabilkan tingkat metabolisme dalam tubuh. Anggur juga memiliki folat, kalium, fosfor, magnesium dan sodium yang baik selama kehamilan.

Buah Mangga
Mangga, salah satu buah paling lezat yang harus anda masukkan dalam daftar buah-buahan untuk dikonsumsi selama kehamilan. Kaya akan besi, mangga membantu mengobati anemia selama kehamilan. Salah satu manfaat utama dari mangga adalah membantu melancarkan dan mengontrol peredaran darah. Mangga juga mengandung enzim yang dapat meningkatkan pencernaan dan mencegah rasa mulas dan mual, yang merupakan masalah yang dialami semua ibu hamil.

buah yang baik untuk ibu hamil

Masih banyak lagi buah yang baik untuk ibu hamil yang belum disebutkan diatas, namun yang perlu anda perhatikan adalah buah yang bagus yaitu buah yang mengandung :

  • Serat. Banyak ibu mengalami sembelit selama kehamilan, yang dapat menyebabkan perut kembung dan tidak nyaman. Dengan memasukkan serat dalam menu hamil, anda membantu mempertahankan buang air kecil/besar secara teratur. Buah tinggi serat juga dapat membantu mengurangi risiko munculnya wasir dan sakit pinggang, yang umum terjadi selama kehamilan. Apel, pir, pisang, buah kiwi merupakan sumber serat yang baik. Ketika meningkatkan asupan serat, pastikan untuk minum cairan cukup.
  • Folic Acid (Asam Folat). Mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung folic acid sebelum dan selama kehamilan dapat membantu mencegah gangguan otak dan sumsum tulang belakang pada bayi. Buah-buahan seperti jeruk, jus jeruk, jus alpukat dan pepaya adalah buah yang bagus untuk menambahkan asam folat untuk menu hamil anda.
  • Vitamin C. Vitamin C terkandung dalam banyak buah-buahan seperti jeruk, lemon, limau, melon, jeruk, stroberi, melon dan buah kiwi. Mendapatkan jumlah yang cukup vitamin C dapat membantu tubuh menyerap zat besi, yang merupakan mineral penting selama kehamilan. Pertimbangkan untuk menambahkan stroberi ke sarapan pagi anda, serta jeruk dan melon untuk camilan.

Selain buah yang baik untuk ibu hamil, mempertahankan nutrisi dan asupan makanan bergizi yang tepat selama kehamilan sangat penting tidak hanya untuk kesehatan bayi anda tetapi juga untuk kesehatan ibu hamil. Menambahkan buah ke dalam menu makan kehamilan anda adalah cara yang sehat, lezat untuk meningkatkan asupan gizi, sembari membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda. Semoga bermanfaat.

2 Comments

  1. Tanda Hamil
  2. Abrar