Cara dan Tips Menambah Nafsu Makan

Cara dan tips menambah nafsu makan – Makan adalah kebutuhan pokok yang menjadi rutinitas seseorang setiap hari. Makan akan memberikan sumber energi bagi tubuh. Makan adalah sebagai sarana agar badan bisa tetap sehat. Namun di suatu waktu terkadang seseorang mengalami yang namanya turun atau kurang nafsu makan.

menambah nafsu makan

Tidak hanya orang dewasa, namun anak-anak juga bisa mengalaminya. Dikhawatirkan penyakit akan mulai menyerang jika nafsu makan mulai berkurang. Penyebab menurunnya nafsu makan sendiri memang ada banyak hal. Bisa jadi karena menu makan yang kurang menarik atau bisa juga karena ada penyakit dalam tubuh. Namun bagi anda yang biasanya nafsu makan normal kemudian tiba-tiba nafsu makan menurun, ada cara mudah dan alami yang bisa anda lakukan agar nafsu makan anda kembali meningkat.

Cara Meningkatkan Nafsu Makan

Berbagai cara menambah nafsu makan yang bisa anda lakukan adalah dengan:

  • Berolahraga. Olahraga akan meningkatkan detak jantung yang dapat membakar kalori. Ketika kalori terbakar secara tidak langsung nafsu makan juga akan meningkat.
  • Menghindari asupan cairan sebelum anda makan. Beberapa studi penelitian menunjukkan orang yang minum dua hingga delapan ons gelas air sebelum makan akan kehilangan lima poun tambahan dibandingkan dengan orang yang tidak minum sebelum makan.
  • Makanlah dengan wadah atau piring yang memiliki warna cerah. Anda bisa mencoba untuk makan dengan menggunakan piring yang berwarna cerah misalkan merah, kuning, orange atau yang lain. Hal itu bisa menjadi variasi dan menghilangkan kebosanan.
  • Mengkonsumsi suplemen vitamin B. Vitamin B akan membantu meningkatkan mood seseorang yang bisa menaikkan nafsu makan akibat kehilangan nafsu makan karena depresi.
  • Mengkonsumsi zinc. Zinc bisa meningkatkan kepekaan seseorang terhadap rasa sehingga orang akan lebih bisa merasakan enaknya suatu makanan yang akan mendorong naiknya nafsu makan. Makanan yang mengandung zinc antara lain keju, daging unggas, daging merah, lobster, kepiting, kacang tanah, susu, kacang panjang, yogurt dan lainnya.
  • Memilih menu makan yang beraneka ragam. Cobalah untuk makan dengan menu yang berbeda. Hilangnya nafsu makan, bisa jadi karena kejenuhan dengan menu makanan yang monoton itu-itu saja. Anda juga bisa membuat jadwal untuk makan di luar beberapa kali dalam seminggu.

Lakukan tips menambah nafsu makan secara teratur dan konsisten. Dengan nafsu makan yang kembali normal maka kondisi tubuh anda sehat dan terjaga dengan baik yang nantinya akan berpengaruh pada produktivitas aktivitas sehari-hari. Selamat mencoba.