Cara Menambah Berat Badan Secara Alami

Cara menambah berat badan secara alami – Memiliki berat badan yang ideal adalah dambaan setiap orang. Meski demikian kenyataannya tidak semua orang mendapatkan apa yang diinginkan termasuk dalam masalah berat badan. Ada beberapa orang yang dilanda masalah kelebihan berat badan. Dan ada pula yang dilanda masalah berat badan yang kurang. Untuk anda yang memiliki kelebihan berat badan tips yang banyak diberikan adalah dengan menjaga pola makan kemudian dengan melakukan diet atau olahraga. Lalu bagaimana dengan masalah berat badan yang kurang? Beberapa orang berusaha keras untuk bisa menambah berat badannya. Usaha pun dilakukan dengan makan yang banyak atau bahkan mengkonsumsi suplemen-suplemen penggemuk. Tapi tidak sedikit pula yang mengalami kegagalan.

cara menambah berat badan

Menambah atau pun mengurangi berat badan sebenarnya kuncinya adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Pola hidup yang sehat meliputi pola dalam pengaturan makanan, pola dalam aktivitas olahraga, maupun dalam pola istirahat. Mungkin beberapa orang yang menginginkan berat badannya naik hanya melakukan upaya dengan cara menambah porsi makan saja. Bahkan mungkin berprinsip makan yang banyak dan sebanyak-banyaknya tanpa perlu aktivitas olahraga. Hal ini memang salah satu cara menambah berat badan, akan tetapi makanan yang dikonsumsi yang masuk dalam tubuh jika tidak digunakan untuk aktivitas bisa tertimbun menjadi lemak. Dan bisa-bisa berat badan yang bertambah malah mengarah ke kegemukan atau obesitas dan bukan ke arah yang ideal.

Berikut ini adalah cara menambah berat badan secara alami yang bisa anda terapkan, antara lain :

  1. Jaga pola makan secara seimbang dan bergizi. Banyak makan tanpa batas hanya akan mengarahkan anda ke arah obesitas. Lebih baik anda makan dengan porsi yang tidak berlebihan dengan komposisi makanan yang penuh mengandung gizi dan vitamin. Penuhilah asupan karbohidrat, daging, protein, vitamin dan juga mineral untuk menyeimbangkan asupan gizi dalam tubuh anda.
  2. Lakukan olahraga secara teratur. Beberapa olahraga yang bisa anda lakukan adalah jalan kaki, lari atau bahkan olahraga fitness. Keuntungan dari olahraga fitness adalah adalah massa otot anda akan berkembang jika melakukannya secara rutin. Latihan angkat beban akan menambah massa otot anda dan menggantikan lemak. Sehingga massa otot yang berkembang akan membuat berat badan anda juga bertambah. Berat badan anda bertambah karena penambahan massa otot dan bukan karena penambahan lemak. Ini tentu akan menguntungkan bagi anda daripada berat badan anda bertambah dengan kenaikan lemak yang berlebihan di tubuh yang malah bisa memicu berbagai penyakit.
  3. Istirahat secara cukup. Porsi istirahat tidak boleh kurang atau berlebihan. Salah satu trik sukses menambah berat badan adalah menghilangkan kebiasaan begadang pada malam hari.

Anda bisa menjalankan tips dan cara menambah berat badan seperti yang disebutkan diatas. Suplemen-suplemen penambah berat badan mungkin perlu juga anda konsumsi asalkan memilih suplemen yang aman. Beberapa orang dengan penyakit tertentu terkadang juga kesulitan menambah berat badannya seperti halnya penyakit diabetes. Oleh karena itu perlu juga bagi anda untuk cek kesehatan anda secara berkala.