10 Makanan Sehat Untuk Mencerdaskan Dan Meningkatkan Fungsi Otak

10 Makanan Super Peningkat Fungsi Otak – Kita semua tahu bahwa makanan dengan gizi seimbang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Seperti halnya organ dan bagian tubuh lainnya misalnya jantung, mata, maupun paru-paru, otak juga membutuhkan asupan gizi yang seimbang setiap harinya mengingat otak adalah pusat kendali tubuh dan hampir seluruh fungsi tubuh manusia dikendalikan oleh otak.

cara mencerdaskan otak

Otak manusia adalah pusat sistem saraf dan koordinasi tubuh yang mengendalikan pikiran, gerakan maupun perasaan seseorang. Otak juga mengendalikan berbagai kerja sistem organ dalam tubuh seperti pencernaan, pernafasan dan seluruh sistem kelenjar atau hormon.

Cara Mencerdaskan Otak Dengan Makanan Sehat

Agar dapat berfungsi optimal, otak membutuhkan asupan diet, gula dan oksigen yang cukup. Cara mencerdaskan otak salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan seimbang, otak dapat berfungsi lebih baik dalam mengingat dan lebih tajam dalam berpikir, selain itu asupan gizi yang cukup juga membuat otak dapat menanggapi rangsang dengan cepat dan mencegah penyakit mental seperti Alzheimer, Dementia (pikun) dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah daftar 10 makanan yang dapat meningkatkan fungsi otak :

1. Salmon

Siapa yang tidak kenal dengan ikan salmon? Jenis ikan ini dikenal karena fungsinya yang dapat meningkatkan kinerja otak. Hampir 70% bagian dalam otak manusia tersusun dari omega 3 sehingga kadar omega 3 yang tinggi dalam salmon akan sangat membantu dalam meningkatkan fungsi otak. Tidak hanya itu, salmon juga kaya akan DHA (docosahexaenoic acid) yang dapat mencegah berbagai macam penyakit yang menyerang otak manusia.

ikan-salmon

Ikan Salmon Kaya Omega 3

Jika ingin mengkonsumsi salmon sebaiknya pilihlah salmon yang ditangkap dari alam liar karena salmon yang diternakkan atau dibudidayakan biasanya mengandung kadar merkuri dan PCB yang justru dapat berbahaya bagi otak.

2. Teh Hijau

Tidak hanya baik untuk program diet dan menurunkan berat badan, teh hijau juga dapat meningkatkan fungsi dan kinerja otak sebagaimana yang telah dibuktikan dalam beberapa penelitian. Penelitian yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan di Universitas Basel menemukan bahwa ekstrak teh hijau dapat meningkatkan sinyal elektrik dalam otak yang merupakan tanda bahwa sel saraf dalam otak bekerja dengan baik. Sinyal elektrik ini menghubungkan sel saraf yang satu dengan yang lain dan mempercepat jalannya rangsang atau impuls dalam otak sehingga otak akan lebih cepat dalam berpikir serta lebih baik dalam mengingat.

Tidak hanya itu, penelitian juga telah membuktikan bahwa seseorang yang rutin mengkonsumsi teh hijau memiliki fokus, ingatan, dan konsentrasi yang lebih baik serta memiliki resiko yang lebih rendah terjangkit penyakit parkinson dibandingkan mereka yang tidak meminum teh hijau. Untuk meningkatkan fungsi otak, minumlah 2 atau 3 cangkir teh hijau setiap hari, teh hijau dapat diminum dalam kondisi panas maupun dingin.

3. Bayam

Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi karena kaya akan nutrisi seperti zat besi. Tidak hanya kaya akan nutrisi, bayam juga kaya akan potassium yang berperan dalam penghantaran impuls atau rangsang dalam otak. Potassium yang terkandung dalam bayam dapat mempercepat penghantaran sinyal elektrik atau impuls dalam otak sehingga otak akan lebih cepat dalam berpikir dan mengingat sesuatu.

bayam

Selain itu, potassium juga dapat melindungi sel-sel dalam otak dari kerusakan yang dapat menyebabkan gangguan pada otak. Jika anda ingin berpikir dan mengingat lebih cepat serta terhindar dari dementia atau pikun, rajin-rajinlah mengkonsumsi bayam yang juga kaya akan Vitamin E, folate, dan magnesium.

4. Brokoli

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa brokoli mengandung senyawa kolin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan performa otak. Senyawa kolin dapat mencegah kerusakan sel otak sekaligus merangsang pembentukan sel otak yang baru sehingga hantaran sinyal elektrik dalam otak akan berlangsung lebih cepat. Semakin cepat sinyal atau impuls berjalan dalam sel otak maka otak dapat berpikir lebih jernih dan lebih cepat. Studi juga menyebutkan bahwa kuranya konsumsi kolin saat kehamilan dapat menyebabkan Neural Tube Defect atau kelainan mental pada bayi yang baru lahir. Tidak hanya kaya akan senyawa kolin, brokoli juga kaya akan vitamin K yang dapat meningkatkan fungsi kognitif dan daya tahan otak.

5. Kunyit

Siapa sangka jika bumbu yang sering digunakan untuk memasak ini dapat meningkatkan fungsi dan kinerja otak. Ilmuwan dari University of California-Los Angeles Alzheimer’s Disease Research Center menemukan bahwa kunyit dapat meningkatkan ketajaman otak dan mencegah penyakit Alzheimer. Kunyit mengandung zat aktif, curcumin yang memperlambat kerusakan sel otak dan memperlambat efek penyakit alzheimer pada manula. Selain itu, kunyit juga dapat melindungi otak dari peradangan yang disebabkan oleh infeksi dan menurunkan kadar kolesterol dalam pembuluh darah dalam otak. Adanya kolesterol dalam otak dapat menyumbat pasokan darah yang membawa nutrisi dan oksigen ke dalam otak. Bagaimana agar otak tetap dapat berfungsi dengan baik dan tetap tajam? Jawabnya mudah saja, cukup tambahkan bubuk kunyit pada segelas susu hangat yang biasa anda minum atau dengan menambahkan kunyit saat anda memasak setiap hari.

6. Walnuts

Walnut adalah salah satu jenis kacang yang dapat meningkatkan daya ingat dan ketajaman otak. Kandungan asam lemak omega 3 dalam walnut adalah yang paling tinggi diantara jenis kacang-kacangan lainnya. Seperti yang kita ketahui, asam lemak omega 3 adalah salah satu asam lemak penting yang dibutuhkan oleh otak untuk menjaga struktur sel saraf.

walnut

Selain itu, asam lemak omega 3 yang terkandung dalam walnut juga dapat meningkatkan kadar neurotransmitter atau senyawa penghantar rangsang saraf dalam otak sehingga otak dapat berpikir lebih cepat dan mengingat dengan baik. Anda mungkin bisa mendapatkan walnut di supermarket-supermarket besar.

7. Blueberry

Blueberry, mendengar namanya saja kita sudah membayangkan buah yang memiliki rasa manis dan segar ini. Jika anda ingin tetap sehat dan memiliki daya ingat serta fokus yang tajam meskipun usia anda bertambah, konsumsilah buah blueberry secara rutin. Blueberry kaya akan senyawa flavonoid yang dapat meningkatkan fungsi dan kinerja otak. Flavonoid adalah salah satu senyawa antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari pengaruh radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan organ tubuh terutama sel otak. Flavonoid juga dapat mencegah kerusakan sel otak yang nantinya dapat berkembang menjadi penyakit mental seperti Alzheimer dan Parkinson. Setengah cangkir blueberry setiap hari cukup untuk menjaga fungsi dan meningkatkan ketajaman otak anda.

8. Tomat

Manfaat tomat bagi kesehatan otak dan mempertajam memori ternyata tidak bisa begitu saja kita abaikan. Tomat mengandung senyawa antioksidan yang dikenal dengan sebutan likopen. Senyawa likopen yang terkandung dalam tomat dapat melindungi sel otak dari pengaruh radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan otak dan penyakit mental khususnya alzheimer. Tomat yang kaya akan likopen juga dapat mencegah pecahnya pembuluh darah di otak yang bisa mengakibatkan stroke.

tomat

Selain itu, seseorang yang rutin mengkonsumsi tomat ternyata terbukti memiliki memori atau ingatan yang lebih tajam dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi tomat. Jadi tunggu apalagi, tambahkan tomat pada hidangan salad maupun sup yang anda sukai agar otak anda tetap cemerlang.

9. Dark Chocolate

Daftar makanan peningkat fungsi otak tidak akan lengkap tanpa adanya dark chocolate. Antioksidan yang terkandung dalam dark chocolate tidak hanya baik untuk tubuh tetapi juga baik untuk kesehatan otak. Dark chocolate mengandung kafein yang berperan pentim dalam menjaga ketajaman otak. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Universitas Wheeling Jesuit, West Virginia, Amerika menemukan bahwa flavonoid yang terkandung dalam dark chocolate dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan meningkatkan konsentrasi dan kecepatan berpikir seseorang. Fungsi dark chocolate ini dapat diperoleh dengan hanya mengkonsumsi sebatang kecil dark chocolate setiap hari. Tidak hanya dark chocolate, milk chocolate dan white chocolate juga memiliki efek yang hanpir sama dengan dark chocolate.

Anda penggermar cokelat? Simak manfaat cokelat berikut ini :

10. Acorn squash

Acorn squash yang merupakan salah satu jenis winter squash atau labu musim dingin dengan kandungan nutrisi yang tinggi dan dapat meningkatkan fungsi otak. Acorn squash kaya akan suatu senyawa yang dikenal sebagai asam folat. Penelitian yang dipublikasikan dalam The Lancet journal pada tahun 2007 menyebutkan bahwa asam folat dapat meningkatkan fungsi kognitif seseorang terutama saat masa penuaan. Asam folat berperan penting dalam penghantaran informasi dalam otak dan meningkatkan daya ingat. Selain itu, asam folat dan Vitamin B12 yang terkandung dalam Acorn squash juga dapat mencegah kerusakan dan penyusutan sel saraf pada otak. Defisiensi atau kurangnya asupan asam folat saat masa kehamilan dapat menyebabkan kelainan mental pada bayi yang baru lahir. Acorn squash memiliki rasa yang manis dan tekstur yang padat sehingga dapat dinikmati dengan cara direbus maupun dipanggang.

Jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi cukup cairan terutama air putih saat anda mengkonsumsi 10 makanan peningkat fungsi otak yang telah disebutkan sebelumnya. Konsumsi air sangat penting dalam menjaga kestabilan fungsi otak karena 85% bagian otak itu sendiri tersusun dari cairan. Kurangnya asupan air dapat menyebabkan penyusutan massa otak dan mengurangi konsentrasi dan daya ingat seseorang.