10 Cara Mengatasi Migrain (Sakit Kepala Sebelah) Dengan Bahan Alami

Obat Alami untuk Mengatasi Migrain. Migrain atau sakit kepala sebelah adalah salah satu dari 20 gangguan medis yang banyak diderita oleh penduduk dunia berdasarkan data WHO (World Health Organization) atau Badan Kesehatan dunia. Migrain ditandai dengan adanya tekanan atau nyeri yang hebat pada separuh bagian kepala. Sakit kepala ini dapat bertambah buruk jika seseorang melakukan gerakan. Jika tidak ditangani, migrain dapat membuat anda menderita selama 4 hingga 72 jam.

cara mengatasi migrain

Menyembuhkan Sakit Kepala Sebelah Dengan Herbal Alami

Gejala migrain bervariasi pada setiap orang dan terkadang meninmbulkan gejala gangguan sensorik seperti Blind Spot, meningkatnya kepekaan terhadap cahaya dan suara, lengan dan kaki menggigil serta mual dan muntah. Gejala lain yang dapat muncul menyertai migrain diantaranya seperti terlalu peka terhadap rangsang, mengidam makanan tertentu, kaku leher, konstipasi dan menguap.

Sekitar 75 penderita migrain memiliki riwayat histori keluarga dengan penyakit migrain. Beberapa faktor penyebab migrain adalah alergi, stress, merokok, alkohol, cahaya yang sangat terang, suara yang keras, bau yang menyengat, melewatkan waktu makan, dehidrasi, kurang tidur, postur tubuh yang lemah, kadar gula darah yang rendah serta fluktuasi hormon.

Cara Mengatasi Migrain Menggunakan Bahan Herbal Alami

Meskipun belum ada obat tertentu yang dapat digunakan untuk mengatasi migrain, anda dapat menggunakan bahan-bahan alami dibawah ini untuk meredakan dan mengurangi intensitas migrain.

1. Cuka Apel

Cuka apel dapat membantu meredakan gejala migrain dan membantu proses detoksifikasi racun dalam tubuh serta mengontrol kadar gula dalam darah. Tidak hanya itu, cuka apel juga efektif dalam mengendalikan tekanan darah, mengurangi nyeri pada tulang, menurunkan berat badan dan meredakan konstipasi.

cuka sari apel

Berikut ini cara menggunakan cuka apel sebagai obat pereda migrain.

  • Tambahkan satu sendok makan cuka apel organik pada segelas air
  • Campur dengan satu sendok makan madu kemudian aduk rata
  • Minumlah campuran ijni setiap hari untuk mengobati migrain hingga gejalanya menghilang.
  • Jika anda belum terbiasa mengkonsumsi cuka apel sebaiknya mulailah dengan hanya menggunakan sesendok teh cuka apel dan tingkatkan takarannya secara berangsur-angsur.

2. Apel

Siapa sangka, memakan sebuah apel dapat membantu meredakan gejala migrain dan mengurangi intensitas kambuhnya migrain. Tidak hanya itu, menghirup aroma harum apel hijau dapat mengurangi rasa sakit yang teramat pada seseorang yang menderita migrain terutama jika orang tersebut menyukai aroma apel.

3. Jahe

sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Phytotherapy Research pada tahun 2013 menyebutkan bahwa jahe memiliki khasiat yang dapat meredakan migrain secara efektif. Jahe mengandung senyawa aktif yang dapat menghambat produksi prostaglandins, hormon yang memicu rasa nyeri dan sakit pada otot. Cara kerja jahe dalam menghambat senyawa tersebut hampir sama dengan kerja obat-obatan anti inflammatori atau ati peradang (NSAID).

jahe

Jahe sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat

Berikut cara mengatasi migrain dengan menggunakan jahe :

  • Minumlah teh jahe beberapa kali dalam sehari hingga migrain mereda
  • Jika saat migrain anda mengalami rasa mual yang hebat, kunyahlah sepotong jahe mentah untuk mengurangi rasa mual dan ingin muntah tersebut.

4. Kantung es

Kantung es juga dapat digunakan untuk meredakan migrain. Cara ini adalah salah satu cara yang sudah banyak dikenal orang untuk meredakan sakit kepala.

Berikut cara menggunakannya :

  • Bungkus beberapa butir es batu dengan handuk dan letakkan atau kompres pada bagian yang sakit seperti dahi, bagian samping kepala, dan leher bagian belakang selama 10 hingga 15 menit. Ulangi jika perlu.
  • Anda juga dapat mengompres bagian yang sakit dengan kantung es dan diselingi dengan kompres air panas selama 15 menit secara bergantian. Untuk hasil yang lebih optimal, tambahkan minyak peppermint atau minyak lavender pada air panas yang digunakan untuk mengompres.

5. Peppermint

Peppermint mengandung senyawa anti-inflammatory atau anti radang yang dapat meredakan migrain dan menenangkan saraf. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Neuroscience pada tahun 2008 menemukan bahwa aroma herbal peppermint dapat mengurangi rasa sakit di bagian kepala secara efektif. Simak video berikut :

Berikut ini cara menggunakan peppermint untuk meredakan migrain :

  • Minumlah teh peppermint yang dicampur dengan madu dan ulangi jika perlu hingga migrain mereda.
  • Anda juga dapat memijat bagian yang sakit seperti dahi dan bagian belakang leher dengan menggunakan minyak peppermint.
  • Oleskan minyak peppermint yang dicampur dengan minyak lavender, pijat lembut dan diamkan selama 20 hingga 30 menit. Lakukan perawatan ini beberapa kali hingga migrain mereda.

6. Cabai Cayenne

Cabai cayenne atau cayenne pepper adalah salah satu obat alami terbaik untuk mengatasi migrain. Cabai merah pedas yang berasal dari benua Amerika ini mengandung senyawa capsaicin yang merupakan pereda nyeri alami.

Berikut cara mengobati migrain dengan cabai cayenne :

  • Campurkan satu setengah sendok teh bubuk cabai cayenne dengan secangkir air hangat.
  • Anda juga dapat menambahkan perasan lemon pada campuran tersebut untuk meningkatkan efeknya.
  • Minum campuran tersebut dan rasakan manfaatnya.

7. Pijatan

Memijat area yang terasa sakit pada area kepala dapat membantu mengurangi rasa sakit pada migrain. Pijatan di daerah kepala mampu menghambat sinyal rasa sakit dalam otak serta memicu produksi serotonin yang dapat meredakan rasa nyeri akibat tekanan. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam the Annals of Behavioral Medicine pada tahun 2006 menyebutkan bahwa terapi pijat mampu membantu menghilangkan rasa sakit pada migrain.

Beriku cara mengatasi migrain dengan pijatan :

  • Pijat area kepala dengan lembut . Lakukan pijatan dengan dua jari tangan dan gerakan memutar. Tekanlah beberapa bagian yang merupakan pusat rasa sakit seperti area belakang kepala, bagian tengah dahi, area antara mata dan area sekitar ujung mata.
  • Cara lainnya, anda dapat memanaskan dua sendok makan minyak wijen kemudian mencampurnya dengan satu setengah sendok teh bubuk kayu manis dan kapulaga sampai menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut pada area dahi dan pijatlah selama beberapa menit kemudian tunggu hingga pasta mengering selama beberapa jam dan bilaslah dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara teratur hingga migrain mereda.

8. Chamomile

Bunga chamomile atau kamomil memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bunga berwarna putih ini mengandung senyawa anti-inflammatori atau anti peradangan, anti spasmodik atau penahan kejang serta memiliki efek menenangkan yang dapat membantu meredakan migrain. Jika anda menderita migrain dan ingin menggunakan herbal chamomile sebaiknya pilih produk yang menggunakan German Chamomile sebagai bahan utamanya untuk mendapatkan hasil terbaik (Matricaria recutita).

bunga chamomile

Teh herbal dari bunga chamomile

Berikut cara menggunakan herbal chamomile untuk mengatasi migrain :

  • Seduhlah dua atau tiga sendok chamomile kering dalam secangkir air panas selama beberapa lemon. Anda dapat menambahkan air lemon dan madu pada teh tersebut, kemudian aduk dan minumlah tiga hingga empat kali dalam sehari.

9. Daun Feverfew

Feverfew (Tanacetum parthenium) adalah tanaman herbal semak yang tergolong dalam keluarga tanaman bunga daisy dan merupakan salah satu obat pereda alami migrain yang efektif. Tanaman ini telah banyak digunakan sejak berabad-abad yang lalu untuk meredakan beberapa macam penyakit.

Daun feverfew sudah lama digunakan untuk mengatasi nyeri migrain

Daun feverfew sudah lama digunakan untuk mengatasi nyeri migrain

Tanaman herbal yang satu ini mengandung senyawa yang dikenal dengan nama parthenolide yang memiliki efek menenangkan pada saraf dan otot. Senyawa tersebut juga mampu menetralisir efek hormon prostaglandins yang memicu rasa sakit.

Berikut ini adalah cara menggunakan feverfew untuk mengatasi migrain :

  • Buatlah teh feverfew dengan mencampur satu sendok teh daun feverfew kering dengan satu sendok teh peppermint ke dalam segelas air panas dan tunggu selama 30 menit. Saring dan minumlah teh tersebut selagi hangat utnuk mengurangi rasa sakit migrain.
  • Anda juga dapat mengkonsumsi daun feverfew segar secara langsung atau mengkonsumsi kapsul yang berisi feverfew kering (50 hingga 100 mg setiap hari). Konsultasikan dengan dokter sebelum anda mengkonsumsi suplemen tersebut.

10. Kopi

Secangkir kopi hitam dengan aroma yang kuat dapat membantu mengurangi gejala migrain. Kopi mengandung senyawa kaffein yang dapat mempersempit aliran darah dan menghambat kerja beberapa reseptor yang memicu terjadinya migrain. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, tambahkan beberapa tetes perasan lemon pada kopi. Meskipun demikian, ingatlah bahwa mengkonsumsi kopi justru dapat memicu timbulnya migrain pada sebagian orang dan terlalu benyak mengkonsumsi kafein juga dapat memperparah rasa sakit yang dialami.

Selain menggunakan bahan-bahan alami yang disebutkan diatas, anda juga dapat meredakan migrain dengan melakukan aktifitas relaksasi seperti meditasi dan yoga. Jika anda sering mengalami migrain maka sebaiknya aturlah jam istirahat anda, pola makan dan hindari faktor-faktor yang dapat memicu timbulnya migrain. Referensi dan sumber tulisan >> DISINI <<.

Leave a Reply