Cara Mengatasi Sakit Kepala Secara Alami

Cara Mengatasi Sakit Kepala – Sakit kepala adalah salah satu penyakit yang sudah populer dan tidak asing lagi. Sakit kepala bisa dialami oleh siapa saja baik itu orang kaya atau orang miskin. Baik anak-anak hingga orang tua. Penyebab dari sakit kepala sendiri pun cukup banyak. Beberapa diantaranya bisa karena stress, banyak pikiran, tekanan pekerjaan, karena benturan, karena efek dari influenza, kanker, tumor dan yang lain. Namun sakit┬ákepala yang ringan umumnya akan sembuh dengan sendirinya misal dengan tidur atau istirahat.

cara mengatasi sakit kepala

Cara Mengatasi Sakit Kepala

Bagi anda yang sedang menderita sakit kepala tidak ada salahnya untuk mencoba cara-cara yang alami sebelum anda memutuskan untuk menggunakan obat-obatan kimiawi. Cara-cara alami untuk mengatasi sakit kepala sangatlah banyak. Tentunya sakit kepala di sini adalah sakit kepala yang ringan bukan yang kronis. Untuk penyakit kronis sebaiknya segera memeriksakan dokter. Beberapa cara mengatasi sakit kepala secara alami antara lain:

  • Meminum air putih
    Minum air putih sangat bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala. Hal ini cocok sekali digunakan untuk mengatasi sakit kepala yang disebabkan karena dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan cairan. Biasakanlah minum air putih dari delapan hingga sepuluh per harinya.
  • Memakan buah pisang
    Kandungan magnesium dalam pisang berguna untuk meredakan sakit kepala terutama untuk sakit migraine atau sakit kepala sebelah.
  • Memakan kentang
    Kandungan kalium yang terdapat dalam kentang bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala. Kentang yang hendak dimakan sebaiknya direbus jangan digoreng.
  • Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mint
  • Mengompres sakit kepala dengan menggosok-gosokkan secara perlahan dengan menggunakan es batu
  • Istirahatkan tubuh anda dan berusahalah untuk santai
  • Mengenali jenis makanan atau minuman yang dirasa memicu sakit kepala
    Beberapa orang jika makan makanan tertentu bisa terpacu atau kambuh sakit kepalanya. Seperti makan daging kambing yang banyak mengandung kolestrol atau yang lain.
  • Hindari kafein yang terlalu berlebihan
    Meminum kopi atau minuman yang banyak mengandung kafein terlalu berlebihan juga bisa memicu sakit pada kepala.

Cara mengatasi sakit kepala secara alami diatas dapat anda terapkan cukup di rumah saja. Namun jika ternyata sakit kepala yang anda derita tak juga kunjung reda, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.