18 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami, Cepat dan Mudah

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami – Bagaimana rasanya ketika anda sedang berada dalam satu ruang sempit bersama teman anda, tiba-tiba tercium aroma yang super menyengat hidung anda yang datangnya dari ketiak teman anda tersebut. Apa yang akan anda lakukan? Menahan nafas? Mungkin iya. Atau jika anda orang yang tidak sabar, bisa-bisa marah pada teman anda tersebut. Namun bagaimana jika sebaliknya yang terjadi? Andalah yang ternyata mengeluarkan aroma tidak sedap dari ketiak anda kepada teman anda dalam ruangan tersebut? Bisa kebayang tentunya malunya ya. Belum lagi kalau teman anda itu selain menahan marah, kemudian dia cerita ke teman-teman anda yang lain kalau ketiak anda bau. Lebih parahnya lagi ketika cerita teman anda tersebut sampai di telinga bos anda. Aduh jadi berabe pastinya, bukan kepalang mungkin malu yang anda tanggung. Oleh karena itu mulai sekarang harus menjaga aroma tubuh terutama bagian ketiak.

cara alami menghilangkan bau ketiak

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Dengan Mudah

Masalah bau ketiak bisa menjadi besar tatkala orang yang memiliki kecenderungan mudah berkeringat. Penyebab bau ketiak adalah karena keringat yang berlebihan dan jika tidak segera dibersihkan akan timbul biang keringat. Sedikit berkeringat, maka baunya bisa mengganggu orang. Beberapa penyebab lain yang bisa menyebabkan bau ketiak adalah karena dari faktor makanan, hormon dalam tubuh, bahkan bisa juga adanya ketidakseimbangan dalam diet. Bisa juga adanya sel kulit mati ditambah dengan bakteri yang ada di ketiak.

Ada banyak cara menghilangkan bau ketiak, beberapa diantaranya yaitu antara lain:

1. Menggunakan Jeruk Nipis

Jika kita sebelumnya mengetahui manfaat jeruk nipis untuk memerahkan bibir, ternyata kandungan yang ada dalam jeruk nipis dapat membunuh bakteri penyebab bau badan. Jeruk nipis juga dapat membantu meningkatkan PH Kulit.

jeruk nipis

Jeruk nipis meningkatkan PH Kulit

Caranya sangat mudah, anda potong jeruk nipis menjadi dua bagian lalu gosokkan pada ketiak anda, tunggu hingga agak kering, lalu bersihkan. Anda juga bisa memanfaatkan air jeruk nipis tersebut, caranya peras beberapa tetes air jeruk dan campur dengan daun sirih, lalu oleskan di bagian yang menimbulkan bau tak sedap akibat keringat. Jangan lupa bilas dengan air bersih setelah selesai melakukannya.

2. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel merupakan bahan alami yang kaya manfaat. Cuka sari apel adalah salah satu alternatif terbaik pengganti deodoran. Mengandung sifat anti-bakteri yang melawan pertumbuhan bakteri.

Caranya: Tuangkan cuka sari apel secukupnya ke dalam mangkuk. Celupkan bola kapas di dalamnya, lalu usapkan di ketiak Anda. Cara ini akan mengurangi pH kulit, sehingga pada gilirannya akan menghilangkan bau ketiak. Selain itu, Anda juga bisa membuat ‘minyak wangi’ dengan mengisi air dan cuka sari apel sama dalam botol semprot. Semprotkan ketiak ketiak anda mulai muncul bau tak sedap.

3. Lemon Menghilangkan Bakteri Penyebab Bau

Selain bisa untuk menghilangkan bau mulut, sifat asam pada buah lemon membantu membunuh bakteri penyebab bau pada ketiak. Lemon juga berfungsi mengubah tingkat pH pada kulit.

lemon

Lemon menyingkirkan bakteri penyebab bau

Caranya: Iris lemon dan gosokkan lembut pada ketiak Anda. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Gunakan secara rutin hingga bau ketiak anda menghilang. Cara yang lain yakni dengan memeras buah lemon segar. Perasan lemon lalu diterapkan di ketiak. Selain bermanfaat mengatasi bau keringat, cara ini juga bisa mengurangi warna gelap pada ketiak. Cara yang lain juga bisa anda praktekkan rutin yakni dengan mengoleskan jus lemon pada ketiak setiapkali setelah mandi. Sebagai pengharum, masukkan jus lemon ditambah air, lalu masukkan ke botol semprot.

4. Baking Soda dan Jus Lemon

Selain digunakan sebagai bahan makanan, baking soda merupakan obat alami yang efektif untuk mengatasi ketiak yang bau.

Campur satu sendok makan baking soda dengan satu sendok makan jus lemon. Aduk rata dan terapkan pada ketiak. Biarkanlah untuk beberapa waktu. Lalu bilas dengan air bersih. Cara lain adalah dengan mencampur sedikit tepung maizena dengan baking soda dan menerapkannya di ketiak anda. Campuran ini bermanfaat untuk menyerap keringat yang berlebih pada ketiak.

5. Air dan Bunga Mawar

Bunga mawar selain bentuknya indah dan baunya yang harum, merupakan adalah obat yang mujarab untuk menghilangkan bau ketiak. Caranya cukup mudah, campur bunga mawar dengan air, lalu peras. Oleskan air mawar tersebut di bawah lengan dan bagian tubuh berbau anda lainnya. Lakukan secara rutin sampai bau ketiak anda berkurang.

mawar

Mawar: penghilang bau ketiak

6. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh sangat efektif terhadap bau ketiak. Anda bisa membeli di hypermarket. Sifat anti-bakteri pada minyak pohon teh mencegah bakteri pada ketiak.

Caranya adalah tambahkan dua tetes minyak pohon teh dalam 1 gelas air. Lalu aduk merata. Masukkan dalam botol semprot dan gunakan sebagai deodoran rutin untuk mencegah bau pada ketiak. Anda juga dapat menerapkan minyak pohon teh langsung di ketiak Anda dengan cara mengoleskan.

7. Minyak Peppermint

Minyak peppermint dikenal sebagai bahan alami untuk melawan bau dan menyingkirkan bakteri pada ketiak.

Untuk menghilangkan bau ketiak, cukup teteskan minyak peppermint di telapak tangan dan lalu gosokkan lembut di area ketiak. Cara lain yakni menyiapkan botol semprot lalu masukkan beberapa tetes minyak peppermint dicampur dengan air. Gunakan rutin sebagai deodoran alami.

8. Bubur Tomat

Tomat selain bermanfaat untuk penghilang jerawat, juga mampu menyembuhkan bau ketiak anda. Siapkan 1-2 buah tomat, lalu aduk hingga menjadi bubur. Terapkan bubur tomat tersebut di ketiak anda. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini selama beberapa minggu, niscaya bau ketiak anda akan berkurang.

9. Minyak Lavender

Minyak lavender tidak hanya bermanfaat untuk mengihlangkan bau tidak sedap tetapi juga membantu membunuh bakteri penyebab bau. Selain itu, minyak lavender memiliki sifat anti jamur yang efektif dalam mengobati bau ketiak.

Caranya: Campur secukupnya minyak lavender esensial ke dalam air hangat, lalu aduk. Celupkan bola kapas ke dalam campuran tersebut lalu oleskan ke ketiak. Biarkan selam 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Ulangi cara ini dua kali setiap hari selama beberapa hari.

10. Teh Hitam

Teh hitam mengandung asam tannic yang membantu membunuh bakteri penyebab bau ketiak. teh hitam juga bermanfaat untuk menutup pori-pori kulit, sehingga mengurangi jumlah keringat yang menyebabkan bakteri tumbuh subur.

teh hitam

Caranya: Rebus 1 kantong teh hitam dengan 1 gelas air. Siapkan bola kapas, lalu oleskan ke area ketiak. Biarkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini setiap hari sekitar satu minggu.

11. Menggunakan Lobak

Anda tahu lobak? anda bisa mendapatkan lobak di pasar-pasar tradisional atau supermarket. Buatlah jus dari lobak. Lalu isikan di botol kecil bekas minyak wangi anda. Bawa selalu jus lobak tersebut kemana aja anda pergi, dan semprotkan di ketiak pada saat-saat ketiak anda bau. Mudah bukan?

12. Daun Sage

Sage adalah obat herbal terkenal yang bermanfaat untuk mengatasi bau ketiak. Sage bekerja secara aktif pada kelenjar keringat yang ada di ketiak, sehingga mencegah munculnya keringat berlebihan.

Caranya: Siapkan daun sage dan rendam dalam 1 gelas air. Lalu rerendam bola kapas di dalamnya, setelah itu gosok bola kapas di ketiak. Setelah beberapa waktu dan mengering, ulangi proses ini hingga 3x. Setelah itu bilas dengan air bersih.

13. Bubuk cendana

Bubuk cendana selain memiliki aroma yang segar, ketika diterapkan di kulit juga bersifat menenangkan. Hal ini membantu dalam menghilangkan bau pada ketiak.

Caranya: Siapkan pasta yang terdiri dari bubuk cendana yang ditambahkan air secukupnya, lalu aduk hingga merata. Terapkan campuran tersebut pada ketiak biarkan sampai kering, lalu cuci dengan air bersih. Anda juga dapat mencampur cuka putih dengan bubuk cendana. Setelah selesai mandi, oleskan campuran ini pada ketiak. Campuran ini bertindak sebagai deodoran alami.

14. Alkohol

Alkohol merupakan obat yang aman untuk menghilangkan bau ketiak. Untuk menghentikan bau ketiak keringat, cukup gosok lembut kapas yang dicampur alkohol. Penggunaan alkohol pada kulit dapat membantu menutup pori-pori, sehingga mengurangi minyak berlebih. Alkohol yang mudah menguap pada gilirannya akan menguapkan bau yang ada di ketiak.

15. Menggunakan Deodorant

Cara menghilangkan bau ketiak menggunakan deodorant memang paling banyak dilakukan karena memang prosesnya instant, namun hasilnya juga tidak bisa permanen. Anda bisa menggunakan produk-produk deodoran yang saat ini banyak tersedia di pasaran. Misal di mini atau super market bahkan di toko pun sekarang sudah banyak tersedia. Pilihlah produk yang berkualitas dan cocok dengan tubuh dan ketiak anda.

cara menghilangkan bau ketiak

16. Air Putih

Konsumsi air putih secara cukup. Jika anda rajin minum air putih, maka sirkulasi air yang ada di tubuh anda akan lancar. Air putih bermanfaat untuk produksi keringat yang sehat tanpa bau. Bandingkan bau keringat anda jika anda lebih besar porsi meminum air selain air putih. Minumlah air putih dengan cukup paling tidak dalam sehari minimal delapan gelas.

17. Selalu Gunakan Pakaian Bersih

Salah satu penyebab dari aroma ketiak yang tidak enak adalah karena adanya bakteri serta sel mati yang ada di ketiak. Jagalah dari hal itu misal dengan anda mengenakan pakaian yang bersih dan berbahan katun yang akan membantu kulit anda untuk bisa lebih bernafas.

18. Jangan Menggunakan Alat Cukur

Rambut di ketiak sebetulnya bermanfaat untuk menyerap kelembaban yang biasanya menyebabkan bau ketiak dan munculnya bakteri. Disarankan ketika mencukur bulu ketiak, usahakan jangan menggunakan alat cukur, cukup gunakan gunting saja. Menggunakan alat cukur hingga bulu ketiak habis memudahkan bakteri penyebab bau berkembang.

Tips Mencegah Bau Ketiak Datang Kembali

Setelah anda mengetahui cara mengatasi bau ketiak, ada baiknya menyimak tips mencegah bau pada ketiak. Antara lain :

  • Minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk menghindari dehidrasi.
  • Mempertahankan diet yang sehat, dengan mengkonsumsi biji-bijian, buah-buahan dan sayuran berdaun hijau.
  • Mengkonsumsi makanan yang kaya klorofil.
  • Mandi secara teratur (minimal 3 kali sehari) dengan menggunakan sabun anti bakteri.
  • Menggunakan deodoran yang berkualitas untuk mengurangi bau.
  • Memilih pakaian yang terbuat dari serat yang mudah menyerap keringat.
  • Mengganti dan mencuci pakaian Anda secara teratur.
  • Menyimpan pakaian di lemari yang lapang.
  • Biasakan berada di lingkungan yang memiliki udara segar.

Anda bisa mencoba satu dari beberapa tips dan cara menghilangkan bau ketiak secara alami diatas. Pastikan anda mencobanya dengan disiplin dan teratur. Jika muncul iritasi atau masalah kulit lainnya pada ketiak anda, segera hentikan penggunaan bahan tersebut dan konsultasikan ke dokter.

9 Comments

  1. hendro Reply
  2. zean Reply
  3. hafif Reply
  4. ????? Reply
  5. Imay Reply
  6. Neng Amelia Reply
  7. Penulispro Reply
  8. Mirhan andi Reply
    • windy blue smile

Leave a Reply