Skoliosis: Cara Mudah Atasi Penyakit Skoliosis

Skoliosis adalah suatu kelainan yang terjadi pada tulang belakang, sehingga tulang belakang tampak melengkung. Menurut hasil studi sebuah penelitian mengatakan bahwa sekitar 80an persen skoliosis tidak diketahui penyebab yang pasti. Sedangkan sekitar 20an persen, skoliosis disebabkan karena menderita kelainan penyakit tertentu. Kelainan ini terjadi dengan ditunjukkan tulang belakang membengkong bisa ke kiri atau pun ke kanan. Tapi biasanya ke kiri.

Penderita skoliosis masih bisa beraktivitas seperti orang biasa. Namun seiring bertambahnya usia dan perkembangan tubuh terkadang kelainan ini bisa memicu rasa sakit. Bisa saja penderita akan merasakan nyeri pada punggung, nyeri pada leher atau pinggang, gangguan pencernaan atau bisa juga gangguan pernapasan seperti pada jantung dan paru-paru.

Skoliosis

Cara mengatasi skoliosis merupakan cara yang sebaiknya anda ketahui bagi anda penderita skoliosis. Bagaimana cara mudah mengatasi skoliosis? Caranya bisa dibagi ke dalam dua garis besar. Yang pertama adalah dengan cara nonoperatif sedangkan cara yang kedua adalah dengan cara operatif. Yang bila dirinci adalah sebagai berikut:

Cara nonoperatif

Cara yang pertama atau nonoperatif bisa dilakukan pada penderita skoliosis yang mengalami pembengkokan sebesar 20 derajat atau kurang. Caranya adalah dengan melakukan aktivitas olahraga yang disesuaikan dengan kondisi tubuh seperti berenang, olahraga punggung (fitness dengan teknik punggung), fisioterapi atau pun peregangan. Lalu apakah yang mengalami pembengkokan di atas 20 derajat tidak bisa dilakukan nonoperatif? Jawabannya tetap bisa namun hanya untuk pembengkokan sekitar 20 hingga 40 derajat saja. Akan tetapi penderita perlu diberikan rangka atau brace yang digunakan di badan atau leher yang berfungsi untuk menahan atau mengoreksi dari laju progresitivitasnya. Sedangkan penderita skoliosis yang sudah mengalami pembengkokan lebih dari 40 derajat, maka perlu dilakukan tindakan operatif atau pembedahan.

Cara operatif

Cara operatif digunakan untuk penderita 40 derajat ke atas yang mana bertujuan untuk menghentikan progress pergeseran tulang belakang yang semakin parah. Selain itu juga bertujuan untuk mengoreksi dari bentuk tulang yang bengkok.

Skoliosis 2

Bagi anda yang menderita skoliosis, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis terlebih dahulu. Karena dokter akan memberikan saran yang tepat bagi anda agar lebih cepat sembuh dari skoliosis.

16 Comments

  1. ITANG
    • WAWA HERAWATY
  2. Apinggg
  3. INDAH
  4. silvia anggraini
  5. Dinda Silvia
  6. Ryan adrian
  7. syifa indah atika
  8. Ana Rajiyatul
  9. eka cahya
  10. budiarto
  11. Hafizatunnisa
    • A.Sholikh
  12. Andri Santoso
  13. fatimah