CKD (Chronik Kidney Disease): Penyebab dan Penanggulangan Gagal Ginjal Kronik

CKD atau Gagal ginjal kronik merupakan suatu kondisi dimana ginjal mengalami penurunan kinerja secara progresif yang mengakibatkan penimbunan sisa metabolisme dan dapat menyebabkan gangguan keseimbangan cairan sehingga diperlukan adanya perawatan atau transplantasi ginjal/ penggantian ginjal. Ginjal adalah organ yang sangat penting. Dan merupakan organ vital. Beberapa fungsi ginjal diantaranya adalah menyaring darah, mengeluarkan zat-zat yang dapat merugikan tubuh, proses ulang zat, membantu menjaga keseimbangan kadar asam dan basa dalam tubuh, menghasilkan zat dan hormone, menjaga darah, dan masih banyak lagi fungsi ginjal yang sangat penting. Oleh karena itu sudah sepatutnya bagi kita untuk menjaga ginjal kita dengan baik.

ASKEP CKD

Penyebab Gagal Ginjal Kronik (CKD-Chronik Kidney Disease)

Apa penyebab penyakit gagal ginjal kronik? Penyakit gagal ginjal ini biasanya disebabkan oleh penyakit lain yang bersifat sistemik seperti hipertensi, diabetes mellitus, terjadinya infeksi, batu saluran kencing yang bisa menyebabkan hidrolityasis. Beberapa gejala yang terjadi yaitu gejala dini dan gejala lebih lanjut. Gejala dini biasanya ditandai dengan sakit kepala, sakit fisik dan mental, berat badan berkurang, mudah tersinggung, depresi. Sedangkan gejala yang lebih lanjut bisa ditandai dengan mual hingga muntah, nafas sesak, air kemih berkurang, terjadinya kejang-kejang, hingga mengalami koma.

Penanggulangan Gagal Ginjal Kronik (CKD-Chronik Kidney Disease)

Penanggulangan yang bisa dilakukan untuk gejala-gejala di atas adalah melalui beberapa tahapan. Terdiri dari pemeriksaan medis, penatalaksanaan keperawatan dan pelaksanaan diet. Tiga tahapan ini dilakukan untuk menjaga dan mempertahankan kinerja dari ginjal si penderita. Sehingga dapat berfungsi lebih lama dan mengurangi resiko kerusakan yang lebih besar dan parah. Pelaksanaan untuk pemeriksaan medis bisa dilakukan dengan pemeriksaan cairan dan kondisi pasien oleh tenaga ahli yang bisa menangani. Apakah si penderita memiliki riwayat penyakit yang lain seperti hipertensi, diabetes mellitus atau yang lain yang menjadi penyebab ginjal kronik itu sendiri. Setelah itu perlu dilakukan pelaksanaan keperawatan dan pelaksanaan diet. Diet rendah protein, pengaturan kalori yang cukup dan yang lain.

Memberikan dorongan secara psikologi bagi penderita gagal ginjal kronik juga sangat penting. Dorongan moril dari keluarga terdekat sangat dibutuhkan. Memberikan motivasi dan semangat hidup agar menjalani keseharian tanpa adanya beban walaupun sedang menderita kegagalan ginjal.

Leave a Reply