Infertilitas Pria dan Wanita: Penyebab dan Obat Penyembuhannya

Kabar baik bagi anda yang mungkin sedang mengalami yang namanya infertilitas. Infertilitas ternyata juga bisa disembuhkan. Infertilitas yang secara istilah mempunyai pengertian suatu kondisi yang menyebabkan ketidakmampuan pasangan dalam mendapatkan kehamilan setelah berhubungan intim dengan teratur tanpa kontrasepsi selama jangka 1 tahun atau pun lebih. Infertilitas atau ketidaksuburan bisa terjadi pada pria maupun wanita.

Infertilitas

Penyebab Infertilitas

Penyebab terjadinya infertilitas harus diperiksa apakah itu dari pasangan pria maupun terjadi pada wanitanya. Jika sudah terindeks atau diketahui tentu solusinya pun akan mudah untuk didapat. Bahkan ada juga kasus infertilitas yang menyerang dua-duanya yaitu pasangan pria dan wanitanya. Untuk mengetahui penyebabnya maka bisa diklasifikasikan sebagai berikut:

Penyebab yang terjadi pada laki-laki :

  • Kurang berkualitasnya sperma yang dihasilkan.
  • Terjadinya gangguan pada saat pengeluaran sperma seperti adanya ejakulasi dini, penyakit genetic, atau adanya penyumbatan pada saluran sperma.
  • Faktor gaya hidup yang kurang sehat seperti salah dalam menjaga pola makan, paparan polusi udara, kecanduan narkoba atau alcohol, kegemukan atau obesitas maupun pekerjaan yang menyebabkan seorang harus berjam-jam duduk dan bersinggungan dengan radiasi tinggi, gangguan kanker juga bisa menjadi sebab terjadinya infertilitas pada pria.

Penyebab pada wanita, disebabkan oleh:

  • Adanya sumbatan dalam tuba falopi.
  • Adanya gangguan ovulasi yang dikarenakan oleh cedera, adanya tumor, aktivitas yang berlebih, atau pemakaian obat tertentu.
  • Adanya endosmetriosi yang disebaban oleh keadaan dimana jaringan rahim tertanam kemudian tumbuh di luar rahim.
  • Manopaus dini juga bisa mengakibatkan infertilitas pada wanita.
  • Pola hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan untuk merokok, mengkonsumsi makanan yang sehat atau adanya kanker.

Ternyata Infertilitas Bisa Sembuh!

Bagaimana cara mengobati infertilitas? Apakah bisa disembuhkan? Jawabannya adalah melihat kondisi dari pasien yaitu yang mengalami infertilitas. Misalkan pada pria jika penyebab terjadinya infertilitas adalah karena gangguan fungsi seksual seperti ejakulasi atau pun impotensi, maka diatasi dengan memberikan obat atau terapi perubahan perilaku. Bisa juga dengan menggunakan herbal yang aman untuk memberikan suplai agar sperma semakin sehat dan banyak. Atau bisa juga dengan memberikan suntikan hormone reproduksi untuk kasus tertentu misalkan produksi sperma yang kurang tapi tetap harus ada pengawasan dari ahli dalam hal ini adalah dokter.

Sedangkan pada wanita bisa diberikan obat penyubur apabila infertilitasnya terjadi dikarenakan adanya gangguan ovulasi. Oleh karena itu baik pria maupun wanita untuk bisa lebih menjaga diri agar kondisi system reproduksinya mampu berproses secara baik. Contohnya anda harus menjalankan pola hidup yang sehat, makan makanan yang bergizi maupun istirahat yang cukup serta menghindari alkohol, rokok dan zat-zat yang merusak tubuh.