10 Makanan Pencegah Kanker Yang Wajib Diketahui

Makanan super pencegah kanker – Kanker adalah salah satu penyakit yang menjadi mimpi buruk bagi setiap orang. Penyakit kanker ditandai dengan adanya pertumbuhan sel yang tidak normal. Penyakit kanker disebabkan oleh kerusakan pada DNA yang selanjutnya menyebabkan mutasi pada sel, sehingga sel tidak dapat mengontrol pertumbuhannya. Pertumbuhan sel yang abnormal ini sangat berbahaya bagi tubuh mengingat sel yang rusak ini dapat menyebar ke bagian lain tubuh dan merusak sistem organ di dalamnya.

makanan pencegah kanker

Ada lebih dari 100 jenis kanker yang telah dikenali dan penamaan jenis kanker merujuk pada bagian tubuh dimana kanker muncul, seperti kanker payudara, kulit, ovarium, paru-paru pankreas, kolon, prostate dan bahkan kanker sel darah putih. Setiap jenis kanker memiliki gejala awal yang berbeda. Menurut WHO, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penderita kanker payudara terbesar di dunia. Berdasarkan American Cancer Society, kanker adalah penyakit yang menyebabkan kematian nomor dua di Amerika. Laporan data statistik menyebutkan bahwa selama rentang tahun 1999-2011 sebanyak 575.000 orang meninggal karena kanker dan lebih dari 1,5 juta kasus baru muncul setiap tahunnya di Amerika. Menurut Badan Kesehatan Dunia atau WHO (World Health Organization) kasus penyakit kanker diperkirakan akan mengalami kenaikan sebanyak 70% pada 15 hingga 20 tahun mendatang.

Faktor Penyebab Kanker

Beberapa faktor yang menyebabkan penyakit kanker antara lain penuaan, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol berlebihan, paparan sinar matahari, obesitas, paparan zat kimia, perokok sekunder dan kelainan genetis. Memang faktor genetis atau bawaan dan faktor lingkungan yang merupakan penyebab kanker tidak dapat dikendalikan akan tetapi resiko penyakit kanker dapat diperkecil dengan mengendalikan pola hidup dan pola makan kita terutama di zaman modern ini.

10 Makanan Pencegah Kanker

Diet sehat atau pola makan yang teratur dapat mencegah hampir semua jenis kanker. Nyatanya, beberapa makanan kaya akan senyawa antioksidan dan fitokimia yang dapat mencegah dan melawan penyakit kanker. Berikut ini daftar 10 makanan pencegah kanker terbaik yang wajib anda ketahui.

1. Brokoli

Rutin mengkonsumsi brokoli dapat mengurangi resiko penyakit kanker. Sayuran yang masih satu keluarga dengan kubis ini mengandung senyawa aktif glukosianat yang menghasilkan enzim-enzim pelindung sel dalam tubuh. Salah satu enzim yang dihasilkan oleh glukosianat adalah sulfurophane. Enzim ini dapat mencegah sekaligus mengurangi resiko penyakit kanker dengan cara menghilangkan zat kimia penyebab kanker dalam tubuh. Sulforaphane juga dapat mencegah tumbuhnya tumor dengan mengendalikan sel batang kanker dalam tubuh.

brokoli

Penelitian pada tahun 2011 yang dilakukan oleh ilmuwan dari Institut Pauling, Universitas Oregon menyimpulkan bahwa sulforaphone dalam brokoli mampu mencegah penyakit kanker. Brokoli adalah salah satu makanan super yang efektif dalam mencegah kanker mulut, payudara, hati, paru-paru, kandung kemih, tenggorokan dan kanker lambung.

➡ Agar terhindar dari kanker, konsumsilah brokoli sebanyak dua cangkir, direbus atau dikukus, 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

2. Tomat

Buah yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi ini mengandung kadar likopen yang tinggi. Likopen adalah salah satu jenis antioksidan yang dapat melawan penyakit kanker dengan cara meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dalam menangkal kerusakan sel.

tomat

Tomat mengandung kadar likopen yang tinggi

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutritional Science and Vitaminology, pada tahun 2013 menyebutkan bahwa pria yang lebih banyak mengkonsumsi tomat baik mentah maupun masak, memiliki resiko yang lebih rendah terserang penyakit kanker dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi tomat. Tomat juga efektif dalam mengurangi resiko kanker endometrium, payudara, paru-paru dan lambung.

➡ Jika ingin terhindar dari kanker, rajin-rajinlah mengkonsumsi tomat setiap hari dan agar lebih optimal, jangan ragu untuk menambahkan pasta tomat, saus tomat atau produk berbahan dasar tomat pada makanan kesukaan anda.

3. Teh hijau

Minuman yang satu ini memang populer sebagai minuman kesehatan yang memiliki banyak manfaat terutama dalam mencegah kanker. Senyawa-senyawa aktif yang terkandung dalam teh hijau seperti cathecine, xanthine, epigallocatechin-3-gallate (EGCG) dan epicatechin dapat mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh. Teh hijau juga sangat efektif dalam menangkal pengaruh radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel.

Penelitian yang dilaksanakan pada tahun 2008 dan dipublikasikan dalam Chinese Medicine Journal menyebutkan bahwa teh hijau dapat melindungi organ tubuh seperti saluran cerna, payudara, paru-paru dan kandung kemih dari kerusakan.

➡ Konsumsi 3 hingga 4 cangkir teh hijau setiap hari dapat membantu mengurangi resiko kanker. Anda juga dapat mengkonsumsi ekstrak teh hijau tentunya setelah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

4. Jahe

Siapa sangka jika tanaman herbal yang satu ini juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam BMC Complementary and Alternative Medicine journal menyebutkan bahwa jahe dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dengan mematikan sel kanker serta mencegahnya tersebar ke organ lain malalui pembuluh darah atau yang dikenal dengan proses metastasis. Studi lainnya yang dipublikasikan pada tahun 2012 dalam British Journal of Nutrition menyebutkan bahwa jahe secara signifikan mampu mencegah terbentuknya sel kanker pada kandung kemih.

➡ Konsumsi 2 hingga 3 cangkir teh jahe setiap hari untuk menjaga kesehatan dan menurunkan resiko penyakit kanker. Jika anda ingin mengkonsumsi suplemen ekstrak jahe, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

5. Blueberry

Blueberry kaya akan antioksidan dan fitonutrient. Jenis berry yang satu ini dapat menangkal efek radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan mengakibatkan kanker. Selain itu, blueberry juga mengandung vitamin C, K, mineral mangan, dan serat yang dapat menurunkan resiko penyakit kanker.

blueberry

Sebuah studi di tahun 2013 yang dipublikasikan dalam Anticancer Agents in Medicinal Chemistry journal menyatakan bahwa blueberry adalah salah satu makanan anti-kanker terbaik. Meskipun demikian diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui pengaruh blueberry dalam mencegah penyakit kanker seperti pada kasus kanker mulut, ovarium, kolon, hati, kandung kemih, paru-paru, kulit serta kanker payudara.

➡ Untuk mendapatkan semua manfaat buah blueberry, anda hanya perlu mengkonsumsi ½ hingga 1 cangkir buah blueberry segar maupun beku setiap hari.

6. Bayam

Selain kaya akan serat, bayam juga termasuk sayuran yang tidak dapat disepelekan. Bayam mengandung banyak nutrisi serta senyawa antioksidan seperti lutein, zeaxanthin, karatenoid, Vitamin A, asam folat dan beta karoten yang dapat melindungi tubuh dari penyakit kanker. Mengkonsumsi bayam secara rutin dapat meminimalisir resiko kanker mulut, ovarium, paru-paru dan kanker pada saluran cerna. Konsumsi satu mangkuk bayam beberapa kali dalam seminggu dengan menanmbahkannya pada sup, salad maupun jus sayuran anda.

bayam

➡ Karena kandungan asam oksalatnya yang cukup tinggi, mengkonsumsi bayam berlebihan dapat menghambat penyerapan zat besi dan kalsium, oleh sebab itu minumlah segelas jus jeruk atau tomat saat mengkonsumsi bayam. Jika anda sedang menghindari makanan dengan kandungan oksalat, sebaiknya hindari konsumsi bayam.

7. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa sulfur seperti allinin dan senyawa lainnya seperti oligosakarida, flavonoids and selenium yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Penelitian pada tahun 2013 yang dipublikasikan oleh American Association for Cancer Research menyimpulkan bahwa konsumsi bawang putih mentah dapat menurunkan resiko kanker paru-paru. Penelitian lain yang dipublikasikan di tahun 2000 oleh American Society for Clinical Nutrition journal juga menyatakan bahwa bawang putih dapat mencegah penyakit kanker lambung dan kanker kolon.

Bawang putih menghambat pertumbuhan sel kanker

Bawang putih menghambat pertumbuhan sel kanker

➡ Jadi tunggu apalagi, konsumsilah bawang putih secara rutin dengan mengkonsumsinya secara langsung maupun menambahkannya pada masakan sehari-hari.

8. Delima

Makanan super lain yang dapat mencegah kanker adalah buah delima. Buah merah yang segar ini kaya akan antioksidan seperti fenol, antosianin, falvonoid dan tanin yang dapat mencegah kerusakan sel dalam tubuh akibat paparan radikal bebas. Buah delima telah terbukti dapat menurunkan resiko kanker payudara, kolon, hati, kulit dan kanker kandung kemih. Kandungan polifenol dalam buah delima mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dan mencegahnya menyebar ke bagian tubuh lainnya.

➡ Tambahkan buah delima pada menu sarapan anda seperti jus, smoothies, atau sereal agar terhindar dari penyakit kanker.

9. Anggur

Baik buah anggur atau ekstrak biji anggur kaya akan antioksidan dan dapat mencegah penyakit kanker secara efektif. Senyawa aktif dalam buah anggur mampu menghambat produksi protein pemicu tumbuhnya sel kanker. Selain itu, senyawa anti peradangan dalam buah anggur juga dapat mencegah stress oksidatif atau kerusakan sel akibat pengaruh radikal bebas.

Buah anggur kaya akan antioksidan

Buah anggur kaya akan antioksidan

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry menyebutkan bahwa polifenol yang terkandung dalam anggur muscandine dapat bertindak sebagai senyawa anti kanker dalam tubuh.
Studi lainnya yang dimuat dalam Journal of Nutrition pada tahun 2009 menyebutkan bahwa baik buah anggur dan produk yang berbahan dasar anggur kaya akan antioksidan yang berperan sebagai senyawa anti kanker.

➡ Cukup dengan mengkonsumsi satu cangkir buah anggur setiap hari, anda dapat menurunkan resiko penyakit kanker. Jika anda ingin mengkonsumsi ekstrak biji anggur sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

10. Walnuts

Jangan ragu untuk mengkonsumsi walnuts sebagai salah satu cemilan favorit anda karena jenis kacang yang satu ini dapat mencegah penyakit kanker. Walnuts kaya akan antioksidan seperti ellagitannins, gamma-tocopherol, dan alpha-linolenic acid yang dikenal sebagai senyawa anti-kanker. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Institute for Cancer Research membuktikan bahwa walnuts dapat mencegah pertumbuhan sel kanker pada binatang serta mengurangi resiko kanker prostat dan kanker kulit.

➡ Untuk mendapatkan manfaat walnuts, anda dapat mengkonsumsinya secara rutin sebanyak 100 gram atau 7 butir walnuts setiap hari.

10 makanan pencegah kanker tersebut diatas cukup efektif, namun jangan lupa untuk menjaga pola makan serta rutinlah berolahraga karena selain makanan, aktifitas fisik juga akan berpengaruh pada kesehatan. Referensi dan sumber tulisan → DISINI.

One Response

  1. joko rudi setyawan