Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui Untuk Meningkatkan ASI

Makanan sehat untuk ibu menyusui – Menyusui adalah kewajiban seorang ibu kepada anaknya agar sang anak dapat mendapatkan asupan nutrisi yang sehat. Dengan memberikan nutrisi yang sehat maka sang anak pun diharapkan akan tumbuh berkembang dengan perkembangan yang baik. ASI dari sang ibu kepada sang anak sangatlah penting. Karena itu memang merupakan makanan terbaik bang sang bayi. Masa-masa menyusui bagi ibu tentunya juga harus didukung dengan asupan bergizi juga bagi ibu yang sedang menyusui. Hal itu agar ASI yang akan dihasilkan berkualitas dan banyak tentunya. Sehingga sang bayi tidak akan kekurangan dari ASI.

makanan sehat untuk ibu menyusui

Makanan Sehat Ibu Menyusui

Ibu yang menyusui hendaknya menjaga kualitas ASInya dengan makanan yang sehat dan bergizi. Selain itu kondisi tubuh juga harus dijaga. Berikut ini beberapa makanan sehat untuk ibu menyusui antara lain:

IKAN SALMON
Sebetulnya jenis ikan-ikanan baik untuk ibu menyusui, namun yang paling baik adalah Ikan salmon. Salmon memiliki kandungan omega-3 berjenis EPA (Eicosapentaenoic acid) dan DHA (Docosahexaenoic acid). DHA sangat bagus bagi perkembangan sarat dan meningkatkan kecerdasan sang bayi, sedangkan EPA baik untuk jantung dan pembentukan sel darah.

SUSU RENDAH LEMAK
Saat ini banyak ibu memilih susu rendah lemak non-sapi yang biasa dikenal dengan Susu Soya atau Susu Kedelai. Susu kedelai ini bermanfaat untuk mengatasi alergi pada bayi. Selain itu, susu kedelai mengandung lesithin, antioksidan, saponin dan isoflavon; kandungan zat untuk pencegahan pertumbuhan sel tidak normal.

DAGING SAPI TANPA LEMAK
Mengkonsumsi daging sapi non-lemak sangat bagus karena mengandung banyak zat besi. Dimana zat besi dibutuhkan oleh ibu untuk menambah energi yang terkuras akibat pasca melahirkan dan menyusui.

JERUK DAN SAYURAN
Jeruk mengandung vitamin c dimana sangat bagus untuk suplai ibu yang menyusui. Vitamin c sangat dibutuhkan oleh ibu saat menyusui dibanding saat hamil. Sedangkan sayuran jelas bermanfaat bagi nutrisi dan pencernaan bayi anda.

ROTI GANDUM
Gandum mengandung asam folat yang sangat bagus bagi perkembangan otak bayi. Asam folat jelas merupakan asupan penting bagi ASI. Anda bisa mengkonsumsi roti gandum untuk mensuplai kebutuhan asam folat. Selain gandum, sayuran yang mengandung asam folat tinggi yaitu bayam, jagung, kentang.

TELUR
Telur juga penting bagi Ibu menyusui karena mengandung sumber vitamin D yang tinggi. Vitamin D berfungsi untuk menjaga tulang ibu dan perkembangan tulang bayi pada masa pertumbuhan.

AIR PUTIH
Frekeunsi air yang keluar lewat ASI dan aktifitas ibu yang lainnya jelas membutuhkan air putih agar tidak kekurangan cairan. Minumlah air putih yang berkualitas, jika mengkonsumsi air kemasan pilihlah yang terbaik.

Dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu menyusui di atas diharapkan nutrisi sang ibu terpenuhi dengan baik, maka ASI yang keluar pun juga banyak. Sehingga sang bayi akan mendapat asupan ASI dengan gizi yang seimbang. Ketika seorang ibu yang sedang menyusui mengalami kondisi badan yang kurang sehat, bisa jadi ASI yang dihasilkan pun kurang banyak. Anda bisa menambahkan makanan atau minuman agar ASI anda bisa bertambah. Di apotek atau toko-toko seperti super dan mini market sudah banyak dijual susu yang memang dikhususkan untuk mencukupi asupan gizi bagi ibu yang sedang menyusui.

Menu makan yang seimbang sarat akan gizi serta dengan didukung olahraga ringan bagi ibu yang sedang menyusui bisa menjadi kombinasi yang bagus. Jangan lupa juga untuk beristirahat dengan istirahat yang cukup. Menjauhkan dari makanan yang tidak sehat serta menghindarkan diri dari minuman seperti alcohol akan menjaga kondisi tubuh bagi ibu yang sedang menyusui. Peran suami juga penting dalam memperhatikan suplai makanan yang baik untuk ibu menyusui.

2 Comments

  1. ekrin Reply
  2. Asi Reply

Leave a Reply