Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

Manfaat jalan kaki bagi kesehatan – Jalan kaki adalah salah satu aktivitas olahraga yang sangat amat murah. Bagaimana tidak, olahraga ini tidak memerlukan biaya apa pun. Tidak memerlukan alat tambahan. Yang diperlukan hanyalah kekuatan kaki saja untuk berjalan. Selain itu olahraga ini adalah olahraga ringan yang tentu manfaatnya justru besar bagi kesehatan. Olahraga yang gratis tanpa uang sepeser pun dan bisa dilakukan oleh semua orang dari berbagai kalangan.

manfaat jalan kaki

Banyak cara asyik yang bisa dilakukan untuk sehat salah satunya dengan jalan kaki. Berjalan kaki seminggu minimal dua kali mungkin sudah cukup untuk menyehatkan badan dengan intensitas waktu sekitar tiga puluh menit. Jalan kaki bisa dilakukan di tempat yang menyejukkan misal pada pagi hari di jalan yang dipenuhi dengan pohon rindang. Atau sore hari adalah waktu-waktu yang sejuk untuk anda bisa jalan kaki. Lebih asik lagi jika jalan kaki bisa dilakukan bersama orang-orang tercinta. Seperti keluarga anak, istri tentu ini akan lebih menyenangkan sekali. Jalan kaki yang kelihatannya ringan akan tetapi jika dilakukan rutin dengan porsi cukup ternyata akan memberikan manfaat yang besar.

Manfaat Jalan Kaki

Diantara manfaat jalan kaki yang bisa anda peroleh yaitu:

  • Mencegah dari penyakit diabetes. Aktivitas jalan kaki akan membantu kadar gula dalam tubuh bekerja. Sehingga kadar gula yang ada tidak menumpuk dalam darah. Jika demikian akan menjauhkan anda dari serangan penyakit diabetes.
  • Menghindarkan anda dari serangan jantung. Rutin berjalan kaki bermanfaat menghindarkan anda dari serangan jantung. Bagi anda muslim bisa sehari lima kali jalan kaki ringan misal setiap kali melakukan shalat datanglah ke masjid dengan jalan kaki. Jangan terlalu banyak duduk.
  • Meningkatkan semangat hidup. Jalan kaki juga bermanfaat untuk meningkatkan semangat. Dengan berjalan kaki, pikiran kita tenang, suasana hati yang baik dan menghilangkan stres.
  • Menjaga berat badan agar tetap ideal. Jalan kaki merupakan salah satu andalan seseorang yang menjalani program diet. Karena dipercaya mampu menurunkan berat badan dan mengontrol lemak berlebihan yang ada dalam tubuh.
  • Awet muda. Tahukah anda kalau jalan kaki bisa membuat anda awet muda? Jalan kaki membuat kita mendapatkan oksigen lebih banyak karena berada di ruang terbuka, sehingga produksi kolagen dalam tubuh akan meningkat. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi kelembaban dan peremajaan kulit.

Demikianlah manfaat jalan kaki yang bisa anda peroleh. Apakah anda sekarang mulai tertarik untuk jalan kaki? Tidak perlu terlalu memaksakan diri. Cukup dengan jalan kaki ringan bisa anda lakukan di sekitar rumah atau lingkungan anda.

One Response

  1. niky