8 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami dan Murah

Cara mengobati asam urat – siapa lagi yang tak kenal dengan penyakit ini. Penyakit yang lebih sering diderita oleh orang-orang yang sudah mulai berumur. Namun pengobatan asam urat terkadang membutuhkan biaya yang tidak sedikit jika berobat ke dokter secara medis. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan murah untuk mengobati penyakit yang satu ini.

cara mengobati asam urat
Penyebab dan Gejala Asam Urat

Penyebab Asam Urat: Mengkonsumsi zat purin secara berlebihan disinyalir menjadi sebab yang dapat merangsang munculnya penyakit ini. Kelebihan purin dalam tubuh akan diubah menjadi asam urat. Sehingga kinerja ginjal pun akan terganggu dan sulit mengeluarkan zat tersebut jika ternyata terlalu berlebihan. Akibatnya kristal-kristal asam urat pun menumpuk di persendian yang akan mengakibatkan sendi terasa nyeri, radang hingga bengkak.

Gejala asam urat yang biasa dialami oleh para penderita diantaranya sendi terasa ngilu, radang dan kadang bengkak berwarna kemerahan. Rasa nyeri atau ngilu akan menyerang si penderita biasanya pada malam atau pagi hari saat bangun tidur. Sendi yang diserang bisa pergelangan tangan, sendi jari tangan, jari kaki, siku, dan dengkul. Apabila anda mulai merasakan hal yang demikian cobalah periksakan diri anda ke dokter. Namun anda juga bisa mencoba tips sederhana yang bisa meredakannya yang lebih murah bahkan gratis.

Cara Mengobati Asam Urat

Berikut ini adalah tips dan cara mengobati asam urat secara alami dan cepat sekaligus murah, yaitu antara lain :

  1. Cuka Sari Apel. Cuka apel, yang digunakan untuk mengobati sakit kepala dan asam lambung, juga dapat membantu mengobati asam urat dan rematik. Kadar keasaman dalam cuka sari apel akan membantu mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh asam urat. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan madu untuk meningkatkan respon anti-inflamasi tubuh. Caranya : campurkan satu sendok teh cuka sari apel mentah dalam segelas air. Minum dua sampai tiga kali sehari.
  2. Jahe. Sifat anti-inflamasi yang ada dalam jahe sangat membantu dalam mengurangi rasa sakit dan peradangan akibat asam urat. Ada banyak cara untuk menggunakan jahe dalam pengobatan asam urat. Caranya: Buatlah wedang jahe, minum setidaknya satu kali dalam sehari. Anda juga bisa menambahkan jahe dalam masakan anda. Alternatif lainnya yaitu membuat pasta dari jahe. Lembutkan jahe dan campur sedikit air dan oleskan pada daerah yang terkena asam urat. Biarkan selama sekitar setengah jam. Lakukan ini sekali sehari.
  3. Air Putih. Memperbanyak minum air putih. Air putih dianjurkan untuk diminum sebanyak 8 sampai 10 gelas dalam sehari. Hal tersebut bisa mengencerkan urin sehingga purin yang berlebihan akan dapat keluar bersama urin.
  4. Mengurangi makanan yang memiliki kandungan zat purin.. Makanan yang tinggi akan purin seperti jeroan, seafood, beberapa daging seperti abon atau dendeng serta makanan yang dikalengkan. Hindari dan kurangi makanan-makanan tersebut untuk mencegah purin yang tertimbun berlebihan dalam tubuh.
  5. Makanan Basah. Memperbanyak makanan yang bersifat basah sangat penting. Makanan basa yang dimaksud seperti sayur-sayuran, biji-bijian, buah-buahan juga akan membantu anda mencegah terbentuknya purin yang berlebihan.
  6. Buah Ceri. Buah ceri dapat mengeluarkan racun dari tubuh dan membersihkan ginjal. Ceri, baik manis atau asam, juga bisa sangat membantu dalam mengobati asam urat karena sifat antioksidan mereka. Ceri mengandung anthocyanin, yang dapat mengurangi peradangan serta meminimalkan asam urat kambuh kembali. ceri baik dimakan atau dicampur dan kemudian diencerkan dengan air untuk dijadikan jus. Ekstrak buah ceri juga tersedia di beberapa toko kesehatan.
  7. Meminum beberapa jus. Beberapa jus seperti jus buah cerry dan jus lemon juga sangat membantu dalam pengendapan purin yang berlebihan.
  8. Mengkonsumsi herbal dari cuka madu. Cuka madu memang masih asing dan jarang dikenal orang. Kalau orang mengenal adalah propolis. Konsumsilah cuka madu karena akan memberikan sifat basa ke dalam tubuh sehingga pengendapan purin pun bisa dihindari.

Demikianlah informasi mengenai penyakit asam urat yang perlu anda ketahui. Anda bisa menerapkan cara mengobati asam urat secara alami di atas secara rutin dan konsisten. Namun jika terjadi efek samping yang kurang baik sebaiknya hentikan dan konsultasikan dengan dokter.

8 Comments

  1. Ahsan
  2. mini
  3. sehatlami
  4. magaziana
  5. Veby
  6. Harga Mobil dan Motor
  7. Kornelis Wulgole Banin
  8. Kornelis Wulgole Banin