Menopause: Gejala dan Ciri-ciri Menopause Pada Wanita

ciri ciri menopauseGejala dan ciri-ciri Menopause pada wanita. Menopause merupakan suatu keadaan dimana terjadi pemberhentian secara fisiologis suatu siklus menstruasi yang memiliki hubungan dengan tingkat lanjut usia seorang wanita. Kondisi menopause banyak dialami biasanya orang-orang yang sudah berusia lanjut.

Namun ada juga pada usia-usia yang masih produktif seorang wanita bisa mengalami menopause dini. Untuk itu penting untuk mengetahui gejala apa saja yang terjadi pada kondisi menopause pada wanita.

Gejala Menopause

Beberapa tanda atau gejala dari menopause penting untuk diketahui. Gejala dan ciri-ciri Menopause yaitu antara lain :

  • Wanita yang menopause menstruasinya tidak teratur
  • Wanita yang akan mengalami menopause akan mengalami perimenopause. Perimenopause adalah kondisi menstruasi yang terjadi dengan tidak teratur bisa dalam waktu singkat atau lebih lama.
  • Vagina mengalami kekeringan. Hal ini disebabkan karena kadar estriogen mengalami penurunan sehingga jaringan pada vagina menjadi kering, kurang elastic dan juga tipis.
  • Gairah seks yang mulai berkurang. Berkurangnya gairah seks dikarenakan tidak seimbangnya hormon.
  • Mengalami susah tidur atau insomnia
  • Mengalami hot flashes. Hot flashes yaitu kondisi dimana terjadi rasa panas yang luar biasa pada seluruh tubuh dengan ditandai keluarnya keringat dan wajah yang memerah. Hal ini dikarenakan oleh turunnya kadar estrogen.
  • Berat badan menjadi bertambah. Perubahan hormone menyebabkan berat badan meningkat. Lemak lebih lama dipertahankan tubuh dikarenakan adanya penurunan kadar estriogen.
  • Mood yang mudah berubah.
  • Mengalami kelelahan dan mudah lelah.

Itulah beberapa gejala dan ciri-ciri menopause. Banyak-banyaklah membaca referensi tentang menopause agar anda tidak cemas ketika mengalami gejala-gejala menopause. Dengan mengetahui gejalanya maka seorang wanita akan lebih siap dan tenang ketika gejala tersebut datang. Bagi sebagian wanita mungkin akan khawatir ketika belum mengetahui gejala-gejala menopause di atas.

Mungkin anda akan menyangka menopause seperti penyakit dan takut jika masa subur anda sudah berakhir. Namun, alangkah baiknya kalau anda juga mau berkonsultasi atau memeriksakan diri ke dokter ketika gejala menopause di atas menyerang anda. Jangan pernah terburu-buru menggunakan obat-obatan yang tidak jelas asal-usulnya untuk mengobati suatu penyakit apalagi jika itu gejala menopause. Konsultasi kepada ahlinya akan lebih membantu anda dan lebih aman.