Obat Batuk Alami Untuk Ibu Hamil

Obat batuk alami untuk ibu hamil – Mengobati batuk pada saat hamil memang tidak boleh sembarangan. Mengingat ibu hamil telah mengandung seorang bayi atau janin yang tentunya harus dijaga dengan baik. Permasalahannya adalah ketika sang ibu hamil mengalami sakit semisal batuk. Obat batuk apa yang lantas cocok untuk ibu hamil yang aman juga untuk janin atau bayi yang dikandungnya. Karena tidak sembarang obat yang bisa dikonsumsi mengingat janin atau bayi yang dikandung juga bisa menjadi imbasnya jika sembarangan mengkonsumsi obat-obatan.

obat batuk alami untuk ibu hamil

Obat Batuk Alami Untuk Ibu Hamil Yang Aman

Memilih obat atau bahan alami untuk menyembuhkan batuk merupakan pilihan yang tepat. Selain harga yang terjangkau dan mudah didapatkan, obat batuk alami tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi ibu dan perkembangan janin. Berikut ini beberapa obat batuk alami untuk ibu hamil yang aman untuk dikonsumsi, antara lain :

1. Mengkonsumsi Sup
Mengkonsumsi sup sangat baik bagi ibu hamil, selain memberikan asupan cairan ke dalam tubuh, sup juga bisa digunakan sebagai pereda flu dan batuk karena memberikan kehangatan pada tubuh sang ibu.

2. Banyak Minum Air Putih
Salah satu hal yang wajib dilakukan pada saat ibu sedang hamil adalah konsumsi air putih yang banyak, karena pada saat hamil cairan dalam tubuh bukan hanya diserap oleh ibu melainkan oleh bayi yang ada dalam kandungan. Pada saat batuk, anda bisa mengkonsumsi air hangat untuk memberikan rasa nyaman pada tenggorokan dan meringankan hidung yang tersumbat.

3. Jeruk Nipis dan Kecap
Menggunakan perasan jeruk nipis untuk mengobati batuk merupakan cara alami yang banyak dilakukan seseorang baik meskipun tidak hamil. Caranya pun cukup mudah. Ambil sendok makan lalu peras jeruk nipis kedalamnya dan tambahkan sedikit kecap. Aduk lalu minum. Anda juga bisa mencampur dengan sedikit madu untuk menambah khasiat obat batuk alami ini. Membuat jus jeruk nipis dicampur air hangat dapat juga dijadikan alternatif.

4. Uap
Anda tidak perlu pergi ke klinik atau membeli alat penguapan untuk melakukan hal ini. Caranya: rebus air secukupnya lalu tambahkan minyak kayu putih secukupnya ke dalam air tersebut. Kemudian dekatkan dan hirup uap yang keluar dari air tersebut, tutupi kepala anda dengan handuk agar uap bisa terserap dan tidak meluap kemana-mana. Hal ini akan menimbulkan rasa hangat pada hidung dan tenggorokan anda. Cara mengobati batuk dengan cara uap ini juga bisa anda praktekkan pada bayi anda kelak.

5. Tambahkan Bantal Saat Tidur
Untuk meringkan batuk yang disertai dengan flu berat dan hidung tersumbat anda perlu menambah bantal saat anda tidur. Caranya tumpuk 2 bantal dibawah kepala anda sehingga posisi tidur kepala anda jauh lebih tinggi daripada tubuh. Hal ini dilakukan untuk meringankan pernafasan dan mengatasi hidung tersumbat.

Ada banyak lagi obat batuk alami untuk ibu hamil seperti menggunakan daun sirih, air hangat dicampur dengan garam atau madu dan cara yang lainnya. Pastikan semua bahan yang anda siapkan tersebut bersih dan higienis untuk mencegah munculnya bakteri.

Alternatif Obat Batuk Untuk Ibu Hamil

Bagi anda ibu hamil yang sedang mengalami batuk, maka jika ingin membeli obat batuk harus memperhatikan label indikasinya dan cara penggunaannya terlebih dahulu. Beberapa hal yang harus anda diperhatikan antara lain:

  • Obat pereda nyeri atau yang biasa disebut dengan analgesic. Obat ini seperti halnya paracetamol tidak menimbulkan resiko kecacatan bagi sang janin. Namun ada obat pereda nyeri yang harus dihindari seperti ibuprofen, asam asetil salisilat dan obat dari golongan non steroid yang tidak dianjurkan bagi ibu hamil yang telah menginjak usia kehamilan enam bulan ke atas. Karena beresiko memicu kelahiran premature serta ada keterlambatan penutup katub jantung pada janin dalam kandungan.
  • Obat pereda batuk dextromethorphan. Obat dari jenis ini tidak menyebabkan gangguan atau kecacatan pada janin.
  • Obat flu dekongesten pseudoephedrine. Mengkonsumsi jenis obat ini juga tidak menimbulkan kecacatan pada janin.
  • Obat batuk pengencer dahak atau yang lebih dikenal dengan ekspektoran. Obat jenis ini biasanya mengandung guafenesin yang berdasarkan penelitian tidak ditemukan laporan adanya peningkatan resiko kecacatan pada janin bila dikonsumsi ibu hamil.

Sebelum anda menggunakan obat batuk untuk ibu hamil diatas, akan lebih baik anda memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

Sebelum menggunakan obat-obatan kimiawi, pilih obat batuk alami untuk ibu hamil terlebih dahulu seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Jangan mengkonsumsi obat batuk pada ibu hamil jika usia kehamilan anda masih di bawah tiga bulan, kecuali jika sebelumnya anda telah berkomunikasi dan konsultasi dengan dokter. Pastikanlah obat yang akan anda minum tidak mengandung zat-zat yang berbahaya untuk janin, jika anda bingung dan khawatir sebaiknya memeriksakan ke dokter agar dokter menyarankan untuk anda mana obat yang cocok.

3 Comments

  1. ABDUL ROHMAN Reply
  2. doni gunawan Reply
  3. dina Reply

Leave a Reply