Obat Sakit Kepala Untuk Ibu Hamil

Obat sakit kepala untuk ibu hamil – Sakit kepala memang penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Tanpa pandang bulu bahkan menyerang ibu hamil sekali pun. Walau demikian bagi ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi obat-obatan penghilang sakit kepala mengingat ibu hamil mengandung janin yang harus benar-benar dijaga. Tidak semua obat yang bisa meredakan sakit kepala bagi ibu hamil cocok untuk dikonsumsi. Sakit kepala bisa disebabkan oleh beberapa faktor penyebab. Bisa karena adanya perubahan hormon terutama pada ibu hamil, bisa juga karena adanya stress, tekanan batin atau bahkan depresi. Memang sakit kepala bisa mengganggu aktivitas seseorang terutama ibu hamil harus senantiasa dalam kondisi yang fit. Apalagi ketika akan melahirkan maka harus benar-benar fit.

obat sakit kepala untuk ibu hamil

Obat Sakit Kepala Untuk Ibu Hamil

Perlunya menjaga kesehatan saat hamil hingga proses melahirkan sangat dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Ketika seorang ibu hamil menderita sakit kepala maka untuk mengobatinya perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut agar obat yang dikonsumsi tidak menimbulkan resiko terlebih bagi si janin. Berikut ini adalah obat sakit kepala untuk ibu hamil baik dengan obat-obatan maupun dengan bahan alami:

  1. Jika harus menggunakan obat-obatan maka gunakanlah obat yang aman. Beberapa obat yang tidak diperbolehkan antara lain yang mengandung kodein, aspirin dan ibuprofen. Kodein bisa mengakibatkan resiko cacat dan kelainan janin. Aspirin dapat mengganggu proses perkembangan hati janin. Sedangkan ibuprofen bisa menyebabkan gangguan pada proses pembentukan hati janin. Sedangkan jenis obat yang masih diperbolehkan adalah seperti parasetamol. Namun demikian akan lebih baik jika menggunakan obat, anda untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar lebih aman.
  2. Anda juga bisa menggunakan obat dari bahan-bahan herbal alami seperti menggunakan garam, gula putih dan juga perasan jeruk nipis. Caranya adalah campurkan bahan-bahan dari garam, gula putih, dan juga sedikit air jeruk nipis dengan menggunakan air teh panas. Setelah agak dingin, kemudian minumlah.
  3. Selain itu beberapa terapi mandiri seperti istirahat dan makan yang cukup juga bisa mengurangi rasa sakit di kepala. Untuk pencegahan anda bisa meluangkan sedikit waktu untuk berjalan-jalan kaki agar sirkulasi darah ke otak bisa lancar sehingga resiko terkena sakit kepala pun bisa dikurangi.

Demikian obat yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit kepala pada ibu hamil. Berkonsultasi ke yang ahli seperti dokter sangatlah diperlukan manakala sakit kepala pada ibu hamil tak juga kunjung reda.