Penyakit Asma Bronchial: Pengertian, Penyebab dan Gejalanya

Penyakit asma bronchial adalah salah satu dari diantara sekian banyaknya macam penyakit yang pernah ada. Asma sendiri adalah gangguan pernafasan dimana seseorang mengalami kesulitan dalam bernafas. Penyakit asma sendiri adalah penyakit yang jangan sampai seseorang itu menyepelekannya. Karena asma yang dibiarkan terus berlarut tentu akan sangat berbahaya dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu penyakit asma yang dikenal adalah penyakit asma bronchial.

asma bronchial  1

Apa sebenarnya penyakit asma bronchial? Seberapa pentingkah kita mengetahui jenis penyakit ini? Jawabannya tentu sangat penting. Dengan mengetahuinya anda akan bisa lebih preventif lagi jika penyakit ini anda alami. Penyakit asma bronchial adalah suatu penyakit asma yang mengganggu saluran bronkial yang memiliki ciri bronkospasme periodik dikenal dengan kontraksi spasme di saluran nafas. Orang awam biasa menyebutnya dengan penyakit mengi.

asma bronchial 2

Penyakit asma bronchial disebabkan oleh banyak faktor. Jika diringkas ada dua sebab umum yaitu sebab intrinsik dan ekstrinsik, yakni ;

Penyebab intrinsik
Penyebab intrinsik biasanya adalah penyebab yang disebabkan oleh faktor dalam diri seseorang. Hal itu bisa terjadi karena penyakit seperti flu, adanya aktivitas fisik yang berat, atau karena faktor emosi. Penyakit asma yang disebabkan oleh faktor instrinsik biasanya membutuhkan waktu lama untuk sembuh. Biasanya terjadi pada orang yang berumur lebih dari 40 tahun. Jika dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan penyakit bronchitis kronik.

Penyebab ekstrinsik
Penyebab yang kedua adalah karena adanya faktor ekstrinsik atau faktor luar. Biasanya disebabkan karena debu, serbuk sari, bulu atau hal lain yang memicu timbulnya asma. Jenis penyakit asma karena faktor ekstrinsik ini biasanya akan sembuh sendiri seiring bertambahnya usia.

Gejalanya seperti apa bagi orang yang terkena asma bronchial? Berikut beberapa gejala yang musti diwaspadai:

  • Mengalami sesak nafas yang disertai dengan bunyi atau mengi.
  • Sesak di dada akibat nafas yang sesak.
  • Batuk-batuk kering yang kemudian berlanjut dengan batuk berdahak yang biasanya terjadi di malam hari.

Cara menanggulangi ketika anda merasakan gejala asma bronchial di atas adalah memulai hidup sehat dan memeriksakan diri ke dokter. Carilah posisi yang bisa melegakkan nafas anda. Banyak beristirahat dan terutama menjauhi faktor yang bisa memicu asma tersebut kambuh, misalnya merokok. Hindari stress dan kendalikan emosi. Banyak makan makanan yang bergizi serta olahraga secara teratur.