Penyakit Flu Tulang: Penyebab, Gejala dan Obat Flu Tulang

Mengenal Penyakit Flu Tulang – Penyakit flu tulang ternyata memiliki nama lain yaitu penyakit chikungunya. Dikatakan flu tulang mungkin karena penyakit ini cenderung memberikan efek nyeri-nyeri pada tulang atau sendi. Bahkan ada juga ada yang menyebutnya dengan demam sendi. Rasa nyeri yang menyerang dalam penyakit flu tulang ini terkadang bisa bertahan dalam waktu yang lumayan lama dalam satu bulan bahkan bertahun-tahun.

penyakit flu tulang

 

Penyebab dari penyakit flu tulang adalah adanya virus yang yang dibawa dan ditularkan oleh nyamuk aedes aegepty. Nyamuk yang juga menularkan pembawa virus penyakit demam berdarah. Biasanya nyamuk tersebut menggigit di siang hari. Sedangkan puncak aktivitas nyamuk ini adalah di waktu pagi dan sore hari. Maka dari itu anda perlu waspada jika siang-siang hari ada nyamuk di sekitar anda.

Gejala Flu Tulang

Apabila virus yang telah menginfeksi dalam tubuh korban maka akan timbul beberapa gejala. Gejala-gejala penyakit flu tulang tersebut antara lain:

  • Demam yang mendadak tinggi yang disertai nyeri pada sendi
  • Sendi terasa kaku, terkadang memerah hingga membengkak
  • Nyeri otot
  • Sakit kepala
  • Perut terasa mual
  • Badan terasa kelelahan
  • Timbul ruam

Obat Flu Tulang

Pengobatan dari penyakit flu tulang sendiri adalah dengan cara simtomatik. Simtomatik yaitu mengatasi gejala yang muncul saja. Yaitu dengan cara beristirahat, memenuhi kebutuhan cairannya secara cukup, memberikan obat-obatan untuk meredakan sakit demamnya, memberikan obat untuk nyeri pada sendinya juga perlu. Si penderita harus dijauhkan dari gigitan nyamuk. Hal ini untuk memberikan proteksi juga pada orang lain yang tidak terkena penyakit. Karena apabila si penderita flu tulang digigit oleh nyamuk lain kemudian nyamuk lain tersebut menggigit orang lain yang sehat maka bisa tertular penyakit flu tulangnya.

Menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah munculnya bibit-bibit nyamuk juga sangat diperlukan. Menguras bak mandi secara teratur. Membersihkan tempat-tempat kotor adalah cara agar tidak memberi kesempatan nyamuk untuk bisa berkembang biak yang nantinya akan membawa virus yang merugikan. Menjaga tubuh dengan olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup untuk menjaga system imunitas atau kekebalan tubuh tetap terjaga sehingga tidak mudah terkena penyakit. Oh ya jangan lupa untuk berhenti merokok ya :)

6 Comments

  1. Agung EP
  2. m yudi
  3. desi
  4. Vito Andolini
  5. Hasna
  6. sunani zakiyah