Penyakit Leukimia: Gejala dan Penyebab Leukimia

Bahaya leukemia ketika seseorang telah menderita penyakit ini hendaknya jangan terburu-buru panik. Segera periksakan diri ke dokter. Ketika seseorang ternyata menderita penyakit leukimia ada beberapa hal yang harus diketahui agar jangan sampai salah dalam penanganan. Leukimia sendiri dalam kamus bahasa Yunani berasal dari dua kata yaitu leukos yang berarti putih dan aima yang berarti darah. Dalam dunia medis leukemia sering juga disebut dengan kanker darah.

Leukimia 1

Gejala Leukimia

Penyakit leukemia ditandai dengan gejala-gejala yaitu mimisan, terjadinya radang gusi, memar yang mudah dialami, bintik merah yang muncul pada tubuh, mengalami anemia, berat badan yang mulai menurun, kelelahan, detak jantung yang terasa cepat, sakit pada areal lambung, kulit terlihat pucat, lebih rentan terjadinya infeksi. Dengan mengenali gejala-gejala leukemia tersebut, anda yang mungkin mengalami gejala di atas bisa langsung berkomunikasi dan memeriksakan diri kepada dokter.

Penyebab Leukimia

Penyebab penyakit leukimia atau kanker darah belum diketahui sebabnya secara pasti. Namun dalam beberapa kasus ada beberapa faktor yang memicu terjadinya leukemia ini diantaranya:

  • Adanya radiasi: Ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa dalam suatu kasus penyakit leukemia sering menghinggapi para pegawai radiologi. Bahkan pada korban yang masih hidup dari terkena bom atom Hiroshima dan Nagasaki Jepang ditemukan adanya penderita leukemia.
  • Disebabkan virus: Beberapa virus seperti retrovirus, virus leukemia feline juga disinyalir menyebabkan penyakit leukemia pada seseorang.
  • Down syndrome: Down syndrome atau herediter dimana para penderitanya memiliki resiko untuk lebih besar terkena leukemia.
  • Zat kimia: Benzena, obat-obatan yang digunakan untuk kemoterapi, bahan kimia untuk insektisida juga disinyalir beberapa dapat menyebabkan leukemia.

Oleh karena itu para penderita penyakit leukemia harus mendapatkan perawatan yang serius. Karena penyakit ini bisa menyebabkan kematian pada seseorang. Bahkan dalam beberapa minggu saja jika tidak mendapat penanganan yang serius bisa berakibat fatal. Periksakan diri anda ke dokter. Dengan kesigapan dan ketenangan dalam menangani kasus leukemia diharapkan dapat ditangani dengan cara cepat dan tepat. Sehingga kemungkinan terjadinya resiko kematian pun akan semakin kecil.

Leave a Reply