Penyakit Pneumonia Pada Anak

Pneumonia merupakan penyakit yang menyebabkan terjadinya radang pada paru-paru yang disebabkan oleh adanya infeksi. Ada tiga sebab utama yang biasanya menimbulkan pneumonia yaitu adanya bakteri, serangan virus dan adanya fungi (jamur). Dimana penyakit pneumonia biasanya menyerang anak-anak yang berumur sekitar di bawah 2 tahun. Pneumonia bisa menjadi sangat serius bahkan bisa menyebabkan terjadinya kematian jika dibiarkan. Sehingga diperlukan adanya pengetahuan bagi orang tua untuk mengetahui apa saja gejala pneumonia terutama pada buah hati anda.

Gejala Pneumonia

Gejala dari penyakit pneumonia sangat beragam. Bisa saja ditandai dengan pernafasan yang cepat bahkan terjadi kegagalan dalam pernafasan, tekanan darah yang rendah atau biasa disebut dengan syok septic. Pneumonia yang terjadi bayi pada saat setelah lahir ditandai dengan gejala yang bertahap. Mungkin saja bayi mendadak merasakan sakit yang diikuti dengan penurunan dan kenaikan suhu tubuh. Umumnya pneumonia memiliki gejala seperti adanya demam, batuk, nafas menjadi sesak dan nadi menjadi lebih cepat.

Pneumonia

Jauhkan si kecil dari Pneumonia!

Apakah bayi yang mengalami pneumonia harus dirawat inap? Jawabannya adalah bisa iya dan bisa juga tidak tergantung dari kondisi penyakitnya. Jika memang pneumonia yang dialami bayi tergolong berat memang diharuskan adanya perawatan inap untuk mencegah terjadinya resiko yang lebih berbahaya. Pada saat rawat inap, pemberian oksigen dan antibiotik akan membantu proses penyembuhan pada sang bayi. Oksigen diberikan untuk membantu menyuplai oksigen yang kurang ke dalam paru-paru sang bayi. Juga dibantu dengan dipasangkan infus untuk pemberian cairan serta makanan. Untuk antibiotiknya sendiri diberikan dengan dosis yang sesuai dengan jenis bakteri. Apabila penyebab pneumonianya dikarenakan jamur maka dokter akan memberikan anti jamur.

Pencegahan secara dini dari penyakit pneumonia penting dilakukan. Bayi yang memiliki kondisi daya tahan tubuh yang kurang baik akan rentan terkena pneumonia. Lingkungan yang kuang bersih ditambah dengan nutrisi serta gizi yang buruk akan menambah kemungkinan terjangkitnya penyakit ini. Imunisasi juga perlu diberikan untuk lebih menjaga kondisi tubuh sang buah hati. Yang lebih penting adalah dengan pemberian ASI secara rutin kepada bayi. ASI sangat baik dan telah terbukti ampuh menurunkan resiko terjangkitnya pneumonia pada bayi.

Leave a Reply