10 Kebiasaan Penyebab Rambut Rontok, Kering, Kusam dan Rusak

Rambut adalah salah satu faktor pendukung kecantikan seseorang dan istilah rambuh adalah mahkota bagi para wanita tentunya sudah familiar di telinga kita. Banyak produk perawatan rambut yang dapat kita jumpai di sekitar kita dan oleh sebab itu industri produk perawatan rambut berkembang menjadi salah satu bisnis bernilai jutaan rupiah. Setiap orang baik pria maupun wanita tentunya ingin memiliki rambut yang sehat, kuat dan berkilau. Rambut yang sehat dan berkilau dapat mencerminkan kesehatan dan pribadi seseorang karena tentunya rambut hanya dapat tumbuh dengan nutrisi dan perawatan yang baik.

penyebab rambut rontok

gambar : studioredhair.com.au

Usaha menemukan cara merawat rambut yang baik telah berlangsung selama berabad-abad,. Beberapa orang memang beruntung terlahir dengan rambut yang indah namun tidak sedikit yang mengeluhkan masalah rambut terutama rambut kusam, rontok, kering dan sebagainya.

10 Kebiasaan yang Dapat Merusak Rambut

Faktor keturunan dan kondisi kesehatan seseorang tentunya memiliki kaitan dengan kesehatan rambut. Seseorang yang memiliki orang tua dengan rambut normal yang indah akan mewarisi sifat tersebut, di sisi lainnya pengobatan dan perawatan medis dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kesehatan rambut. Meskipun demikian, jika anda ingin memiliki rambut yang sehat dan cantik sebaiknya hindari 10 kebiasaan yang dapat merusak rambut berikut ini :

1. Stres

Stres atau tekanan batin ternyata tidak hanya mempengaruhi kondisi fisik dan mental seseorang tetapi juga dapat menyebabkan masalah pada rambut. Stres dapat menyebabkan rambut rontok karena stres memicu rambut memasuki fase telogen atau fase terlepasnya rambut dari kulit kepala. Biasanya kerontokan terjadi saat stres hingga tiga bulan lamanya namun rambut akan tumbuh kembali setelah enam hingga sembilan bulan.

stres

Sebuah studi di tahun 2003 yang diterbitkan oleh American Journal of pathology menyatakan bahwa folikel rambut adalah salah satu bagian yang terkena dampak stres. Saat mengalami stres, tubuh akan menghasilkan neurohormon, neuropeptida dan neurotransmitter yang secara signifikan mempengaruhi aktivitas folikel rambut.

Studi lainnya di tahun 2007 yang dipublikasikan dalam American Academy of Dermatology memastikan bahwa stres dapat menyebabkan masalah dermatologis seperti jerawat, kuku pecah-pecah dan kerontokan rambut.

Jika anda mengalami stres ada baiknya untuk menenangkan diri dengan melakukan meditasi, relaksasi, olahraga, latihan pernafasan dan cobalah untuk mengatasi masalah yang menyebabkan anda mengalami stres.

2. Kurangnya Nutrisi

Apa yang kita makan akan berpengaruh langsung pada pertumbuhan dan kesehatan rambut. Sebuah studi di tahun 2002 yang dipublikasikan dalam Clinical Experimental Dermatology menyebutkan bahwa terdapat beberapa zat gizi atau nutrisi seperti protein, zat besi dan zinc berpengaruh langsung terhadap pertumbuhan rambut.

Studi lain yang diterbitkan oleh Journal of Korean medical Science menemukan fakta bahwa zat besi memiliki peranan dalam mencegah kerontokan rambut terutama pada wanita yang akan mengalami menopouse. Nutrisi penting bagi kesehatan rambut, oleh karena itu untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau, konsumsilah makanan sehat yang kaya akan mineral seperti zinc dan tembaga dan sebaiknya hindari konsumsi junk food karena dapat menyebabkan masalah pada rambut.

3. Alat Penata Rambut

Dewasa ini, setiap wanita menginginkan rambut cantik yang tertata rapi dan pada akhirnya mereka memilih untuk menggunakan alat penata rambut seperti hair dryer, alat pelurus atau pengeriting rambut atau catok. Terlalu sering menggunakan alat-alat ini dapat merusak struktur rambut dan membuatnya menjadi kusam dan kering.

hair dryer

Sebuah studi di tahun 2011 yang dipublikasikan dalam The Annals of Dermatology melaporkan bahwa penggunaan hair dryer secara rutin dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya biarkan rambut mengering secara alami dan apabila harus menggunakan hair dryer sebaiknya atur hair dryer pada kecepatan dan panas rendah kemudian gerakan hair dryer naik turun dengan jarak 15 cm dari rambut. Sama halnya dengan pelurus atau pengeriting rambut, jika anda ingin menggunakannya sebaiknya atur intensitas panasnya serendah mungkin.

4. Produk Perawatan rambut Berbahan Kimia

Untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut, banyak diantara kita yang lebih mengandalkan produk perawatan rambut seperti shampo, kondisioner, vitamin, masker dan produk perawatan rambut lainnya yang berbahan dasar zat kimia. Zat-zat kimia yang terkandung dalam produk perawatan seperti Hidrogen Peroksida, Dihidrotestosteron, dan Sodium Hidroksida dapat menyebabkan masalah pada rambut seperti kerontokan dan infeksi pada kulit kepala.

Sebisa mungkin kurangi pemakaian produk perawatan rambut berbahan dasar zat kimia dan gunakan produk perawatan rambut herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami. Anda juga bisa bereksperimen dengan berbagai resep perawatan rambut dengan bahan alami yang dapat anda temukan di sekitar anda.

5. Berenang di Air yang Mengandung Klorin

Berenang adalah salah satu aktifitas olahraga yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh namun berenang di kolam yang mengandung klorin ternyata dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Ada lebih dari 100 produk kimia yang berbahan dasar klorin dan digunakan sebagai disinfektan pada kolam renang. Klorin yang larut dalam air dapat mengikis minyak alami rambut dan membuatnya menjadi kering, kusam dan rapuh.

berenang

Sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 2000 dalam Journal of Dermatology menyebutkan bahwa 61 dari total 67 perenang profesional mengalami perubahan warna rambut dibandingkan dengan 54 orang yang bukan perenang.

Jika anda sangat suka berenang, sebaiknya kurangi intensitas berenang anda pada kolam berklorin atau gunakan tutup kepala saat berenang. Segera keramas dan bersihkan rambut jika anda sudah selesai berenang dan jangan biarkan rambut yang terpapar air klorin mengering.

6. Menyasak Rambut

Jangan heran jika rambut anda rusak karena terlalu sering menyasaknya. Menyasak rambut memang bisa membuat rambut terlihat lebih bervolume namun hal ini dapat menyebabkan rambut rapuh dan bercabang. Menyasak rambut dapat merusak protein dan serat penyusun kutikula rambut sama halnya dengan menyisir rambut terlalu keras. Hindari menyasak rambut sebisa mungkin dan jika perlu gunakan sisir dengan gigi halus dan sisirlah rambut secara perlahan.

7. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Wanita terlihat cantik dengan ikatan rambut poni, sanggul dan kepang namun tahukah anda bahwa kebiasaan menata rambut dengan mengikatnya kencang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Sebuah studi di tahun 2016 yang dipublikasikan dalam Journal of the American Academy of Dermatology membuktikan bahwa mengikat rambut dengan kencang dapat menyebabkan kerontokan rambut dan alopecia atau sebuah kondisi dimana folikel rambut tidak dapat tumbuh dengan normal. Biarkan rambut anda terurai dan jangan terlalu sering mengikatnya untuk menghindari kerusakan pada rambut.

8. Menyisir Rambut Saat Basah

Kebiasaan menyisir rambut yang basah setelah keramas ternyata dapat menyebabkan kerusakan rambut karena dalam kondisi basah, rambut lebih rapuh dan lebih mudah rontok. Sebaiknya sisirlah rambut sebelum keramas jika tidak ingin rambut anda kusut dan keringkan dengan handuk kering perlahan-lahan. Anda dapat menyisir rambut setelah rambut setengah kering karena dalam kondisi ini rambut lebih mudah untuk ditata. Jangan pernah berbaring dengan rambut basah dan menempel pada bantal karena hal ini bisa menyebabkan rambut kusut dan kaku, jika terpaksa maka gunakan bantal berbahan satin saat berbaring.

9. Keramas Secara Berlebihan

Terlalu sering atau terlalu lama mencuci rambut atau berkeramas dapat mengikis kelembaban alami rambut dan membuatnya mudah patah. Pastikan anda hanya mencuci rambut atau berkeramas tiga kali dalam seminggu atau dua hari sekali jika kulit kepala mudah berkeringat dan berminyak. Gunakan shampo dan produk perawatan rambut yang sesuai dengan jenis dan tekstur rambut anda. Setelah berkeramas, usap rambut perlahan dengan menggunakan handuk dan jangan menggosokkannya pada rambut terlalu keras.

Keramas

10. Mandi Air Panas

Mandi dengan air panas memang bisa membuat tubuh bersih, rileks dan santai namun terlalu sering mandi dan menyiram kepala dengan air panas dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Air panas dapat mengikis minyak alami atau serum pada rambut dan membuatnya kering dan mudah patah. Untuk menghindari kerusakan pada rambut sebaiknya gunakan air hangat dan mandilah selama 10 hingga 15 menit. Anda dapat mandi dengan air hangat dua hingga kali dalam seminggu dan setelah keramas ingatlah untuk mengeringkan rambut anda dengan handuk yang bertekstur lembut dan mengusapnya pelan pada kulit kepala dan rambut.

Sepuluh hal tersebut sebaiknya anda hindari sebisa mungkin jika anda menginginkan rambut sehat dan berkilau. Aturlah pola makan dan jadwal keramas anda sebaik mungkin karena hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan dan keindahan rambut.