Senam Kegel: Manfaat dan Cara Sederhana Senam Kegel

Senam Kegel? Apaan tuh? Mungkin nama senam kegel masih sangat asing didengar di telinga kita. Namun ternyata saat ini senam kegel mulai banyak diminati.

Manfaat Senam Kegel

Alasannya senam ini memiliki banyak manfaat baik bagi pria maupun wanita. Senam kegel merupakan senam yang diperuntukkan untuk memperkuat otot panggul. Senam kegel pertama kali dicetuskan oleh dr. Arnold Kegel pada tahun 1945. Pada awalnya senam ini diperuntukkan bagi wanita yang susah untuk menahan air kencing. Namun seiring berjalannya waktu senam kegel bermanfaat untuk kesehatan seksual seseorang.

Senam Kegel

Manfaat senam kegel lainnya yakni untuk melatih otot PC atau Pubococcygeus. Senam kegel saat ini ditujukan untuk memperkuat dalam kualitas hubungan intim seseorang. Bagi pria, senam kegel dapat bermanfaat untuk mengontrol terjadinya gangguan ejakulasi dini. Bila sudah sangat ahli manfaat yang bisa dirasakan konon bagi pria adalah dapat merasakan klimaks yang berulang-ulang. Sedangkan bagi wanita, senam kegel akan berfungsi menguatkan otot panggul dan sekitar kelamin. Yang dapat membantu wanita untuk lebih peka terhadap rangsangan. Terlebih lagi jika setelah melahirkan, senam kegel bermanfaat untuk mengencangkan kembali organ intim wanita ke bentuk semula.

Cara Senam Kegel

Bagaimana cara senam kegel? Senam ini bisa anda lakukan dimana pun dan kapan pun anda berada. Bisa anda lakukan dengan cara duduk, berdiri atau bahkan berbaring. Caranya adalah seperti hal nya ketika anda sedang menahan air kecil atau menahan buang angin. Caranya anda coba rapatkan organ intim dan tahan selama lima detik kemudian lepaskan sambil membuang nafas. Lakukan secara berulang-ulang. Jika telah terbiasa maka tambahlah waktu ketika menahannya misal menjadi 10 detik waktu untuk menahan. Semakin rutin melakukan senam kegel ini, maka akan semakin cepat anda merasakan manfaatnya.

Rutinkan senam kegel ini dalam keseharian anda. Ajak juga pasangan anda untuk melakukannya demi keharmonisan hubungan intim anda berdua. Dengan berlatih bersama tentu suasana akan lebih menyenangkan. Anda bisa melakukan senam kegel ini kapan pun anda mau. Lebih bagus jika anda menjadwalkan waktu-waktu tertentu untuk melakukan latihan senam kegel ini.

Bagi anda yang tertarik dengan senam ini, silahkan tonton video senam kegel berikut ini :

5 Comments

  1. Riz kymuh
  2. abdul chamid
  3. siti mutmainah
  4. edi
  5. Irfan Prasetyo