Tahapan Perkembangan Janin Dari Minggu ke Minggu

Tahap Perkembangan Janin. Anda pasti akan menghabiskan beberapa bulan ke depan dengan perut buncit dan menikmati bagaimana janin anda tumbuh dan berkembang. Anda akan bertanya, apa jenis kelaminnya? Seberapa besar dia? dan bagaimana merasakan tendangan bayi dalam perut anda. Selamat! hamil adalah sebuah fase yang indah bagi banyak wanita, karena perasaan bahagia dan berdebar-debar menunggu kelahiran bayi anda.

Janin yang telah ada dalam rahim seorang ibu mengalami proses pertumbuhan setiap detiknya. Dari hari ke hari, minggu ke minggu, bulan ke bulan berikutnya. Hingga janin tersebut telah benar-benar siap untuk dilahirkan ke dunia. Menjadi seorang bayi mungil yang lucu dan menggemaskan semua orang yang melihatnya. Semua orang akan menjadi senang dan bahagia ketika sang buah hati tersebut terlahir dengan sehat dan tanpa adanya gangguan apa pun. Pentingkah mengetahui perkembangan janin dalam kandungan sang ibu? Jawabannya penting karena untuk mengetahui kondisi dari janin itu sendiri apakah tumbuh normal atau tidak.


DOWNLOAD LENGKAP “Tahap Perkembangan Janin”


Perkembangan Janin

Tumbuh kembangnya si janin telah dimulai sejak terjadi konsepsi. Masa kehamilan dari seorang wanita yaitu sekitar 280 hari atau sekitar 10 bulan. Hasil konsepsi sendiri meliputi dari tiga tahapan. Tahapan tersebut yaitu:

  • Tahap pertama: Pada tahap ini ovum atau telur berumur 0 hingga 2 minggu yang hasil dari konsepsi belum menunjukkan bentuk pertumbuhan.
  • Tahap kedua: Tahap ini disebut dengan embrio yang mana berumur 3 hingga 5 minggu. Pada tahap ini sudah berbentuk rancangan alat-alat tubuh.
  • Tahap ketiga: Pada tahap ini mulai terbentuklah janin. Yaitu pada usia sekitar 5 minggu dan sudah berbentuk manusia.

Perkembangan Janin 1

Selanjutnya janin akan mengalami proses perkembangan. Dari bulan pertama hingga bulan Sembilan atau sepuluh sampai melahirkan. Untuk mengetahui perkembangan janin secara jelas, anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter atau bidan yang menangani selama anda mengalami masa kehamilan. Rutinlah untuk melakukan cek ke dokter untuk mengetahui perkembagan buah hati dalam rahim anda. Dengan mengetahui hal tersebut, dokter akan bisa mengetahui setiap perkembangan janin dalam tubuh anda apakah normal ataukah tidak. Sehingga dokter bisa mengambil tindakan yang tepat ketika masa melahirkan nanti segera tiba.

20 week scan

Jagalah selalu kandungan anda selama menjalani masa kehamilan. Konsumsi makanan sehat dan istirahat yang cukup. Serta menjaga kondisi emosional agar tetap tenang dan nyaman. Jalin komunikasi yang baik dengan pasangan anda agar pasangan anda mengerti dan memahami setiap detik dari kondisi anda.

One Response

  1. Andi Reply

Leave a Reply