Cara Cepat Berhenti Merokok Dalam Satu Minggu

Cara berhenti merokok bagi para pecandu rokok terkadang adalah suatu hal yang sangat mustahil. Pasalnya, banyak para perokok yang bilang bahwa merokok adalah suatu kebiasaan bahkan adalah suatu kebutuhan. Ibarat orang makan nasi, maka merokok pun juga sama halnya dengan menyantap nasi yang dimakan sehari-hari. Lebih parahnya lagi adalah ketika seseorang yang sudah menjadi pecandu rokok hingga orang tersebut mengatakan bahwa jika disuruh memilih antara makan nasi atau rokok, orang tersebut lebih memilih rokok daripada nasi. Ini berarti rokok sudah mengakar dan menancap menjadi candu di dalam tubuh seseorang.

Cara berhenti merokok

Banyak para perokok yang pesimis kalau dirinya tidak akan pernah berhasil berhenti merokok walaupun sebenarnya ada cara cepat berhenti merokok. Oleh karena itu mindset seseorang yang mengatakan bahwa menghentikan kebiasaan merokok itu sulit perlu untuk segera dihilangkan. Bagaimana cara dan tips bagi anda yang sudah sangat ingin sekali menghentikan kebiasaan rokok anda selama ini?

Cara Berhenti Merokok Dalam 7 Hari

1. Hari pertama: Bulatkan Niat Anda

Di hari pertama anda perlu membulatkan tekad dan niat anda. Untuk tujuan apa anda berhenti merokok? Untuk siapa? Untuk diri sendiri, keluarga dan orang-orang yang mencintai anda. Awali niat dan tekad anda dengan berdoa kepada Allah yang maha pembolak-balik hati. Pada hari pertama ini anda harus menemukan alasan yang kuat kenapa berhenti merokok. Beberapa alasan antara lain:

  • Untuk kesehatanmu! sudahlah tidak perlu banyak bukti dan perdebatan. Ada ribuan fakta bahwa rokok akan segera membunuh anda. Semakin cepat anda berhenti merokok dan hidup sehat, maka semakin cepat organ tubuh anda yang rusak akibat rokok akan sedikit demi sedikit pulih.
  • Menghemat uang anda. Bulatkan tekad anda bahwa tidak ada gunanya membeli mahal-mahal hanya untuk kepulan asap. Kalau hanya ingin kepulan asap, bakar saja kertas atau barang di rumah anda lalu sedot asapnya, sama bukan? tidak sama donk, khan tembakau rokok wangi dan nikmat?!  Ah itu alasan anda saja, coba ingat-ingat pertama kali anda merokok! batuk-batuk bukan? terasa pahit? nah apa bedanya dengan hirup asap kertas yang dibakar tadi, toh lama kelamaan juga enak. Persepsi merokok itu nikmat karena kita melakukannya secara terus menerus dan menjadi kebiasaan. So, lebih baik uang anda gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat.
  • Anda bisa melihat orang di sekeliling anda, ibu, anak, istri atau pacar anda. Apakah anda tidak kasihan jika tiap hari harus menghirup asap rokok anda? bacalah berbagai fakta bahwa perokok pasif jauh lebih berat resikonya. Ah khan merokoknya agak jauhan dari mereka, jadi aman. Hellooo… pernah denger anak meninggal gara-gara Pneumonia? yup penyakit itu muncul gara-gara racun asap rokok yang menempel di baju sang ayah, padahal tidak pernah sekalipun merokok di dekat anaknya.

2. Hari kedua: Rubah Mindset Anda

Mindset ini perlu untuk diubah. Banyak yang bilang bahwa berhenti merokok itu sulit. Coba bayangkan ketika anda makan nasi. Tiba-tiba nasi tersebut kejatuhan kotoran cicak dari atap rumah anda. Apa yang akan anda lakukan? Memakan kotorannya?? Iih tidak mungkin. Tentunya anda akan serta merta dan spontan menghentikan makan anda dan bahkan anda akan berhenti makan seketika itu juga. Padahal mungkin sebelumnya anda sangat lapar tapi karena ada kotoran cicak, seketika itu juga perut anda malah jadi kenyang dan tidak nafsu makan. Inilah mindset. Tanamkan dalam pikiran anda bahwa anda pasti bisa menghentikan rokok. Lihat orang-orang di sekitar anda yang mereka tidak pernah merokok. Apakah mereka mati kalau tidak merokok? Jawabannya adalah tidak. So, tanamkan segera ke dalam pikiran anda bahwa anda bisa berhenti merokok. Carilah informasi-informasi seputar bahaya merokok. Bahwa merokok dapat menyebabkan penyakit asma, kanker paru-paru dan yang lain efek negatif yang tentunya merugikan tubuh anda.

3. Hari ketiga: Tanamkan Rasa Malu

Tanamkan rasa malu pada diri anda. Caranya adalah ketika anda akan merokok carilah tempat yang sepi yang tidak ada seorang pun yang melihat anda merokok. Jika ada orang lain yang lewat di depan anda segera sembunyikan dan matikan rokok anda. Ulangi cara ini setiap kali bertemu orang. Setiap anda merokok anda hanya boleh melakukannya di tempat sepi dan tidak ada seorang pun. Jika ada orang yang melewati atau melihat anda, segera matikan rokok tersebut dan sembunyikan. Lama-kelamaan anda akan terbiasa dan anda akan malu yang pada akhirnya anda akan meninggalkan rokok anda dimana pun anda berada.

4. Hari keempat: Jauhi Teman Yang Merokok

Teman adalah pengaruh eksternal. Ibarat pepatah mengatakan jika seorang berteman dengan tukang pandai besi dia akan mendapat aroma besi di tubuhnya tapi jika seorang berteman dengan penjual minyak wangi, dia akan mendapat aroma wangi juga. Begitulah pepatah mengatakan. Mulai hari keempat jauhilah teman-teman anda yang suka merokok. Batasi hubungan anda dengan mereka. Mulailah mencari teman-teman yang baik yang tidak merokok.

5. Hari kelima: Buang Semua Rokok

Di hari kelima ini anda harus membuang semua rokok anda. Anda paksa untuk tidak merokok lagi. Stress?? Bisa jadi. Tapi ingatlah tekad dan niat anda. Untuk apa anda merokok? Yaitu untuk agama anda, untuk diri anda sendiri dan untuk keluarga anda serta orang-orang yang anda cintai. Jika anda sakit karena rokok tentu anda dan keluarga akan sama-sama susah. Bayangkan jika anda terkena kanker paru-paru akibat terlalu banyak merokok. Siapa yang susah dan menderita? Anda dan keluarga anda sendiri.

6. Hari keenam: Hisaplah Permen

Mungkin di hari kelima anda mengalami yang namanya stress karena belum terbiasa untuk tidak merokok. Cara mengatasinya adalah dengan menghisap permen. Beberapa orang yang telah berhasil berhenti merokok melakukan cara ini dan terbukti berhasil. Menghisap permen sebagai bentuk pengalihan pikiran anda terhadap rokok itu sendiri.

7. Hari ketujuh: PERTAHANKAN !

Pertahankan usaha anda dari hari pertama hingga hari keenam. Banyak-banyaklah berdoa dan minta dukungan orang-orang terdekat anda terutama keluarga, istri, anak bahwa anda benar-benar akan berhenti merokok selamanya. Tentunya mereka juga akan senang karena melihat perubahan baik pada diri anda sendiri. Lihatlah dalam beberapa hari ke depan, tubuh anda semakin sehat, pikiran anda semakin fresh dan produktivitas anda akan meningkat tajam.

Itulah beberapa cara berhenti merokok dalam waktu seminggu. Lakukan tips di atas. Bertindaklah segera dan jangan ditunda-tunda lagi, sebelum semuanya terlambat. Orang-orang di sekitar anda menantikan perubahan besar dalam diri anda sendiri, oke demikian tips berhenti merokok, cobalah mulai sekarang.

138 Comments

  1. Heppy Reply
  2. yayan dunyana Reply
  3. Pulyx study rap mrc Reply
  4. Rizky Reply
  5. Jikun Reply
  6. rohman Reply
  7. mugie pangestu Reply
  8. Basri Reply
  9. Raynald Gusti Reply
  10. Denda Dewi Yuliana Reply
    • elvia fatri
  11. Ahmad Rifa'i Reply
  12. ibu lina Reply
  13. iqbal Reply
  14. iskandar Reply
  15. wanieyhamdan Reply
  16. Johan Reply
  17. Taufiq rahman Reply
  18. Ade Reply
  19. fat Reply
  20. I NENGAH ARDIKA Reply
  21. Sofyan Reply
  22. muhammad aghni Reply
  23. hafif Reply
  24. hafif Reply
  25. wahyudi Reply
  26. Okky Reply
  27. ibrahim Reply
  28. Atif Reply
  29. vie Reply
  30. Ferdy Reply
  31. hathacy Reply
  32. abdul hamid Reply
  33. Rusman Reply
  34. M.firmansyah Reply
  35. pian Reply
  36. dian Reply
  37. sakip Reply
  38. mawardi pidie jaya tijien daboh Reply
  39. Margo Reply
  40. agus eko Reply
  41. Zaee Reply
  42. Nino Reply
  43. momon Reply
  44. Tio Reply
  45. irpan ansori Reply
  46. rahma syaputra Reply
  47. supardi Reply
    • azri
  48. jeffry a.g Reply
  49. galang Reply
  50. MrBilly Reply
  51. tere Reply
  52. agus supriyanto Reply
  53. abdul rahman Reply
  54. Bestman Januari P Reply
  55. agus Reply
  56. anom Reply
  57. Novandi Reply
  58. Hasby Reply
  59. rionaldi.s Reply
  60. Amir Reply
  61. andri Reply
  62. ibang Reply
  63. Bugar punagi Reply
  64. [email protected] Reply
  65. Raja Reply
  66. Rahmat Ramlan Reply
  67. Aidil Adha Nst Reply
  68. abe Reply
  69. arman Reply
  70. nyumixz_doy Reply
  71. elan Reply
    • luki
  72. dedi prambadi Reply
  73. fauzi Reply
  74. ayu Reply
  75. Fendy Reply
  76. uciha itachi Reply
  77. nazar Reply
  78. ANONYMOUS Reply
  79. ajat Reply
  80. amirloga Reply
  81. owlknight Reply
  82. ajemb Reply
  83. Henrik pana ledy Reply
  84. raihan budiman Reply
  85. agus arifin Reply
  86. ayahe arka Reply
  87. fitriyadi Reply
  88. yo2k Reply
  89. Dzaka Reply
  90. RizalDirga Anak Jepot Reply
  91. ajid sutisna Reply
  92. aura asih Reply
  93. supian Reply
  94. hendra wae Reply
  95. adam Reply
  96. Arivista Reply
  97. aini Reply
  98. adam abas Reply
  99. yanto Reply
  100. firman Reply
  101. wahyu Reply
  102. nikho Reply
  103. maulid suratman Reply
  104. adit Reply
  105. Setyawanto Reply
  106. erdy Reply
  107. ferdy Reply
    • AZAl
  108. Shobahul hoiri Reply
    • Razie
  109. Suito Reply
  110. yusufhe Reply
  111. azka Reply
  112. wahyu Reply
  113. Arief Reply
  114. Yan Ancol Ancol Reply
  115. biyon Reply
  116. fahmi Reply
  117. ipong Reply
  118. riki al varezi Reply
  119. msanrba Reply
  120. imam oT Reply
  121. Frando Reply
  122. agung pranata Reply
  123. sugeng hariyadi Reply
  124. cipto Reply
  125. Ali Cahyono Reply
  126. jumran Reply
  127. abel Reply
    • Danu
  128. Reza Masda Reply
  129. hasbulah Reply
  130. ricky Reply
    • Arman Dzulkarnain

Leave a Reply