Cara Menebalkan Bulu Mata Secara Alami, Mudah dan Aman

Cara Menebalkan Bulu Mata – Bagi sebagian orang, khususnya perempuan, bulu mata adalah bagian dari kecantikan dan kepercayaan diri. Sehingga ‘memodifikasi’ nya agar tampak lebih menarik merupakan keharusan. Salah satunya menebalkan bulu mata. Banyak cara yang digunakan untuk mempertebal bulu mata sehingga terlihat lentik dan menarik, seperti dengan memberi maskara hingga bulu mata palsu. Cara tersebut sangat mudah diterapkan dan hanya dalam waktu singkat sudah dapat terlihat hasilnya. Namun cara singkat tersebut ternyata membawa dampak yang kurang baik, misalnya mata bisa timbul iritasi serta bulu mata rontok. Karena dampaknya yang kurang baik untuk melebatkan bulu mata, maka sebaiknya menggunakan cara-cara yang natural dan alami.

cara menebalkan bulu mata secara alami

Cara Menebalkan Bulu Mata

Berikut beberapa cara menebalkan bulu mata secara alami agar lebih indah dan lebat, yaitu antara lain (HATI-HATI untuk pemula yang belum terbiasa menggunakan maskara, anda harus ekstra hati-hati mengoleskan ke bulu mata) :

Menebalkan Bulu Mata Menggunakan Air Kelapa

Selain berfungsi sebagai anti racun, air kelapa juga dapat bermanfaat untuk mengganti ion yang hilang pada tubuh hingga dapat menebalkan bulu mata. Air kelapa ini ternyata mengandung vitamin E dan mineral yang alami yang bermanfaat memanjangkan serta menebalkan bulu mata. Walaupun memang tidak langsung terlihat hasilnya karena memang ini merupakan proses yang dilakukan secara alami. Selain itu manfaat lainnya yang dapat diperoleh adalah memanjangkan bulu rambut hingga menutrisi kulit kepala.

  • Cara penggunaannya cukup sediakan air kelapa khususnya yang masih muda dan diamkan semalaman, pada pagi harinya gunakan air kelapa tersebut untuk membasuh bagian bulu mata dan diamkan kurang lebih tiga puluh menit, kemudian bilas dengan air sampai bersih. Ulangi 2x sehari untuk hasil yang maksimal.
Menebalkan Bulu Mata Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah obat alami yang terkenal untuk menebalkan rambut, hal ini juga berlaku untuk bulu mata. Minyak zaitun kaya vitamin E dan asam oleat yang memelihara dan menambah volume bulu mata. Selain itu juga membuat bulu mata menjadi lebih hitam dan sehat.

  • Caranya: celupkan cotton bud pada minyak zaitun. Oleskan dengan hati-hati pada bulu mata anda, sebelum anda tidur. Biarkan selama semalam, kemudian cuci bersih dengan air hangat di pagi hari. Ulangi cara ini setiap hari selama beberapa bulan sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.
Melebatkan Bulu Mata Dengan Lidah Buaya

Selain dapat bermanfaat untuk rambut, fungsi lidah buaya juga dapat bermanfaat untuk melebatkan bulu mata. Namun penggunaannya yang perlu diperhatikan karena sifatnya yang lengket dan getahnya yang cukup tajam akan membahayakan mata bila terkena getahnya.

  • Cara penggunaan adalah dengan mengambil lendir/gel lidah buaya dan oleskan perlahan dengan menggunakan cotton bud atau maskara secara merata, lalu diamkan kurang lebih 30 menit dan bilas dengan air hangat hingga bersih. Ulangi hal ini 2x dalam sehari.
Menebalkan Bulu Mata Menggunakan Kemiri

Selain bermanfaat untuk bumbu masak, kemiri pun dapat bermanfaat menebalkan bulu mata hingga melentikkan.
Anda dapat dengan membuat sendiri minyak kemiri atau membeli minyak kemiri yang sudah jadi.

  • Cara penggunaannya sangat mudah, cukup dengan mengoleskan minyak kemiri menggunakan cotton bud secara merata sebelum tidur, kemudian pada pagi harinya silahkan bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini rutin setiap hari.
Memanjangkan Bulu Mata Menggunakan Teh Hijau

Selain bermanfaat untuk mencegah kanker serviks dan menyembuhkan sakit kepala, ternyata teh hijau pun dapat membuat rambut dan bulu mata lebih cepat tumbuh panjang dan tebal. Teh hijau mengandung flavonoid yang merangsang pertumbuhan bulu mata.

  • Caranya, buatlah teh hijau dengan air hangat, lalu celupkan cotton bud dan oleskan ke bulu mata secara merata dan perlahan, biarkan selama kurang lebih 15 menit, setelah itu bilas hingga bersih. Lakukan hal ini setidaknya 2x dalam sehari secara rutin.
Mempertebal Bulu Mata Menggunakan Kulit Lemon

Air lemon yang bermanfaat untuk menghilangkan mata panda, anda juga dapat menggunakan kulit lemon untuk menebalkan bulu mata. Kulit lemon kaya vitamin C dan B, asam folat dan nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk pertumbuhan bulu mata. Cara ini anda harus ekstra hati-hati karena air lemon akan bereaksi ketika menyentuh mata

  • Caranya: Siapkan irisan kecil kulit lemon yang segar. Tambahkan minyak zaitun secukupnya ke kulit lemon bagian dalam. Aduk minyak zaitun, lalu ambil sarinya menggunakan cotton bud dan oleskan secara perlahan dan hati-hati ke bulu mata. Biarkan semalaman, dan bilas hingga bersih pada pagi harinya.

Tips Mendapatkan Bulu Mata yang Indah dan Sehat

Faktor-faktor seperti genetika, usia, kondisi medis tertentu, kekurangan gizi, infeksi mata atau perubahan hormon dalam tubuh sering menyebabkan bulu mata menjadi tipis. Menggosok mata secara kasar dan seringkali tidak menghapus riasan mata pada dapat menyebabkan bulu mata anda rontok. Selain menerapkan cara menebalkan bulu mata secara alami diatas, ada baiknya melakukan perawatan agar bulu mata tetap indah, sehat dan menarik. Berikut tips yang bisa anda lakukan :

  1. Jangan pernah tidur sebelum menghapus dan membersihkan riasan pada mata. Hal ini dapat bulu mata mengakibatkan bulu mata kering dan rapuh.
  2. Bersihkan dan hapus semua riasan mata dengan make up remover untuk memberikan bulu mata bernafas dan tumbuh.
  3. Perlakukan secara lembut bulu mata anda. Hindari menarik pada bulu mata ketika menghapus atau menerapkan riasan.
  4. Pastikan produk riasan mata seperti maskara, eyeliner dsb adalah kualitas terbaik.
  5. Hindari menggunakan bulu mata palsu. Karena jika digunakan secara terus menerus dapat merusak bulu mata.
  6. Jangan menggunakan pengeriting bulu mata (Eyelash Curlers).

Beberapa cara menebalkan bulu mata dapat digunakan sebagai perawatan rutin agar memiliki bulu mata yang sehat, tebal dan menarik. Setiap cara akan memiliki hasil yang berbeda pada tiap-tiap individu. Mungkin diperlukan beberapa minggu sampai beberapa bulan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, karena memang cara alami memang membutuhkan waktu dan perawatan yang konsisten.