13 Cara Mengecilkan Paha Dan Betis Serta Menghilangkan Lemak Yang Menumpuk

Paha dan betis yang besar adalah salah satu problematika yang sering dialami setiap orang. Kondisi ini tentu dianggap mimpi buruk bagi khususnya wanita. Selain membuat tubuh terlihat gendut, paha dan betis yang berisi tumpukan lemak juga memperjelek penampilan dan bikin kamu jadi minder saat mengenakan pakaian tertentu, seperti dress, celana skinny atau rok mini. Itulah mengapa, banyak wanita yang tak suka memiliki paha dan betis yang berukuran besar. Bahkan mereka rela melakukan apapun cara mengecilkan paha dan betis, mulai dari sedot lemak hingga olahraga yang menyiksa.

cara mengecilkan paha dan betis secara alami

➭ Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Tapi sayangnya, menghilangkan lemak di paha dan betis tidak segampang membalikkan telapak tangan. Para pakar kesehatan percaya bahwa selain perut, paha dan betis menjadi bagian favorit dimana lemak mudah bersarang. Penyebabnya bisa dikarenakan faktor genetik, obesitas, ataupun faktor lainnya. Nah, sebelum kita membahas cara mengecilkan paha dan betis, ada baiknya kita mengetahui penyebab lemak berlebih pada area tersebut sehingga nantinya kita bisa lebih berhati-hati dan mencegah agar tidak terjadi penumpukan lemak.

Penyebab Lemak Berlebihan di Paha dan Betis

  • Faktor Genetik. Penyebab utama paha besar yang cukup sulit dihindari adalah faktor genetik. Apabila orang tua atau kakek dan nenekmu memiliki bentuk paha besar, maka kemungkinan kamu juga akan mempunyai bentuk paha yang tidak jauh berbeda. Jika hal ini terjadi, kamu tak perlu terlalu berputus asa. Sebab kamu bisa merampingkan pahamu dengan cara rajin berolahraga, seperti jogging, jalan cepat, atau lompat tali. Asalkan kamu konsisten, perlahan lemak di paha pasti akan berkurang.
  • Bentuk tubuh. Selain faktor genetik, bentuk tubuh juga mempengaruhi ukuran paha. Apabila kamu memilki bentuk tubuh gemuk atau bohay, maka otomatis beberapa bagian tubuhmu seperti pantat, lengan, pinggang, betis dan paha juga akan berukuran besar. Kondisi ini juga sulit dihindari, terlebih lagi jika bawaan dari lahir. Meski demikian, kamu berarti kamu harus pasrah dan bermalas-malasan. Kamu bisa melakukan latihan di gym agar paha dan betis menjadi lebih kencang dan tidak bergelambir. Selain itu, aktivitas seperti menari atau dance juga berpotensi merampingkan paha lho!.
  • Peningkatan Hormon Estrogen. Estrogen merupakan salah satu hormon pada tubuh wanita yang berperan penting dalam mengatur sistem reproduksi. Namun apabila kadarnya berlebihan juga tak baik sebab bisa memicu kenaikan berat badan, termasuk penumpukan lemak pada perut, paha dan betis dan penyebab munculnya stretch mark. Biasanya kadar hormon estrogen akan cenderung naik pada masa haid menjelang berakhir. Selain itu, pengonsumsian kedelai secara berlebihan dan pemakaian obat-obata kontrasepsi juga menjadi penyebab kenaikan hormon estrogen.
  • Mengkonsumsi makanan berlemak. Makanan berlemak merupakan pemicu paling umum yang membuat bentuk tubuh tidak proposional. Berlebihan dalam mengonsumsi makanan tinggi lemak, seperti junk food, daging merah, gorengan dan sejenisnya perlahan menyebabkan perut, paha dan betis menjadi membesar. Terlebih lagi jika kamu malas berolahraga.

Cara Mengecilkan Paha Dan Betis Tanpa Menyiksa Diri

Ada beberapa cara yang bisa kamu praktekan untuk menghilangkan lemak di paha. Cara-cara ini cukup mudah untuk dilakukan dan kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Kira-kira apa saja ya? Yuk, langsung simak 6 cara menghilangkan lemak pada paha berikut ini:

1. Olahraga Kardiovaskular

Olahraga kardiovaskular merupakan jenis olahraga populer yang sering digunakan untuk mengecilkan paha. Cara ini terbukti ampuh dalam membakar lemak tubuh. Contohnya jogging di pagi hari, lompat tali, naik turun tangga, dan jalan cepat. Menurut beberapa studi, Anda cukup melakukan latihan kardio selama 30 menit dalam sehari.

fitnes-untuk-mengecilkan-paha

Di samping itu, kamu juga bisa berlatih di gym dengan alat fitnes seperti elliptical trainer, treadmill, atau stationary bike. Ketiga alat tersebut dikenal efektif dalam menghilangkan kelebihan lemak. Oiya, agar lebih aman berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan menjalani latihan ini, khususnya bagi kamu yang menderita penyakit tertentu.

➭ Baca Juga: Cara Menghilangkan Lemak di Perut

2. Olahraga Kaki

Cara kedua yang bisa kamu coba untuk merampingkan paha adalah melakukan olahraga kaki. Cukup simple, kamu bahkan tidak memerlukan bantuan alat apapun. Olahraga ini dibagi menjadi beberapa macam, yaitu:

  • Squad jump. Latihan ini dilakukan dengan cara berdiri tegak, dimana kedua kaki dibuka agak lebar. Kemudian tekuk lututmu (seperti orang duduk) hingga paha sejajar dengan lantai, sementara tangan letakkan di pinggang.
    Tahan posisi dan ambil nafas dalam-dalam. Selanjutnya, melompatlah ke udara serambi menghembuskan nafas. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang. Dan untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa melakukan squad sambil membawa dumble.
  • Lunge. Latihan ini cukup mudah, pertama berdirilah dengan posisi tegak. Kemudian ajukan kaki kanan ke depan sebanyak satu langkah. Sedangkan lutut kaki kiri ditekuk hingga menyentuh lantai. Selanjutnya, kembalilah ke posisi awal. Lakukan latihan tersebut berulang-ulang hingga 15 kali gerakan.
  • Calf Raise. Calf Raise merupakan latihan yang paling sering digunakan sebab gerakannya sangat mudah. Kamu cukup berjinjit, kemudian berdiri normal. Ulangi gerakan tersebut berulang kali hingga 15 kali gerakan. Untuk memperoleh hasil lebih optimal, kamu bisa menambahkan beban dengan membawa humble.

3. Bersepeda

Banyak orang mempercayai bahwa bersepeda bisa membuat betis menjadi besar. Padahal kenyataanya, anggapan tersebut sama sekali tidak benar alias hanya mitos belaka! Olahraga bersepeda justru berpotensi merampingkan paha dengan cara mengurangi lemak dalam tubuh. Di samping itu, bersepeda juga mengencangkan otot-otot paha dan pastinya bikin jantung makin sehat.

4. Berenang

Jika tidak suka olahraga renang, maka Anda harus mulai menyukainya! Berenang merupakan salah satu olahraga terbaik untuk tubuh. Setiap otot tubuh menjadi kencang ketika Anda berenang. Berenang disebut sebagai olahraga aerobik dalam air yang cukup ampuh untuk mengecilakan paha dan betis. Berenang akan membantu menurunkan lemak tubuh secara keseluruhan.

  • Berenang setiap hari selama 30-40 menit.
  • Terapkan gaya dada, gaya punggung, kupu-kupu dan freestyle.
  • Jika Anda tidak bisa gaya dalam berenang, cukup rendam bagian paha dan kaki dalam air.
  • Lakukan gerakan kaki seperti menekuk lutut, mengangkat dan menendang.
  • Lakukan latihan berdiri satu kaki dalam air, kaki kanan dan kiri secara bergantian.

berenang-untuk-mengurangi-lemak-di-paha-dan-betis

5. Yoga

Anda juga dapat mencoba yoga sebagai cara mengecilkan paha dan betis. Selain mengurangi lemak di tubuh, yoga akan meningkatkan kekuatan, fleksibilitas dan menenangkan pikiran Anda. Surya Namaskar (Sun Salutation) adalah cara dalam yoga yang membantu merileksasi seluruh tubuh, termasuk pinggul, paha dan betis. Praktekkan Surya Namaskar dua kali dalam sehari.

6. Membatasi Konsumsi Makanan Cepat Saji (Junk Food)

Pizza, burger, kentang, mie instan, dan berbagai makanan lainnya yang mengandung lemak jenuh dengan kadar tinggi sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi berlebihan. Selain membuat ukuran paha membesar, jenis makanan cepat saji juga menyebabkan obesitas, memicu berbagai penyakit degeneratif seperti jantung, diabetes, hipertensi, dan sebagainya.

➭ Baca Juga: Cara Mengecilkan Perut Buncit

7. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Air putih berfungsi melarutkan lemak-lemak yang tertimbun di dalam tubuh. Dengan banyak mengonsumsi air putih, perlahan lemak-lemak di paha pasti akan berkurang. Namun perlu diingat, berlebihan dalam mengonsumsi air putih juga tidak baik sebab bisa menganggu fungsi kerja ginjal. Minumlah sewajarnya. Menurut studi, tubuh membutuhkan air kira-kira 8-10 gelas perhari atau setara 2-2,5 Liter.

konsumsi-air-putih-untuk-mengecilkan-paha

8. Ganti Asupan Nasi Putih dengan Beras Merah atau Gandum

Apabila lemak di paha sudah terlalu menumpuk, ada baiknya kamu mencoba diet sehat dan mulai mengurangi asupan karbohidrat. Ingat ya, mengurangi bukan berarti tidak mengonsumsi sama sekali. Kekurangan karbohidrat juga tidak baik karena membuat tubuh jadi lemas. Kamu cukup mengurangi porsi makanmu saja. Atau bisa juga, kamu mengganti nasi putih dengan sereal gandum atau beras merah. Kedua makanan ini memiliki kandungan tinggi energi dan kaya serat. Sangat baik untuk kesehatan.

9. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel berfungsi untuk memecah lemak dalam tubuh, dengan demikian mencegah menumpukanya lemak dalam tubuh, termasuk perut, paha, pinggul dan betis. Cuka sari apel mengandung mineral seperti kalium, magnesium dan kalsium, yang membantu melawan racun dan mencegah retensi air. Caranya:

  • Campuran 3 sdm cuka sari apel mentah, dengan 1 sdm minyak zaitun atau minyak kelapa.
  • Lalu gunakan untuk memijat paha dan betis selama 10 menit.
  • Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air.
  • Lakukan hal ini 2 kali sehari.

10. Minyak kelapa

Minyak kelapa bermanfaat untuk mengurangi lemak berlebih dalam tubuh Anda, termasuk paha dan betis. Asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa diserap masuk langsung ke dalam membran sel dan diubah menjadi energi, tidak disimpan sebagai lemak. Selain itu, minyak kelapa berfungsi untuk meningkatkan metabolisme dan mencegah rasa lapar. Caranya:

  • Pijat paha dan betis dengan minyak kelapa selama 10 menit.
  • Lakukan hal ini dua kali dalam sehari.
  • Anda juga dapat menggunakan minyak kelapa untuk memasak menu diet sehari-hari.

11. Bubuk kopi

Kopi mengandung antioksidan dan kafein, yang mengencangkan dan memperlancar metabolisme kulit. Kopi juga meningkatkan sirkulasi dan mengurangi akumulasi lemak dalam tubuh. Menggunakan bubuk kopi sebagai scrub dapat membantu mengurangi lemak di sekitar betis dan paha. Caranya:

  • Ambil 1 sendok makan ampas sisa kopi atau bubuk kopi.
  • Tambahkan madu dan buat menjadi pasta tebal.
  • Oleskan pada betis dan paha lalu biarkan kering.
  • Basahi tangan dengan air lalu gosok lembut dan kemudian bilas dengan air.
  • lakukan hal ini 2 atau 3 kali seminggu.

bubuk-kopi-bermanfaat-untuk-mengurangi-lemak

12. Garam Murni/Laut

Garam akan membantu mengencangkan kulit di betis dan paha. Garam murni/laut mengandung mineral, yang membantu mengurangi kelebihan lemak dalam tubuh dan menjaga tubuh terhidrasi. Caranya:

  • Siapkan air hangat dalam bak, tambahkan 2 gelas garam murni lalu aduk.
  • Tambahkan 6-8 tetes minyak esensial.
  • Rendam betis dan paha selama 10-20 menit.
  • Lakukan hal ini beberapa kali dalam seminggu.

13. Cabe Rawit

Cabe rawit berfungsi sebagai pembakaran lemak dalam makanan. Cabe rawit dapat membantu mengurangi lemak yang menumpuk di pinggul, paha dan betis Anda. Selain itu, cabe rawit dapat meningkatkan metabolisme dan membantu menghilangkan racun dari tubuh. Caranya:

  • Campurkan 1 sdt bubuk cabe rawit dan jahe parut.
  • Tambahkan dengan segelas jus lemon hangat.
  • Aduk dan minum 2 kali dalam sehari.

Tips Menghilangkan Lemak di Paha dan Betis Agar Lebih Efektif

Beberapa cara mengecilkan paha dan betis yang telah disebutkan diatas dapat berjalan efektif jika dibarengi beberapa hal berikut ini:

  • Istirahat cukup dan tidur rutin setiap malam. Hindari begadang dan nonton tv terlalu larut serta duduk terlalu lama.
  • Jangan pernah melewatkan sarapan. Sarapan adalah fase yang sehat sebelum beraktivitas setiap harinya.
  • Jangan pernah menyiksa diri Anda dengan rasa lapar berlebih untuk menurunkan berat badan. Siapkan menu makan yang bertujuan memperpanjang rasa lapar.
  • Lakukan pijatan lembut secara rutin pada area paha dan betis untuk membantu mengurangi timbunan lemak.
  • Konsumsi 1-2 gelas jus jeruk untuk membantu membakar lebih banyak lemak dalam tubuh.

Demikianlah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan lemak pada paha dan betis. Tapi, perlu kamu tahu tips diatas akan memberikan hasil yang berbeda-beda untuk setiap individu, karena kondisi tubuh manusia juga tak sama. Yang terpenting, lakukan olahraga secara rutin dan kurangi konsumsi makanan berlemak. Good Luck!

Leave a Reply