9 Cara Menghilangkan Jerawat di Kulit Kepala Dengan Cepat

Cara Menghilangkan Jerawat di Kulit KepalaJerawat adalah salah satu masalah yang sering muncul pada kulit. Jerawat biasanya muncul pada area wajah dan pada bagian lain tubuh seperti kulit kepala. Tentunya masalah jerawat ini bisa sangat mengganggu baik pada remaja maupun orang dewasa. Seperti halnya wajah dan bagian kulit tubuh lainnya, kulit kepala juga memiliki pori-pori yang menghasilkan minyak (sebum) dan keringat pada permukaannya. Bakteri yang terperangkap dikulit kepala bercampur dengan minyak dan sel kulit mati yang ada dikepala dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.

cara menghilangkan jerawat di kulit kepala

Banyak faktor yang dapat menyebabkan munculnya jerawat pada area kulit kepala diantaranya perubahan hormonal (terutama saat masa puber dan menstruasi), pola makan tidak sehat, alergi, kurangnya menjaga kebersihan kulit, polusi, paparan zat kimia dan minyak serta faktor lainnya seperti penggunaan ikat kepala yang terlalu kencang. Selain itu faktor stress, sakit, dan depresi juga dapat memicu timbulnya jerawat pada kulit kepala.

Cara Menghilangkan Jerawat di Kulit Kepala Menggunakan Bahan Alami

Meskipun jerawat pada kulit kepala tidak nampak karena tertutup rambut, jerawat yang satu ini bisa cukup mengganggu karena menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman terutama saat menyisir rambut. Jika dibiarkan, jerawat pada kulit kepala juga dapat menyebabkan infeksi bakteri terutama staphylococcus dan menyebabkan luka pada area kulit kepala. Jerawat di kulit kepala tidak begitu sulit diatasi jika dibandingkan jerawat pada kulit wajah. Jerawat ini dapat hilang dalam waktu kurang dari seminggu.

Berikut ini adalah 10 cara menghilangkan jerawat pada kulit kepala dengan menggunakan bahan-bahan alami :

1. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil atau minyak pohon teh adalah salah satu bahan alami yang efektif digunakan untuk mengatasi jerawat pada kulit. Minyak pohon teh dapat berfungsi sebagai disinfektan yang membunuh bakteri di kulit kepala dan mengeringkan jerawat dengan cepat.

tree tea oil

Berikut ini cara mengatasi jerawat di kepala dengan tea tree oil atau minyak pohon teh :

  • Campurkan 5 tetes tea tree oil dengan 2 hingga 3 sendok minyak zaitu atau minyak kelapa. Pijat bagian kepala dengan menggunakan campuran minyak tersebut dan biarkan selama 1 hingga 2 jam. Bilas dengan air bersih.
    Anda juga dapat menambahkan tea tree oil pada shampoo yang biasa anda gunakan sehari-hari. Tambahkan dua hingga tiga tetes minyak pohon teh setiap 100 ml shampoo. Keramaslah dengan shampoo tersebut setiap hari.
  • Cara lainnya adalah dengan mengoleskan minyak pohon teh atau tea tree oil langsung pada jerawat dengan menggunakan kapas. Sebaiknya lakukan tes pada kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan tea tree oil karena dapat menyebabkan alergi pada sebagian orang.

2. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa curcumin yang merupakan senyawa anti bakteri, antioksidan dan anti-inflammatori yang dapat mengatasi mata panda dan masalah jerawat pada kulit kepala. Senyawa tersebut juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri P.acnes yang merupakan penyebab utama masalah jerawat pada kulit. Tidak hanya itu, kunyit juga mampu membantu mengurangi rasa sakit akibat jerawat dan mencegah timbulnya bekas jerawat.

Berikut ini cara merawat kulit kepala yang berjerawat dengan menggunakan kunyit :

  • Campurkan setengah sendok teh bubuk kunyit dengan seperempat hingga setengah sendok teh extra virgin coconut oil atau VCO hingga membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada area yang berjerawat, tunggu satu jam kemudian keramaslah dan bilas dengan air bersih.
  • Anda juga dapat mengkonsumsi tablet curcumin 450 gr namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

3. Cuka Sari Apel

Cuka apel dapat membantu menghilangkan jerawat pada kulit kepala. Cuka apel mengandung senyawa anti bakteri yang dapat menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan mengembalikan pH alami kulit.

cuka sari apel

Berikut ini cara menggunakan cuka apel untuk mengholangkan jerawat di kulit kepala :

  • Campurkan cuka apel dengan air hanga secukupnya dan cucilah rambut anda dengan larutan ini selama 5 hingga 7 menit. Lakukan perawatan ini sebelum anda berkeramas setiap hari. Tambahkan 1 sendok teh cuka apel pada segelas air hangat dan minumlah tonik ini dua kali sehari hingga jerawat hilang. Hindari mengoleskan cuka apel langsung pada jerawat karena cuka apel dapat mengakibatkan reaksi yang kuat dan menyebabkan kulit kepala perih dan kemerahan.

4. Lidah Buaya

Bahan alami lain yang sudah banyak dikenal sebagai salah satu bahan dalam merawat rambut dan kulit adalah lidah buaya. Selain ampuh untuk mengobati komedo, gel lidah buaya berkhasiat melembabkan kulit, mencegah infeksi bakteri serta membantu proses penyembuhan jerawat. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam the Journal of Chemical and Pharmaceutical pada tahun 2010 menyebutkan bahwa senyawa aktif yang terkandung dalam lidah buaya seperti anti-inflammatori, antibacteri, anesthetic, dan antiseptik dapat membantu menghilangkan jerawat pada kulit kepala.

Berikut ini cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat :

  • Belahlah daun lidah buaya dan ambil gelnya. Aplikasikan gel lidah buaya tersebut pada area yang berjerawat dua kali sehari.
  • Cara lainnya adalah dengan mencampur setengah cangkir gel aloe vera dengan air perasan setengan bagian buah lemon. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala dan rambut yang setengah kering. Tunggu selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini sekali sehari selama seminggu.

5. Indian Lilac

Cara menghilangkan jerawat di kulit kepala berikutnya adalah menggunakan Indian lilac, atau yang dikenal dengan sebutan neem atau semambu dalam bahasa Indonesia adalah salah satu bahan efektif yang berfungsi menghilangkan jerawat pada kulit kepala. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam the Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine pada tahun 2013 menyebutkan bahwa Indian lilac dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pada kulit kronis seperti jerawat, bekas jerawat, eksim, ringworm, psoriasis dan ketuat.

Berikut ini beberapa cara menggunakan Indian lilac untuk menghilangkan jerawat :

  • Rebus daun neem dengan dua cangkir air selama 10 menit. Tiriskan daun yang telah direbus dan haluskan hingga membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada kulit kepala dan biarkan selama 30 menit. Cuci dengan air rebusan daun neem tadi dan bilas dengan air hangat.
  • Campur lima tetes minyak neem dengan 1 sendok teh extra virgin coconut oil atau VCO. Pijat area kulit kepala dengan campuran minyak tersebut dan biarkan selama semalaman. Pagi harinya, keramaslah dengan menggunakan shampoo dan bilas dengan air bersih.

6. Jus Tomat

Jus tomat yang biasa kita konsumsi sebagai minuman ternyata dapat digunakan untuk mengatasi masalah pada kulit. Tomat mengandung asam salisilat yang dapat menggilangkan dan mengeringkan jerawat terutama pada kulit kepala.

Berikut ini cara menggunakan tomat untuk mengatasi jerawat :

  • Oleskan jus tomat segar yang telah dihaluskan langsung pada area kulit kepala, dan tunggu selama 10 menit. Bilas dengan air hangat.
  • Campurkan 1 sendok makan jus tomat dengan satu sendok teh perasan lemon dan setengah sendok teh madu. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala dengan menggunakan kapas. Biarkan mengering selama 5 menit dan bilaslah dengan air hangat.lakukan perawatan ini setiap hari selama seminggu.

7. Madu

Madu murni telah dikenal khasiatnya sejak zaman dahulu. Selain dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam, madu mengandung senyawa anti bakteri yang dapat melawan bakteri pada kulit kepala sekaligus menghilangkan jerawat.

madu

Berikut cara menghilangkan jerawat di kulit kepala menggunakan madu :

  • Oleskan madu murni pada area yang berjerawat, tunggu hingga 10 menit kemudian bilaslah dengan air hangat. Lakukan perawatan ini dua kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.
  • Cara lainnya, campurkan dua sendok makan madu dengan satu sendok makan buibuk kayu manis. Oleskan pada kulit kepala dengan menggunakan jari dan tunggu hingga 20 menit. Bilas dengan air hangat. Lakukan setiap hari agar jerawat cepat mereda.

8. Bawang putih

Bahan lainnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah bawang putih yang biasa gunakan untuk memasak. Bawang putih mengandung antioksidan dan anti bakteri yang dapat mencegah dan mengatasi infeksi jerawat pada kulit.

Berikut ini cara menghilangkan jerawat di kulit kepala menggunakan bawang putih :

  • Rebus 4 hingga 6 siung bawang putih dalam 3 cangkir air selama 5 menit. Biarkan sejenak hingga air rebusannya dingin dan dapat digunakan untuk mencuci rambut. Lakukan perawatan ini setiap hari.
    Anda juga dapat menghaluskan bawang putih dan mengoleskannya langsung pada area yang berjerawat, dua hingga tiga kali dalam sehari.
  • Agar terhindar dari masalah jerawat pada kulit, jangan lupa untuk mengkonsumsi bawang putih secara rutin dengan menambahkannya pada masakan sehari-hari.

9. Daun sirih

Dalam pengobatan Ayurveda atau pengobatan tradisional India, daun sirih biasa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit termasuk jerawat pada kulit kepala. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam the International Journal of Pharma Sciences and Research pada tahun 2011 menyebutkan bahwa ekstrak etanol dalam daun sirih memiliki senyawa anti bakteri yang efektif dalam mengatasi masalah infeksi terutama pada kulit.

daun sirih

Berikut ini cara menggunakan daun sirih sebagai obat alami penghilang jerawat :

  • Haluskan beberapa lembar daun sirih hingga menjadi pasta. Oleskan pasta ini pada area yang berjerawat dan tunggu selama setengah jam. Bilas dengan air dingin.
  • Taburkan minyak jarak pada permukaan daun sirih dan oleskan pada area kulit kepala yang berjerawat sebelum tidur, kemudian cuci rambut keesokan harinya.
  • Rebuslah dua hingga lima lembar daun sirih dalam 2 atau 3 cangkir air. Saring air rebusannya dan gunakan air tersebut untuk mencuci rambut dua kali dalam sehari.

Tips Mencegah Jerawat di Kulit Kepala

Setelah kita mengetahui cara menghilangkan jerawat di kulit kepala diatas, ada baiknya kita selalu menjaga kebersihan dan melakukan langkah pencegahan. Untuk mencegah munculnya jerawat di kulit kepala, tentunya anda harus menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Perhatikan hal-hal berikut ini agar anda dapat menjaga kesehatan dan kebersihan kulit kepala dengan baik :

  • Yang pertama dan paling utama, rutinlah membersihkan rambut dengan cara berkeramas untuk menghindari penumpukan sel kulit mati, minyak dan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.
  • Bersihkan alat perawatan rambut seperti sisir, sikat, alat penjepit rambut dan lainnya secara rutin. Pastikan juga anda mencuci handuk dan ikat kepala beberapa hari sekali.
  • Jika kulit kepala terlalu berkeringat, keramaslah setiap sore untuk membersihkannya.
    Saat keramas pijatlah kulit kepala dengan pelan untuk memperlancar peredaran darah.
  • Jika kulit kepala berjerawat, hindari pemakaian kondisioner untuk sementara. Jika memang terpaksa menggunakannya, aplikasikan pada bagian tengah hingga ujung rambut saja.
Simak juga tips-tips mencegah munculnya jerawat di kepala berikut ini :
  • Jangan memotong rambut saat kulit kepala sedang berjerawat.
  • Hindari menekan atau memencet jerawat karena dapat menyebabkan jerawat meluas.
  • Hindari konsumsi makanan berminyak dan makanan pedas sebisa mungkin.
  • Konsumsi lebih banyak buah dan sayur.
  • Lindungi kulit kepala dari sinar matahari langsung.
  • Kendalikan stress , karena stress dapat memicu timbulnya jerawat pada kulit kepala.
  • Rambut yang panjang lebih beresiko mengalami jerawat pada kepala dibandingkan rambut pendek. Oleh sebab itu, jika anda sering mengalami jerawat pada kulit kepala sebaiknya pilihlah gaya rambut pendek yang simpel.

Demikian cara mengatasi jerawat pada kulit kepala yang dapat anda praktekkan sendiri di rumah. Jika setelah menggunakan bahan-bahan tersebut jerawat masih belum hilang maka sebaiknya konsultasikan pada dokter kulit.