Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami dan Cepat

Cara Menghilangkan Mata Panda – Mata panda merupakan sebuah peristiwa perubahan warna kulit disekitar mata menjadi gelap, yang biasanya disertai lingkaran kehitaman di area atas dan bawah mata. Hal seperti ini disebabkan karena kelelahan, yang biasanya terjadi karena kurang tidur sehingga disekeliling mata menjadi gelap dan juga keriput. Penyebab yang lain adalah stres, terlalu lama di depan komputer, factor genetik/bawaan, penuaan, pigmen berlebih, menderita sakit dalam waktu yang lama, gaya hidup yang tidak sehat serta pola makan yang tidak teratur.

cara menghilangkan mata panda

Masalah kantung mata atau mata panda bisa terjadi pada siapapun, tidak peduli laki-laki atau wanita. Tapi bagi para wanita, kondisi ini lebih terasa mengganggu, karena wanita sangat sensitif tentang penampilan sehingga membuat mereka tidak percaya diri. Bagi mereka yang mengutamakan penampilan, seperti halnya jerawat, mata panda sangat mengganggu di dalam kegiatan sehari-hari. Menggunakan foundation merupakan salah satu cara tepat untuk menyamarkan warna gelap di sekitar mata. Tetapi akan ada efek samping jika menggunakan foundation, karena ketika kita mengoeskan foundation di wajah kita, secara tidak langsung kita akan menutup pori-pori kulit sehingga dapat mengganggu pernafasan kulit.

Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

Ada banyak cara alami yang bisa kita lakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke klinik kecantikan dan merogoh kocek dalam-dalam. Beberapa tips yang telah terbukti ampuh menghilangkan mata panda adalah sebagai berikut :

Kompres Mata Dengan Menggunakan Air Dingin

Air dingin merupakan cara yang paling mudah dilakukan, praktis dan sangat efisien. Hanya bermodal washlap dan air dingin, mata akan terlihat segar kembali. Selain efisien, cara ini juga mudah untuk di lakukan.

  • Pertama-tama siapkan air dingin di wadah ember atau apa saja, kemudian celupkan washlap ke dalam air dingin tadi kemudian kompreskan pada kedua mata. Tunggu kira-kira sekitar 10 menit ketika kita akan tidur, baik malam ataupun siang, namun lebih baik jika dilakukan pada siang hari. Hasilnya akan dapat dirasakan ketika bangun dari tidur. Tentunya mata panda yang ada pada mata tidak akan langsung hilang. Ulangi lagi cara tersebut hingga mata terlihat fresh kembali.
Kompres Mata Menggunakan Kantung Teh Celup Bekas

Jika anda merupakan penikmat teh, anda bisa menggunakan sisa kantung teh yang sudah anda gunakan sebagai salah satu cara menghilangkan mata panda secara alami. Selain sebagai minuman special, teh juga dapat digunakan untuk menyegarkan kulit. Oleh sebab itu jangan buang kantung teh yang sudah selesai dipakai untuk membuat secangkir teh. Karena kantung teh celup dapat digunakan untuk mengatasi mata panda.

  • Caranya anda tinggal mengompreskan kantung teh bekas tersebut dan diamkan selama 15-30 menit, lalu. Lakukan aktifitas tersebut secara rutin ketika mau tidur.
Perasan Air Lemon

Lemon kaya akan vitamin c yang bagus untuk kulit dan pencerah alami untuk wajah yang layu dan lelah. Catatan: Hindari terkena mata dan jka air lemon menyebabkan rasa panas seperti terbakar pada kulit anda, segera hentikan penggunaannya.

  • Belah lemon dan peras sarinya ke dalam wadah. Ambil bola kapas dan celupkan di perasan air lemon tersebut. Lalu oleskan tipis-tipis di daerah mata panda. Biarkan sejenak kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air besih. Lakukan hal ini setiap pagi selama 2-3 minggu.
Minyak Almond

Almond selain bagus untuk menurunkan kolesterol, juga baik untuk kesehatan kulit. Minyak Almond adalah bahan alami yang kaya akan vitamin e, bermanfaat untuk menghaluskan kulit di sekitar mata. Penggunaan minyak almond secara teratur akan membantu memudarkan kantung mata hitam di sekitar mata. Anda bisa membeli minyak almond di supermarket.

  • Sebelum tidur, oleskan sedikit minyak almond ke area lingkaran hitam dan lakukan pijatan lembut ke kulit. Biarkan semalaman. Keesokan paginya, cuci dengan air bersih. Lakukan cara ini setiap hari sampai kantung mata hitam menghilang.
Menggunakan Kentang

Kentang merupakan bahan alami yang bermanfaat memutihkan wajah. Sifat pemutih yang ada di dalam kentang yang dapat membantu mengurangi mata panda, lingkaran gelap, noda hitam dan menyingkirkan bengkak di area sekitar mata.

  • Parut 1-2 kentang mentah dan buatlah jus kentang. Letakkan jus kentang mentah tersebut dalam wadah, lalu celupkan bola kapas ke dalam air jus, tutup mata anda dan letakkan di atas mata. Pastikan bola kapas mencakup lingkaran hitam di bawah mata serta kelopak mata. Biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini 1-2 kali dalam sehari, selama beberapa minggu. Selain jus kentang, anda juga dapat menggunakan irisan kentang untuk menghilangkan kantung mata hitam di sekitar mata.
Bubuk Kunyit dan Nanas

Kunyit mengandung antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi lingkaran hitam di sekitar mata. Kunyit juga akan membuat kulit di sekitar mata menjadi halus dan lembut. Anda bisa membeli bubuk kunyit yang sudah jadi di supermarket. Siapkan juga nanas yang sudah dalam bentuk jus.

  • Campur dua sendok teh masing-masing bubuk kunyit dengan jus nanas untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini ke area mata panda. Biarkan selama sekitar 10 menit, lalu seka dengan kain yang lembut dan lembab. Lakukan ini setiap hari sampai mendapatkan hasil yang positif.
Menggunakan Tomat

Tomat memiliki sifat pemutih alami yang dapat mencerahkan dan memutihkan kulit anda. Banyak digunakan sebagai bahan dasar produk cream wajah. Karena mudah didapat, tidak ada salahnya anda mencoba cara ini.

  • Buatlah jus tomat, lalu oleskan menggunakan kapas ke area mata panda. Biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini 2 kali dalam sehari selama beberapa minggu. Anda juga dapat mengkonsumsi segelas jus tomat setiap hari untuk mendapatkan kulit yang sehat, pastikan meminum jus tomat segera setelah anda membuatnya, jangan biarkan terlalu lama.

Tips Mencegah Mata Panda

Selain cara menghilangkan mata panda, yang tidak kalah penting adalah mencegah hal ini terjadi. Berikut ini tips mencegah mata panda, yakni antara lain :

  1. Cukup tidur dan istirahat.
  2. Hindari menggosok kulit di area mata terlalu sering karena bisa menyebabkan pembuluh darah membesar, sehingga di bawah lingkaran mata tampak lebih gelap.
  3. Bersihkan make-up sebelum tidur.
  4. Batasi berada di paparan sinar matahari terlalu lama.
  5. Konsumsi air putih sepanjang hari untuk menghindari kekurangan asupan air pada kulit.
  6. Untuk menghindari kantong mata, anda bisa menambahkan dua atau lebih bantal di bawah kepala pada saat tidur.
  7. Perhatikan diet dan makan makanan kaya vitamin A, C, dan E.
  8. Berhenti merokok, merokok dan asapnya menyebabkan kerusakan sel-sel kulit.

Cara menghilangkan mata panda dengan menggunakan bahan-bahan alami diatas sudah terbukti keampuhannya dalam mengatasi mata panda. Masih banyak lagi cara lain yang dapat di lakukan, seperti membuat masker bengkuang, mengkompres dengan perasan air bunga mawar, menggunakan minyak kelapa, dan lain sebagainya. Selamat mencoba.

3 Comments

  1. ABU
  2. Intan Nur
    • Cintia