11 Cara Merawat Kuku Secara Alami Agar Kuat, Bersih Dan Sehat

Cara merawat kuku secara alami – Kuku seperti halnya rambut sebagai perhiasan tubuh yang tidak boleh kita abaikan dan harus dirawat dengan baik. Terlebih bagi kaum wanita, kuku biasanya adalah bagian yang sering dilakukan perawatan. Fungsi utama dari kuku yaitu untuk melindungi ujung jari, yang mana jari memiliki tekstur lembut serta penuh dengan urat saraf. Kuku mencerminkan kebersihan dan mewakili kesehatan secara umum.

cara merawat kuku

Tips dan Cara Merawat Kuku

Kuku yang tidak dirawat dengan baik juga akan menjadi buruk dan mungkin ditumbuhi penyakit. Paling tidak kita rajin membersihkannya terutama dari kotoran-kotoran kuku yang menempel. Selain itu memiliki kuku yang sehat, perawatan yang teratur dapat membuat kuku anda lebih halus, bersih dan tampah cerah. Tips dan cara merawat kuku secara alami ada beberapa cara diantaranya:

1. Bersih dan Mengkilap Menggunakan Jeruk Lemon

Lemon mengandung pemutih alami yang bermanfaat untuk memutihkan serta mencerahkan warna kuku anda.

  • Caranya oleskan irisan jeruk lemon ke kuku kemudian diamkan dalam beberapa menit. Setelah kering, bersihkan dengan air. Kuku akan terlihat lebih bersih dan juga mengkilap dengan menggunakan cara ini. Cara ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda kekuningan karena cat kuku yang salah dalam pemakaiannya.


cara-merawat-kuku-menggunakan-lemon

2. Memiliki Kuku Sehat Dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Mengandung asam linoleat yakni pelembab alami. Selain bagus untuk menebalkan bulu mata, zat ini secara efektif mencegah air dari penguapan dan membuat kuku terlihat sempurna dan mengkilap.

  • Caranya: Campurkan minyak zaitun dan air hangat dalam sebuah wadah. Rendam kuku selama 5 menit, disertai dengan pijatan lembut. Ulangi secara teratur setiap hari untuk memperoleh hasil yang baik.
    Anda juga bisa menggunakan campuran minyak zaitun dan air jeruk.

3. Membersikan dan Melembabkan Kuku Menggunakan Susu

Selain bagus untuk kesehatan tubuh, susu merupakan bahan yang efektif untuk membersihkan kuku serta melembabkan area sekitar kuku.

  • Caranya: Siapkan susu hangat dalam wadah kecil. Rendam kuku selama 5 menit. Lalu bilas dengan air. Ulangi secara teratur untuk mendapatkan kuku mengkilap.

4. Menyehatkan Kuku Menggunakan Alpukat

Alpukat kaya akan lemak penting, nutrisi dan protein yang dapat mengembalikan kuku yang rapuh dan tidak sehat. Alpukat juga mengandung sifat anti-oksidan, vitamin A, B, B1, B2, D, dan E, beta-karoten, dan kalium. Selain bagus untuk menurunkan berat badan, alpukat juga membuat kuku sehat dan berkilau.

  • Caranya: Campurkan alpukat yang sudah dilembutkan dengan air mawar untuk membuat pasta. Terapkan di kuku disertai pijatan lembut. Biarkan selama 15-25 menit, lalu bilas dengan air. Ulangi secara teratur untuk menjaga kuku sehat, berwarna pink dan mengkilap.

cara-merawat-kuku-menggunakan-alpukat

5. Melembabkan Kuku Menggunakan Mentega

Mentega merupakan zat berlemak yang bermanfaat untuk melembabkan kuku. Mentega mengandung natrium, kalsium, seng, besi, kalium, magnesium, vitamin A, B, C, dan E, menjadikan warna kuku lebih bagus dan terlihat bersih.

  • Caranya: Campurkan mentega dengan sedikit air, lalu olehkan ke kuku disertai dengan pijatan lembut. Tunggu beberapa saat, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi setiap hari untuk hasil yang maksimal.

6. Menyehatkan dan Melindungi Kuku Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang mengandung vitamin E, lemak sehat, asam laurat dan kaprilat, yang kesemuanya itu bermanfaat untuk kesehatan rambut, kulit dan kuku serta mencegah infeksi dan jamur.

  • Caranya: Oleskan minyak kelapa ke kuku dan pijat dengan lembut untuk memungkinkan minyak meresap ke dalam kulit kuku. Ulangi dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

7. Mengkonsumsi Yogurt

Yoghurt memiliki hampir semua nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kuku yang sehat dan berkilau. Yoghurt mengandung zat besi, kalsium, folat, vitamin A, B, D, C, E, dan K, seng, dan protein. Yoghurt juga memiliki bakteri bersahabat yang disebut probiotik yang membantu mencerna makanan dan menyerap mineral ke dalam tubuh. Konsumsi yogurt 1 – 2 kali sehari untuk hasil terbaik, akan menghasilkan kuku yangs sehat.

merawat-kuku-dengan-yogurt

 8. Menggunakan Kulit Semangka

Gesek-gesekkan kulit semangka di kuku kemudian diamkan selama 10-20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Selain kulitnya, anda juga bisa memanfaatkan air semangka. Caranya sama, diamkanlah hingga air semangka berbekas di kuku anda hingga kering. Kemudian bersihkan kuku anda.

cara-merawat-kuku-dengan-mudah

9. Teh Hijau

Teh hijau juga dapat membuat kuku sehat dan kuat. Antioksidan yang terkandung dalam teh hijau membantu mencegah kuku rapuh serta menguatkannya. Teh hijau juga membantu mempertahankan warna kuku. Caranya:

  • Buat segelas teh hijau dan biarkan hingga dingin. Rendan kuku di dalamnya selama 10-15 menit, lakukan hal ini dua kali dalam seminggu.
  • Anda juga bisa merendam kuku dengan teh hijau, dicampur garam dan beberapa tetes minyak gandum. Renda, kuku dalam campuran ini selama 5 menit, kemudian bersihkan dengan kain kering. Ulangi proses ini dua kali dalam seminggu.

10. Cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki berbagai nutrisi, seperti magnesium, kalium, kalsium dan besi yang baik untuk kesehatan kuku. Selain itu, sifat asam pada sari apel dapat mencegah dan mengobati jamur kuku. Caranya:

  • Campurkan cuka sari apel mentah dan air dalam mangkuk kecil. Rendam kuku selama 5-10 menit, lakukan hal ini sekali sehari selama beberapa minggu.
  • Alternatif lain adalah campur 1 sendok teh cuka sari apel dalam segelas air dan minum 3 kali sehari.

11. Memijat Kuku

Cara lain yang mudah dan hemat biaya untuk memiliki kuku yang kuat dan indah adalah memijatnya secara rutin. Pijat akan meningkatkan sirkulasi darah, membuat kuku lebih kuat dan sehat. Anda dapat menggunakan lotion pelembab, minyak almond atau minyak kelapa untuk melakukan pijatan pada kuku. Caranya:

  • Pada malam hari, pijat lembut kuku menggunakan minyak selama 5-10 menit.
  • Gunakan sarung tangan berbahan kain/katun, kemudian biarkan saat tidur.
  • Keesokan paginya, cuci kuku dengan air hangat.
  • Lakukan hal ini setiap hari selama beberapa minggu.

cara merawat kuku

Tips Agar Kuku Tetap Sehat

Selain beberapa cara yang telah disebutkan diatas, berikut ini tips menjaga kuku agar tetap sehat, indah dan mempesona, yaitu:

  • Hindari menggunakan kuku palsu.
  • Batasi paparan bahan kimia pada kuku.
  • Hindari berlama-lama tangan dan kuku dalam air, karena menyebabkan kuku lunak dan mudah pecah.
  • Ketika menjalankan pekerjaan berat, gunakan sarung tangan untuk melindungi kuku Anda.
  • Menjaga kuku Anda tetap pendek. Semakin pendek, semakin kuat kuku Anda
  • Hindari mengambil dan mengangkat permukaan keras secara langsung dengan kuku.
  • Hentikan kebiasaaan menggigit kuku.
  • Keringkan kuku Anda segera secara menyeluruh setelah berenang atau mandi.
  • Melakukan manikur dan pedikur setidaknya sebulan sekali untuk kuku sehat dan kuat.

Anda bisa mempraktekkan cara merawat kuku secara alami diatas baik untuk kuku tangan maupun kaki. Anda juga bisa sesekali berkonsultasi atau melakukan perawatan di klinik-klinik kecantikan. Tentu hal ini bisa anda lakukan jika dana di kantong anda memadai.  Vitamin E dab C adalah unsur yang penting untuk menjaga kuku agar tetap sehat dan berkilau. Vitamin ini meningkatkan sirkulasi darah yang membawa oksigen ke kuku saat anda tidur. Oleh karena itu, disarankan rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin c dan e, seperti alpukat, tomat dan jeruk.

Anda masih penasaran dengan cara merawat kuku secara alami? Yuk simak video berikut: