Fakta Kolesterol; Tidak Selamanya Kolestrol Jahat

Banyak sekali orang yang mengasumsikan bahwa kolesterol itu adalah zat yang jahat yang merusak tubuh. Ketika ada yang menyebut kata kolesterol, maka asumsi dalam pikiran yang nampak adalah penyakit. Padahal realitasnya tidaklah demikian. Salah jika ada yang mengatakan bahwa kolesterol itu tidak dibutuhkan tubuh dan sumber dari segala penyakit. Kolesterol tetap dibutuhkan tubuh. Karena memiliki beberapa jenis. Sebaiknya masing-masing orang mengetahui apa saja jenis kolesterol. Karena tidak semua jenis tersebut jahat untuk tubuh. Justru tubuh juga membutuhkannya. Jenis-jenisnya yang musti anda ketahui yaitu:

Jenis-jenis kolesterol

  • LDL. LDL adalah singkatan dari Low Density Lipoprotein. Jenis kolesterol inilah yang tidak dibutuhkan tubuh. Karena kolesterol jenis ini berbahaya sehingga banyak yang menyebutnya sebagai kolesterol jahat. kolesterol jahat inilah yang memacu penyakit seperti jantung koroner.
  • HDL. Yaitu singkatan dari High Density Lipoprotein. HDL ini berfungsi mencegah kolesterol agar tidak mengendap di arteri. Sehingga kolesterol ini tergolong sebagai kolesterol baik.
  • Trigliserida. Yaitu merupakan jenis lemak yang ada dalam darah dan organ tubuh. Kadar trigliserida yang meningkat dalam darah dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

kolesterol

Dengan mengetahui ketiga jenis kolesterol tersebut, seseorang tidak akan lagi keliru dalam menafsirkan kolesterol. Jika seseorang mengalami kenaikan kolesterol maka sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. Dengan melakukan cek up darah secara berkala atau rutin anda juga bisa mengetahui kadar kolesterol yang ada dalam tubuh anda. Jika memang kadar kolesterol jahat dalam tubuh terlalu tinggi maka segera lakukan cara untuk menurunkannya. Dokter akan memberikan resep atau obat untuk menurunkan hal tersebut. Namun bagi anda juga bisa mencoba dengan cara-cara yang lebih alami.

Menggunakan cara alami seperti menggunakan herbal yang terbuat dari alam bisa dijadikan obat alternative dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selalu jaga pola hidup anda dengan pola hidup yang sehat. Banyak makan buah dan sayuran yang akan mengikat kolesterol agar tidak menjadi plak dalam tubuh.

One Response

  1. Maman