Gejala Penyakit Usus Buntu Yang Harus Diwaspadai

Gejala penyakit usus buntu – Usus buntu adalah salah satu organ dalam tubuh yang pada awalnya banyak yang menganggap tidak memiliki fungsi. Akan tetapi penelitian baru mengenali bahwa usus buntu memiliki fungsi sebagai organ imunologi yang berperan dalam hal sekresi immunoglobulin atau system kekebalan dalam tubuh. Jika organ usus buntu terkena radang maka bisa terjadi penyakit usus buntu. Penyakit yang menyerang usus buntu bernama appendicitis.

Gejala Penyakit Usus Buntu

Penyakit usus buntu disebabkan karena adanya radang. Dan jika radang dibiarkan bisa rentan terhadap pecahnya usus buntu. Jika hal ini sampai terjadi maka termasuk darurat medis yang serius. Sehingga perlu dilakukan segera operasi.

Gejala Penyakit Usus Buntu

Gejala yang biasa menyerang penderita usus buntu adalah:

  • Perut terasa sakit, yang rasa sakitnya dimulai di daerah sekitar pusar kemudian bergerak ke samping kanan bawah.
  • Penurunan nafsu makan.
  • Perut terasa mual hingga muntah.
  • Mengalami sembelit, diare atau buang angin menjadi sering.
  • Perut menjadi bengkak.
  • Terasa kram di perut.
  • Terasa demam.

Jika anda mengalami gejala penyakit usus buntu di atas sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter terdekat di kota anda. Agar hal ini bisa segera teratasi sehingga penyakit bisa segera dapat sembuh dan dicegah dari penyakit yang lebih parah lagi. Saat ini sudah banyak sekali beredar obat-obat herbal yang konon katanya bisa untuk mengatasi gejala usus buntu. Anda bisa mendapatkan informasinya di internet yang sudah cukup banyak memberikan informasi seputar pencegahan dan pengobatan usus buntu. Namun bagi yang sudah mengalami gejala lebih parah sangat disarankan untuk segera berobat ke dokter. Karena beberapa kasus usus buntu yang terlambat dalam penanganannya bisa mengakibatkan si penderita meninggal dunia.

Mengenali gejala penyakit usus buntu sebagai upaya pencegahan diri agar tidak terkena penyakit tersebut adalah dengan menjaga pola hidup yang sehat. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat juga bisa anda lakukan. Menjaga kebersihan dari apa yang kita makan juga sangat penting. Agar tidak ada bakteri yang masuk ke usus kita melalui makanan yang kita konsumsi.

Leave a Reply