Jerawat Saat Hamil; Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jerawat Saat Hamil – Wanita yang sedang hamil tentunya akan mengalami perubahan di beberapa bagian tubuhnya. Tak hanya itu saja karena perubahan di dalam tubuh pun juga akan terjadi. Ada beberapa perubahan yang sedikit kurang menyenangkan dan sepertinya akan sangat mengganggu penampilan Anda sehari-hari. Salah satunya adalah jerawat. Nah, ingin tahu penyebab dan cara mengatasi jerawat saat hamil selengkapnya? Simak saja ulasan berikut ini. Pada saat hamil, tubuh akan mengalami perubahan hormonal sehingga ada produksi hormon yang berlebih dan rentan muncul jerawat. Saat hamil muda, kadar hormon di dalam tubuh mengalami fluktuasi dan menyebabkan lonjakan kadar hormon, sehingga terjadi ketidakseimbangan hormonal. Wanita hamil juga lebih rentan terhadap munculnya jerawat karena adanya sekresi minyak yang juga meningkat.

jerawat saat hamil

Penyebab Jerawat Saat Hamil

Penyebab utama timbulnya jerawat pada saat hamil adalah adanya ketidakseimbangan hormonal. Hormon kehamilan dapat menyebabkan sejumlah masalah kulit, termasuk jerawat, gatal-gatal dan kulit gelap. Biasanya pada trimester pertama masa kehamilan atau sekitar minggu keenam, kadar hormon akan mencapai tingkat tertingginya. Diketahui bahwa hormon yang paling banyak mengalami lonjakan adalah hormon progesteron yang akan menjadikan kelenjar minyak ini memproduksi banyak minyak dan dapat menimbulkan jerawat. Minyak yang berlebih juga dapat menyumbat pori-pori di wajah sehingga bakteri yang ada di pori-pori tersebut akan menyebabkan infeksi sehingga timbullah jerawat.

Cara Mengatasi Jerawat Saat Hamil

Sebenarnya jerawat pada masa kehamilan bukanlah menjadi suatu masalah kesehatan atau medis yang serius, dan hampir setiap wanita hamil mengalami hal yang sama. Bahkan banyak orang dahulu bilang jerawat tanda hamil. Sebetulnya, jerawat dapat hilang dengan sendirinya setelah kadar hormon di dalam tubuh sudah kembali normal. Salah satu hal yang tepat untuk dilakukan dalam menangani masalah jerawat saat hamil sebetulnya adalah dengan membiarkannya begitu saja, serta membersihkan wajah secara teratur dan menghindari kotoran berlebih di wajah. Namun, banyak juga yang tergoda untuk menggunakan obat jerawat. Perlu diketahui bahwa orang hamil tak boleh sembarang menggunakan obat begitu saja karena akan mempengaruhi kondisi kesehatan janin. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menghilangkan jerawat saat hamil yaitu antara lain :

  • Menggunakan cara-cara alami, selengkapnya anda bisa simak artikel 15 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami.
  • Menjaga kulit supaya tetap bersih. Rawatlah kulit dengan baik seperti mencuci wajah secara rutin dan sangat disarankan untuk menggunakan pencuci wajah yang bebas deterjen dan zat kimia. Gunakan sabun muka yang alami. Bersihkan wajah saat anda bangun pagi dan menjelang tidur secara rutin.
  • Gunakan handuk atau lap muka dengan ditempel-tempel saja hingga kering. Hindari menggosok wajah dengan handuk.
  • Saat anda mencuci rambut. hindari shampo dan busanya berada di wajah anda.
  • Hindari untuk menggosok dan memencet jerawat. Jika kulit wajah sedang berjerawat maka diamkan saja dan jangan dipegang atau bahkan dipencet karena hal tersebut malah akan memperparah kondisi jerawat di wajah.
  • Menjaga kelembaban kulit wajah dengan baik. Perbanyaklah konsumsi air putih yang dapat bermanfaat sebagai penjaga kelembaban kulit secara alami.
  • Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Menu makanan yang tepat dapat membantu untuk mengurangi timbulnya jerawat saat hamil. Perbanyak konsumsi buah dan sayur segar, utamakan untuk yang berwarna hijau, oranye, merah, dan kuning. (Baca juga : Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil)
  • Memperbanyak asupan vitamin A. Vitamin A ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit serta mencegah timbulnya jerawat. Perbanyaklah konsumsi wortel, susu, telur, dan ikan.
  • Pastikan tempat tidur anda bersih. Cuci rutin seprai, bantal, selimut, dll, untuk menghindari bakteri hinggap di wajah anda.

Perhatikan jika anda memakai produk perawatan kulit. Sebaiknya hentikan segala jenis perawatan wajah saat anda hamil dan menyusui. Kalaupun terpaksa, gunakanlah produk yang khusus untuk jerawat dan sudah terdaftar di Badan POM. Selain itu, hindari berlama-lama di bawah sinar matahari. Hal ini dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit dan mempercepat pigmentasi kulit. Jika jerawat anda tergolong parah dan menimbulkan sakit, sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter.