Kandungan dan Bahaya Asap Rokok yang Harus Diketahui

Bahaya Asap Rokok – Merokok adalah suatu aktivitas buruk yang sangat merugikan kesehatan. Tidak ada keuntungan sedikit pun dari kegiatan merokok. Dengan merokok sama saja kita membunuh diri sendiri secara perlahan. Selain itu merokok menyebabkan sifat pemborosan harta yang sia-sia. Menimbulkan efek candu yang susah untuk dihentikan bahkan mungkin sampai tua. Merokok adalah kebiasaan buruk yang harus anda hindari. Alasannya karena merokok justru akan menimbulkan penyakit-penyakit berbahaya bahkan mematikan yang tentunya setiap orang tidak ingin merasakan sakit. Akan tetapi herannya kenapa masih banyak orang yang berani merokok dan menyepelekan serta merusak dirinya sendiri dengan rokok tersebut.

bahaya asap rokok

Ternyata bahaya asap rokok tidak cukup hanya merugikan bagi diri sendiri akan tetapi juga bagi orang lain. Asap rokok yang dikeluarkan dari mulut-mulut perokok ternyata memberikan efek buruk untuk kesehatan orang yang menghirupnya dalam hal ini adalah perokok pasif. Namun demikian, tetap saja efek paling buruk diperoleh adalah perokok aktif. Bagaimana tidak, perokok aktif selain dia menghirup rokok itu sendiri, dia juga sangat berpeluang besar menghirup asap yang dia keluarkan dari mulutnya saat merokok. Tentunya perokok aktif lebih parah efeknya daripada perokok pasif.

Kandungan dan Bahaya Asap Rokok Yang Perlu Anda Tahu

Asap rokok memiliki kandungan bahan kimia yang lebih dari empat ribu bahan kimia. Diantaranya ada karbonmonoksida, nikotin, dan juga tar. Banyak unsur yang beracun yang terkandung dalam asap rokok yang sifatnya genotoxic. Artinya adalah menyebabkan terjadinya kerusakan pada sel DNA yang kemudian bisa berakibat terjadinya mutasi dalam sel yang tidak terkendali sehingga bisa menyebabkan kanker.

Efek asap rokok akan menimbulkan gangguan-gangguan kesehatan baik bagi si perokok sendiri bahkan orang lain. Diantara efek bahaya asap rokok yaitu:

  • Menyebabkan penyakit jantung
  • Menyebabkan penyakit paru-paru
  • Menyebabkan asma bronchial dan penyakit hati
  • Menyebabkan sakit bronchitis
  • Bisa mengganggu perkembangan┬ájanin bahkan menyebabkan bayi lahir premature
  • Asap rokok yang terhirup bayi bisa menimbulkan sindrom kematian mendadak, infeksi telinga dan pernafasan, pneumonia, bronchitis dan juga asma

Efek lainnya dari bahaya asap rokok adalah menyebabkan nafas menjadi pendek, sakit kepala dan sakit pada mata. Setelah anda mengetahui bahayanya diatas, apakah anda sekarang tidak punya keinginan untuk berhenti merokok? Sayangilah diri dan orang-orang disekitar anda.

One Response

  1. iit bramantyo Reply

Leave a Reply