Kanker Serviks: Mengenal Penyebab dan Gejalanya

Mengenal Penyebab Kanker Serviks Sejak Dini. Pengenalan kanker serviks sejak dini sangatlah penting. Hal ini dimaksudkan agar ketika seseorang merasakan dan mengalami gejala atau tanda dari adanya kanker serviks dapat sesegera mungkin untuk memeriksakan diri ke dokter. Karena para penderita biasanya baru memeriksakan diri ketika kanker sudah mulai mencapai stadium lanjut. Padahal jika sedini mungkin ditanggulangi tentu akan lebih mudah dan lebih cepat dalam kesembuhannya.

Kanker Serviks

Penyakit kanker serviks menyerang di daerah leher rahim yang tepatnya di daerah sempit di bawah antara rahim dengan organ intim wanita. Penyakit kanker serviks adalah penyakit kanker yang paling banyak ditakuti wanita selain kanker payudara dan kanker yang lain. Kanker serviks merupakan jenis penyakit kanker penyebab kematian wanita yang menempati posisi paling atas setiap tahun dari jenis kanker yang ada menurut data dari WHO. Banyak faktor penyebab yang bisa merangsang pertumbuhan sel kanker pada leher rahim wanita.

Penyebab Kanker Serviks

Pola hidup yang kurang sehat dan kurang bersih disinyalir menjadi penyebab kanker serviks. Disamping itu merokok, kurangnya vitamin c dan e, kurangnya asam folat, melakukan hubungan intim dengan berganti-ganti pasangan atau bahkan sering melakukan hubungan intim bagi wanita di usia di bawah kurang dari 16 tahun bisa meningkatkan resiko untuk bisa terkena kanker serviks ini. Penggunaan pil KB dalam jangka waktu yang panjang juga bisa memicu terjadinya kanker. Bahkan faktor genetic keturunan juga bisa menurunkan faktor resiko terjadinya kanker serviks pada wanita. Lalu bagaimana cara mengetahui seseorang akan terkena kanker serviks?

Gejala Kanker Serviks

Gejala yang menandakan seseorang terjangkit kanker serviks diantaranya:

  • Sakit atau sulit saat buang air kecil
  • Keluar darah yang berlebihan saat menstruasi atau terjadinya pendarahan yang tidak normal pada vagina
  • Mengalami keputihan yang tidak biasa atau lain dari kebiasaan
  • Merasakan rasa nyeri pada saat berhubungan seks dengan pasangan, bahkan terkadang mengalami pendarahan
  • Panggul terasa nyeri dan sering merasakan kelelahan
  • Nafsu makan berkurang dan terjadi masalah dalam pencernaan

Jika anda mengalami gejala-gejala di atas segera berkonsultasilah ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Banyak-banyaklah mengkonsumsi makanan yang sehat dan mengatur pola hidup anda. Olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup juga akan berpengaruh pada kesehatan tubuh anda.

Leave a Reply