Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah – Wajah merupakan bagian terpenting baik bagi pria maupun wanita yang pastinya mendambakan wajah yang bisa selalu tampil putih, bersih, segar dan tak nampak kusam atau berminyak.  Berbagai cara dilakukan untuk merawat wajah, mulai dari obat-obatan hingga bahan-bahan herbal. Salah satu bahan alami yang bermanfaat untuk perawatan wajah adalah memanfaatkan jeruk nipis. Jeruk nipis, buah yang imut dengan bentuknya yang kecil namun memiliki manfaat yang luar biasa.

manfaat jeruk nipis untuk wajah

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah

Jeruk nipis adalah salah satu bahan alami yang efektif dalam hal perawatan kulit. Apa saja manfaat jeruk nipis untuk wajah? Mari kita simak bersama.

  1. Menghilangkan Jerawat. Jeruk nipis mengandung vitamin c dan flavonoid (jenis antioksidan yang kuat) yang bermanfaat menghilangkan jerawat, dengan kandungan disinfektan dan mineral yang cukup tinggi bisa untuk menyehatkan kulit wajah anda. Caranya yaitu siapkan perasan jeruk nipis secukupnya dan campurkan 1 sendok madu kedalamnya. Oleskan pada area wajah anda yang berjerawat, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit sampai mengering. Lalu bersihkan wajah anda memakai handuk halus yang sudah dibasahi air dingin sebelumnya
  2. Relaksasi Kulit. Jeruk nipis juga dapat bermanfaat untuk mengurangi ketegangan otot – otot kulit pada wajah anda. Saat ini, banyak spa kecantikan menggunakan jeruk nipis untuk perawatan kecantikan. Caranya yaitu iris dan peras 1 buah jeruk nipis, lalu campurkan perasan tersebut dengan air secukupnya. Gosokkan saja pada bagian kulit wajah yang dirasa pegal – pegal atau linu. Setelah selesai, lanjutkan dengan membilas wajah anda memakai air bersih.
  3. Menghilangkan Noda Hitam. Noda hitam atau flek hitam pada wajah diakibatkan oleh sel kulit mati, kotoran yang menyumbat pori-pori, bekas jerawat atau masalah kulit lainnya. Asam sitrat yang terkandung dalam lemon berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di wajah anda. Caranya dengan mengiris jeruk nipis menjadi dua bagian. Lalu gosokkan secara perlahan pada area wajah yang terdapat noda hitam. Tunggulah hingga terasa mengering dan bersihkan wajah anda dengan air hangat dilanjutkan memakai air dingin. Cara ini sebaiknya anda hindari jika terdapat bagian luka yang serius pada wajah karena akan menimbulkan perih dan iritasi pada kulit wajah.
  4. Mencerahkan dan Menghaluskan Kulit. Jeruk nipis juga berguna menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah. Caranya juga sama seperti pada bagian kedua yaitu dengan memotong jeruk nipis menjadi dua bagian dan mengusapkannya pelan – pelan di sekitar wajah anda. Setelah mendiamkannya beberapa saat tinggal membilasnya memakai air bersih. Anda bisa melakukan hal ini secara rutin 1-2 kali dalam sehari untuk mendapatkan kecerahan dan kelembutan kulit wajah.
  5. Menghilangkan keriput dan kerutan di bawah mata. Jeruk nipis memiliki banyak sifat penyembuhan bila dikombinasikan dengan bahan lainnya. Ambil 1 sendok makan susu dan tambahkan 3-4 tetes air jeruk nipis, lalu campurkan. Gosokkan campuran tersebut ke area keriput dan kerutan di wajah sebelum tidur. Saat bangun tidur, cuci dengan air hangat dan keringkan. Gunakan krim pembersih wajah yang biasa anda pakai kearah yang berlawanan dengan keriput. Tunggu ½ jam lalu bilas dengan air hingga bersih, hindari membilas menggunakan sabun.

Selain beberapa manfaat jeruk nipis untuk wajah diatas, jeruk nipis juga terbukti menurunkan kolesterol. Kandungan Flavonoid dalam jeruk nipis, yang dikenal sebagai hesperidin, dalam sebuah penelitian telah terbukti menurunkan kadar kolesterol dan level trigliserida pada hewan yang diberi diet tinggi kolesterol. Membersihkan wajah dengan jeruk nipis juga dapat membantu mencegah bakteri penyebab jerawat karena memiliki sifat antibiotik alami.

Bagi anda yang penasaran dengan manfaat jeruk nipis untuk wajah, yuk simak video berikut ini:

One Response

Leave a Reply