Susah Tidur: Penyebab dan 12 Cara Mengatasi Susah Tidur

Cara mengatasi susah tidur – Tidur adalah salah satu kenikmatan yang pasti dirasakan setiap orang. Dengan tidur badan kita akan istirahat dan meregenerasi kembali tenaga yang telah digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Setiap orang mendambakan tidur dengan nyenyak. Namun bagaimana jika ternyata seseorang justru malah terganggu dalam tidurnya. Ia justru malah susah untuk tidur terutama di malam hari. Kondisi seperti itu tentu harus segera diatasi. Karena dikhawatirkan malah akan menimbulkan masalah-masalah lainnya seperti penyakit.

cara mengatasi susah tidur

Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Penyebab seseorang mengalami gangguan susah tidur ada banyak hal. Bisa saja seseorang yang mengalami susah untuk tidur dikarenakan karena sedang mengalami stress, tekanan pikiran, lingkungan yang buruk atau bisa juga kondisi udara yang kurang mendukung seperti terlalu panas atau terlalu dingin. Dengan mengetahui sebab tersebut anda bisa menemukan solusinya. Misalkan saja penyebabnya karena anda stress memikirkan masalah pekerjaan di kantor maka solusinya adalah dengan menenangkan diri anda terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa penyebab susah tidur antara lain:

1. Kondisi Medis Tertentu

Ada banyak kondisi medis baik ringan maupun berat yang dapat menyebabkan gangguan susah tidur. Dalam beberapa kasus, kondisi medis itu sendiri menyebabkan susah tidur. Berikut ini contoh dari kondisi medis yang dapat menyebabkan kesulitan tidur malam hari antara lain:

  • Alergi hidung atau sinusitis
  • Masalah pencernaan seperti reflux
  • Masalah Endokrin seperti hipertiroidisme
  • Radang sendi
  • Asma
  • Kondisi neurologis seperti penyakit Parkinson
  • Sakit kronis
  • Nyeri punggung

Sedangkan obat-obatan yang diperuntukkan untuk pilek dan alergi hidung, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, penyakit tiroid, pengendalian kelahiran, asma dan depresi juga dapat menyebabkan insomnia.

2. Stres dan Depresi

Sulit tidur di malam hari dapat disebabkan oleh kondisi kejiwaan seperti stres dan depresi. Pengaruh psikologis dapat membuat seseorang sulit untuk tidur. Pada gilirannya, insomnia itu sendiri dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan perubahan hormon fisiologi yang dapat memperburuk masalah kejiwaan tersebut. Studi menunjukkan bahwa insomnia dapat memperburuk depresi.
stres menyebabkan susah tidur

3. Kecemasan, Perasaan Khawatir dan Gugup

Kebanyakan orang yang susah tidur karena mereka merasa khawatir atau gugup terhadap sesuatu, kecemasan ini mengakibatkan pola yang mengganggu tidur secara teratur. Gejala kecemasan yang dapat menyebabkan gangguan tidur meliputi :

  • Ketegangan
  • Memikirkan tentang peristiwa masa lalu
  • Khawatir yang berlebihan tentang masa depan
  • Terlalu banyak beban dan kewalahan dengan tanggung jawab
4. Pekerjaan dan Gaya Hidup

Gangguan tidur dapat dipicu oleh gaya hidup, perilaku dan pola tidur itu sendiri. Gaya hidup yang tidak sehat dan kebiasaan tidur larut malam dapat mengakibatkan insomnia.

  • Kebiasan bekerja malam hari. Kebiasaan ini membuat Anda sulit tidur pada malam hari.
  • Terbiasa tidur siang juga bagi sebagian orang menyebabkan tidur larut malam, yang pada gilirannya terbiasa.
  • Pekerjaan dengan shift atau jam kerja yang tidak menentu. Banyak orang yang memiliki waktu kerja yang tidak menentu, misalnya dalam seminggu diharuskan bekerja pagi, siang dan malam hari. Jam kerja ini membingungkan tubuh Anda mana waktu yang tepat untuk beristirahat.
  • Kebiasaan dan kurang tidur di malam hari begadang juga buruk bagi jam tidur Anda.

Cara Mengatasi Susah Tidur

Berikut ini tips sederhana bagaimana cara mengatasi susah tidur yang mungkin sedang anda alami saat ini. Selain membuat lingkungan anda nyaman, ada beberapa makanan yang bisa anda konsumsi agar tidur anda lebih nyenyak. Diantara caranya adalah sebagai berikut:

1. Tempat Tidur Yang Nyaman

Tempat tidur yang nyaman tentu berpengaruh pada kualitas tidur Anda. Nyamankan tempat tidur anda dan perbaiki posisi tidur anda sesantai mungkin. Mulai sekarang benahi barang-barang di kamar tidur anda. Hindari barang-barang yang berserakan apalagi sampah berserakan. Setiapkali menjelang tidur, buatlah aktivitas membenahi barang-barang. Selain nyaman, kebersihan juga harus diperhatikan. Gantilah sprei setiap 3-4 hari sekali. Jika perlu tambahkan pewangi ke area kamar tidur. Usahakan suhu ruangan yang sejuk, dengan menambahkan AC atau kipas angin.

2. Mandi Setelah Pulang Kerja

Keringat yang menempel di tubuh setelah seharian bekerja juga bisa mengganggu kenyamanan anda. Mandilah pada sore hari. Biasakan mandi setiap kali anda pulang kerja. Selain membuat badan anda segar setelah seharian bekerja, tentu akan membuat anda rileks menjelang tidur. Jika anda pulang larut malam dan ingin mandi, maka mandilah dengan air hangat agar tubuh anda tidak sakit.

bekerja larut malam menyebabkan sulit tidur

3. Mendengarkan Musik

Jika Anda mengalami kesulitan tidur, mendengarkan musik merupakan alternatif yang menenangkan. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mendengarkan musik sebelum tidur meningkatkan kualitas tidur pada malam hari, daripada orang yang tidak. Hanya pastikan musik yang sedang Anda dengarkan merupakan musik yang disukai dan menenangkan. Anda bisa mendengarkan lewat hp dan bisa menggunakan headset, tidak perlu volume yang keras, dan usahakan setting otomatis mati dalam beberapa jam.

4. Bersantai di Kursi Goyang

Anda memiliki kursi goyang dirumah? Seperti yang kita tahu bahwa bayi cepat tertidur ketika mereka sedang digendong atau naik kereta dorong. Nah, trik ini sukses juga diterapkan pada orang dewasa. Sensasi ayunan lembut membuat otak tenang sehingga anda mudah tidur. Alternatif kursi goyang, anda bisa menggunakan tempat tidur gantung, banyak tersedia di pasar dengan harga cukup terjangkau.

5. Mempersiapkan Diri Untuk Tidur

Menurut ahli psikolog klinis Michael Breus, PhD, tubuh manusia membutuhkan waktu untuk bersantai dan tidur perlu untuk disiapkan. Jadi perlakukan aktivitas tidur sebagai sebuah fase wajib kehidupan anda. Jangan tidur menunggu anda terlalu lelah. Susunlah jadwal tidur setiap harinya. Lakukan aktivitas rutin sebelum tidur, seperti cuci muka, gosok gigi dan mengganti pakaian. Buatlah jadwal dan disiplin mengikuti jadwal tersebut.

6. Membuat Sedikit Kebisingan

Beberapa orang terbiasa tidur dalam keheningan. Namun beberapa yang lain, memerlukan sedikit kebisingan. Nah, anda bisa mencoba cara ini. Buatlah sedikit kebisingan misalnya dengan memperdengarkan suara tetesan air dari kran, dengung listrik, mendengarkan suara nafas sendiri, gesekan selimut, dll. Yang terpenting adalah suara-suara tersebut adalah suara yang konsisten, bukan suara yang ramai “tanpa nada”. Anda bisa download suara-suara tersebut dan mendengarkannya lewat hp.

7. Meniup Balon

Melakukan latihan tenggorokan secara teratur dapat membantu memudahkan anda tidur. Latihan ini membantu menguatkan otot untuk mencegah penyempitan pada mulut, hidung atau tenggorokan. Latihan ini juga membantu mengurangi mendengkur dan membuat tidur lebih nyenyak. Caranya: Tiup balon dengan napas dalam-dalam. Saat melakukan latihan ini, pastikan untuk menghirup udara melalui hidung dan mengeluarkan melalui mulut. Hal ini akan memudahkan aliran udara yang tepat melalui hidung saat tidur. Lakukan cara mengatasi susah tidur ini 5 kali dalam sehari.

8. Minum Susu hangat

Minum segelas susu hangat sebelum tidur akan membantu Anda cepat tertidur, karena susu memiliki efek relaksasi pada tubuh dan pikiran. Susu adalah sumber kalsium yang baik, yang membantu mengatur produksi melatonin. Melatonin adalah hormon yang mengontrol tidur. Juga, kalsium susu membantu memerangi stres. Minum setidaknya satu jam sebelum tidur.

susu hangat agar tertidur lelap

9. Minyak lavender

Aromatherapi yang berasal dari minyak lavender memiliki efek menenangkan pada tubuh sehingga membantu tidur lebih baik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak lavender meningkatkan waktu total tidur, serta membantu merasa segar di pagi hari saat Anda terbangun. Caranya: Teteskan satu atau dua tetes minyak lavender esensial di sapu tangan dan tempatkan di dekat bantal. Selain itu, Anda juga busa menambahkan beberapa tetes minyak lavender ke bak mandi dengan air hangat. Rendam dalam air selama 20 menit. Lakukan hal ini setidaknya satu jam sebelum tidur.

10. Mengkonsumsi Madu

Madu merupakan sumber kesehatan dan kecantikan, misalnya untuk menghilangkan komedo. Selain itu madu juga berguna untuk mengatasi masalah susah tidur. Sifat anti-inflamasi membantu mengurangi pembengkakan di sekitar daerah tenggorokan untuk mencegah mendengkur, salah satu gejala yang paling umum dari gangguan tidur. Madu juga membuat tidur anda lebih rileks. Selain itu, madu membantu mempertahankan berat badan sehat dan mencegah obesitas akibat kebanyakan tidur. Caranya: cukup tambahkan 1 sendok makan madu mentah dengan segelas air hangat dan minum setiap hari sebelum tidur.

11. Susu dan Kunyit

Kombinasi susu dan kunyit akan membantu mengatasi gejala insomnia. Susu mengandung asam amino triptofan yang mempercepat tidur. Sedangkan, kunyit mengandung anti-inflamasi membantu mengurangi peradangan pada sistem pernapasan, yang membantu aliran pernafasan saat tidur. Caranya: Tambahkan 1 sendok teh bubuk kunyit untuk satu gelas susu. Didihkan dan biarkan selama beberapa menit pada api kecil. Biarkan sejenak dan tambahkan sedikit madu. Minum 30 menit sebelum tidur.

12. Pisang

Pisang merupakan obat tidur alami karena mengandung asam amino yang disebut triptofan yang membantu meningkatkan kadar serotonin. Serotonin adalah sejenis hormon yang membantu mengatur pola tidur. Selain itu, pisang mengandung relaksan otot alami, magnesium, dan potasium, yang membantu mempermudah tidur. Plus, karbohidrat dalam pisang membuat orang cepat mengantuk. Makan satu pisang satu jam sebelum tidur setiap malam.

cara mengatasi susah tidur

Demikian tips, penyebab dan cara mengatasi susah tidur yang bisa anda terapkan di keseharian anda. Tidak perlu menggunakan obat-obatan, cukup dengan merubah kebiasaan, mengkonsumsi makanan alami diatas, menerapkan pola hidup sehat dan pikiran yang rileks.

12 Comments

  1. Reen
  2. puyuak_01
  3. andra
  4. Wahyu
  5. sherli
  6. betara
  7. Wahyu
  8. nurjanah
  9. Tia
  10. sasli rafizan
  11. acmal
    • Ardasim