Biang Keringat: Penyebab dan Mengobati Biang Keringat

Tips Mengatasi Biang Keringat Biang keringat atau yang dalam bahasa latin memiliki nama miliaria adalah suatu kondisi dimana kulit mengalami ruam yang disertai gatal, adanya bintik-bintik kecil berwarna merah. Kondisi ini menyebabkan kulit menjadi terasa seperti ada sengatan atau tusukan. Bagian tubuh yang sering terkena biang keringat adalah di bagian wajah, leher, dada, punggung atau pun paha. Walau pun masalah keringat ini tergolong penyakit ringan, namun demikian penyakit ini ternyata bisa menular ke orang lain yang ditularkan penderita melalui kontak secara fisik, udara, atau yang lain semisal pakaian dari si penderita.

Biang Keringat

Penyebab Biang Keringat

Penyebab biang keringat sendiri terjadi karena adanya bakteri Staphylococcus epidermidis. Semakin sering anda berkeringat jika tidak segera dibersihkan atau dalam lingkungan yang kotor, maka resiko munculnya bakteri ini semakin besar. Bakteri ini bercampur dengan keringat sehingga menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit. Kulit akan terasa gatal, ruam seperti melepuh namun kecil dan juga ada perasaan seperti ditusuk-tusuk karena iritasinya.

Keringat yang berlebihan yang tidak bisa dikeluarkan oleh tubuh karena penyumbatan saluran kelenjar keringat bisa juga memicu terjadinya masalah keringat ini. Keringat berlebihan biasa terjadi ketika cuaca panas atau pun lembab. Namun cuaca dingin pun tidak menutup kemungkinan munculnya masalah keringat berlebihan ini pada diri seseorang.

Mengobati Biang Keringat

Bagaimana mengobati biang keringat jika menyerang kulit kita? Sebenarnya biang keringat untuk mengobati tidak memerlukan pengobatan secara khusus. Biasanya masalah ini bisa hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari. Hindarilah panas secara langsung mengenai kulit anda. Berteduhlah dan bila perlu gunakan pakaian dari bahan katun yang longgar yang bisa membantu meringankan gejala biang yang mungkin sudah anda alami.

Menjaga kebersihan kulit juga sangat penting. Dengan cara mandi rutin, hal ini akan dapat menjaga dan mengurangi keringat yang berlebihan. Bisa juga dengan berada di ruangan yang ber-AC selama beberapa menit atau jam dalam satu hari. Hal ini untuk menjaga kelembaban kulit agar tidak kering. Gunakan lotion calamine yang bisa meredakan kulit yang terkena biang keringat. Daerah kulit yang perih dan gatal dapat anda redakan dengan menggunakan krim hidrokortison yang banyak tersedia di apotek.

5 Comments

  1. Indri Reply
  2. unuyuyun Reply
  3. perawatan wajah Reply
  4. Dans Reply

Leave a Reply