Penyebab Telapak Tangan Sering Berkeringat

Telapak tangan berkeringat – Sebagian orang ada yang memiliki kecenderungan untuk berkeringat secara berlebih. Meski cuaca yang tidak terlalu panas atau bahkan tidak sedang berolahraga terkadang seseorang merasa telapak tangannya basah. Dalam dunia medis, kondisi seperti ini biasanya disebut dengan hiperhidrosis. Pada hakikatnya sebenarnya berkeringat adalah suatu mekanisme tubuh yang normal untuk tubuh mendinginkan diri. Terlebih ketika temperature suhu udara di sekitar mulai naik, maka secara otomatis system saraf akan memicu kelenjar keringat untuk mengeluarkan keringat.

telapak tangan berkeringat

Hiperhidrosis biasanya terjadi pada bagian-bagian tertentu di tubuh misalkan di tangan, kaki, ketiak atau bahkan di wajah. Kondisi ini biasanya terjadi dalam satu minggu satu kali. Dalam kondisi hiperhidrosis system saraf yang berfungsi untuk membuat kelenjar keringat menjadikan overaktif bahkan situasi ini terjadi ketika tidak dibutuhkan keringat. Sehingga produksi keringat pun menjadi berlebih dari hal yang umumnya dialami.

Penyebab Tangan Berkeringat

Meskipun neurologis, metabolik, dan penyakit kadang-kadang dapat menyebabkan telapak tangan berkeringat, kebanyakan kasus terjadi pada orang yang sehat. Panas dan emosi dapat memicu hiperhidrosis di beberapa orang, tapi banyak yang menderita hiperhidrosis berkeringat hampir sepanjang waktu, terlepas dari suasana hati mereka atau cuaca.

Apa saja penyebab dari hiperhidrosis? Beberapa penyebab tangan berkeringat atau hiperhidrosis yaitu antara lain:

  • Karena faktor genetic
  • Gangguan kecemasan
  • Pengaruh obat-obatan tertentu
  • Karena masa menopause
  • Kondisi gula darah yang rendah
  • Mengalami hipertiroid
  • Adanya infeksi
  • Kondisi dari menderita kanker

Terkadang orang lebih sering mengaitkan kondisi telapak tangan berkeringat dengan adanya gejala dari penyakit jantung. Sebenarnya tidak mutlak sebagai gejala penyakit jantung bisa saja karena penyebab-penyebab yang lain seperti yang telah diuraikan di atas. Untuk lebih jelasnya jika anda mengalami keringat yang berlebih di tangan selama beberapa hari dan tak kunjung normal akan lebih baik jika anda segera memeriksakan diri ke dokter. Menduga-duga dengan diagnosis sendiri kurang bisa memberikan jawaban yang pasti. Lebih baik segera berkonsultasi ke dokter yang ahli untuk bisa dicari dengan segera penyebab dari kondisi anda tersebut. Selain itu menjaga pola hidup yang sehat juga penting. Terutama menjaga kondisi agar tidak stress.

Leave a Reply