Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil – Seorang wanita memang diberikan anugerah untuk bisa mengandung calon buah hati yang akan lahir di dunia ini. Ketika seseorang wanita sudah terlihat tanda-tanda kehamilan, maka tentu selain bersyukur juga harus menjaga kehamilannya hingga sang buah hati pun lahir.

posisi tidur yang baik untuk ibu hamil

Mungkin ada sebagian yang mengkhawatirkan akan kehamilannya. Termasuk salah satunya adalah apa bila seorang yang hamil itu tidur. Karena terkadang di saat seseorang tidur, ia tanpa sadar bolak-balik posisi. Kecemasan akan perkembangan janin akibat kesalahan posisi tidur bisa dikatakan wajar. Namun sebenarnya seorang ibu yang hamil tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya. Karena pada dasarnya tubuh seorang ibu diciptakan dengan begitu unik yang mampu menyesuaikan dalam kondisi ketika hamil termasuk ketika tidur.

Posisi Tidur Ibu Hamil

Bagi anda ibu hamil juga ada baiknya memilih posisi tidur yang tepat dan nyaman agar anda dan janin anda terjaga dengan baik. Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil adalah Tidur dengan posisi miring ke samping atau biasa disebut Sleep on Side (SOS). Rasulullah telah memberikan contoh terbaik yaitu dengan tidur pada posisi miring. Tentu hal ini memberikan maksud baik. Bagi ibu hamil disarankan untuk tidur dengan posisi sebelah kiri. Tidur menyamping ke sebelah kiri membantu meningkatkan asupan darah dan jumlah nutrisi ke bayi anda. Berikan bantal tepat di tengah dengan cara menekuk kedua kaki anda. Namun jika terjadi nyeri pada punggung atau perut anda, maka pindahkan bantal tersebut tepat di bawah perut anda. Untuk beberapa masalah spesifik seperti nyeri pada ulu hati, maka ada baiknya berkonsultasilah ke dokter mengenai posisi tidur yang dibolehkan sesuai dengan usia kehamilan anda. Anda juga bisa tidur dengan cara bersandar. Bersandar pada bantal yang ditinggikan juga bisa anda jadikan alternatif agar tidur anda lebih nyaman.

Beberapa posisi yang tidak diperbolehkan yaitu tidur dengan posisi terlentang ketika usia kehamilan mencapai 16 minggu. Pada usia ini, tidak dianjurkan bagi seorang yang sedang hamil untuk tidur dengan cara terlentang. Posisi ini akan membuat seluruh berat rahim ke bagian belakang, vena cava inferior serta usus. Selain itu tidur dengan cara terlentang pada usia kehamilan 16 minggu akan dapat meningkatkan resiko terkena gangguan pencernaan, wasir, sakit pada pinggang, terganggunya saluran pernafasan.

Posisi tidur di atas bisa anda jadikan referensi dan anda praktikkan di rumah. Namun lebih baik juga jika ketika anda memeriksakan rutin kandungan anda, anda juga berkonsultasi ke dokter mengenai posisi tidur yang baik untuk ibu hamil dan diperbolehkan sesuai kondisi kehamilan anda. Dokter akan memberikan masukan untuk kebaikan anda dan kandungan anda.

2 Comments

  1. jhe